Ingin KKN Kamu Sukses? Ini Lho Tips Dari Penerjunan Hingga Penarikan | UNY COMMUNITY
Sunday , 20 August 2017
Home / Pojok #UNYu / Ingin KKN Kamu Sukses? Ini Lho Tips Dari Penerjunan Hingga Penarikan

Ingin KKN Kamu Sukses? Ini Lho Tips Dari Penerjunan Hingga Penarikan

Halo teman-temanku! Nggak terasa nih beberapa hari lagi KKN UNY akan dimulai dan kamu akan diterjunkan di masyarakat. Sudah siap mengabdi belum? Harus sudah siap ya, sebentar lagi berangkat lho. KKN itu juga termasuk mata kuliah yang muncul di siakad lho, jadi meskipun KKN itu mata kuliah lapangan, nilainya akan muncul di siakad. Pastinya kamu-kamu juga mau kan ya dapat nilai KKN yang bagus? Lantas bagaimana sih agar sukses selama KKN? Sukses dari awal penerjunan, proses selama KKN, penilaian KKN hingga penarikan? Mari simak tips berikut.

  1. Survei desa secara mendalam
pic : wirokerten.bantulkab.go.id

Nah, pas kamu udah tahu pembagian kelompok dan tempatnya, usahakan segera berkomunikasi dengan teman kelompokmu. Kalau perlu buat grup, biar lebih mudah komunikasinya. Kalau sudah kenal teman satu kelompok, kalau bisa diadakan acara temu perdana buat perkenalan gitu sekaligus pemilihan tentang siapa ketua, sekretaris, bendahara, dan lain-lain. Kalau udah saling kenal, tahap selanjutnya adalah survei desa KKNmu. Usahakan sih semua anggota ikut survei biar lebih tahu bagaimana kondisi sekitar. Surveinya jangan asal-asalan lho ya, harus serius dan mendalam. Misalnya survei dari segi ekonomi, sosial, lingkungan sekitar, dan berbagai aspek lainnya. Survei ini langkah pertama sebelum kamu terjun KKN, karena melalui survei yang mendalam kamu akan tahu bagaimana kondisi desa, program kerja apa yang sebaiknya kamu lakukan di desa tersebut, apa yang dapat kamu lakukan untuk memberdayakan masyarakat di desa tersebut. Jangan lupa kerja sama dengan teman-temanmu ya gaes.

  1. Persiapkan program kerja secara matang
pic : kknpplsman1wonosari.wordpress.com

Setelah kamu survei dan sudah tahu bagaimana kondisi desa, baik kekurangan maupun kelebihannya, kamu harus segera menyusun rancangan program kerja apa yang akan kamu jalankan selama KKN. Kamu akan mengadakan program kerja apa, bagaimana pembagian waktunya, siapa saja sasarannya, apa tujuan dari program kerja yang kamu buat tersebut. Sebaiknya, program kerja dipikirkan matang-matang sesuai kondisi desa. Misalnya kamu ingin mengadakan pelatihan kewirausahaan untuk pemuda, untuk itu kamu harus tahu bagaimana pemuda di sana, apakah kegiatan yang melibatkan pemuda di desa tersebut berjalan dengan baik atau tidak.

  1. Jaga sikap dan komunikasi dengan warga dan teman sekelompok
pic : padukuhanputatwetan.weebly.com

            Ini adalah hal yang paling penting. Sebulan full kamu akan hidup bersama teman-teman baru dari berbagai fakultas dan akan berinteraksi langsung dengan masyarakat desa, maka kamu harus jaga sikap. Ingat, semua orang yang kamu temui itu adalah orang-orang baru lho. Kelompokmu bukanlah teman seperti teman sekelasmu waktu kuliah, masyarakat desa juga bukan masyarakat yang sama seperti di lingkungan rumahmu atau kostmu. Harus pintar-pintar jaga sikap, jaga mulut, jangan saling menyakiti, sopan santun dengan masyarakat. Kalau hubunganmu dengan teman-teman dan masyarakat desa baik, KKNmu akan berjalan lancar kok. Yuk jaga sikap dan komunikasi ya gaes.

baca juga  : Suka Duka ketika kamu menjalani KKN

  1. Jadilah orang yang berguna dan banyak kerja
pic : kkn48uny.blogspot.com

Meskipun KKN itu mata kuliah lapangan, tapi juga dinilai lho (masuk di siakad). Usahakan hasil dari pengabdianmu terhadap masyarakat itu juga mendapatkan nilai baik. Maka selama KKN kamu harus menjadi orang yang berguna, banyak kerja, cepat tanggap dan gerak cepat. Misalnya ada temanmu yang butuh bantuan mengenai program kerjanya, selagi kamu bisa membantu kamu harus membantu. Jangan banyak alasan, “aku tidak bisa”, “aku mau izin”, “aku mau pulang”, dan alasan-alasan lainnya. Tenang, hanya sebulan kok, nggak lama. Jangan bersikap manja-manja, malesan, atau nggak mau kerja. Ketika tahap penilaian nanti, kamu juga akan dinilai teman dan masyarakat desa lho. Kalau sikap dan perilakumu buruk, pasti juga akan dinilai buruk. Nggak mau kan ya? Jadi, besok pas KKN selama satu bulan full coba hilangkan sifat malesan, egois, dan manja-manja ya gaes.

  1. Rajin menulis catatan harian dan menyicil menulis laporan
pic : KKN UNY 269D CERIA ( @kknuny_269d )

            Setelah selesai KKN, DPLmu akan menagih laporanmu. Maka selama berjalannya KKN, kamu juga harus rajin menulis catatan harian dan menyicil menulis laporan ya. Biar pas selesai KKN nanti nggak keteteran. Tahu sendiri kan membuat laporan itu adalah hal yang membosankan? Jadi, kamu harus dapat bekerja sama dengan kelompok untuk membuat laporan, saling sharing gitu. Laporan nantinya yang dikumpulkan laporan kelompok dan laporan individu. Untuk laporan kelompok pastinya dibuat bersama, untuk laporan individu pastinya dibuat sendiri namun tetap dapat saling sharing kok.

Bagaimana gaes? Semoga tipsnya dapat membantu ya. Semangat KKN ya! Semoga program kerja berjalan dengan lancar dan sukses mengabdi masyarakat!

About Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Check Also

Program Kerja (Proker) Mainstream yang Bakal Kamu Temui Selama KKN

Yuhuuu udah masuk bulan Juli aja nih. Tandanya, bagi mahasiswa UNY yang mengambil KKN di …