Kabar KampusPojok #UNYu

Mengenal 3 Sosok Calon Rektor UNY Periode 2021-2025

Halo Sobat UNY, berdasarkan keputusan Senat Universitas pada Rabu, 21 Oktober 2020 telah terpilih 3 orang calon Rektor UNY untuk dikirim ke KEMENDIKBUD. Hasil penilaian yang di lakukan oleh anggota Senat terhadap 5 Bakal Calon Rektor UNY sebagai berikut: rangking 1, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., Rangking 2: Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., Rangking 3: Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd., Rangking 4: Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D., dan dan Rangking 5: Prof. Dr. Suyanta, M.Si. Tiga nama teratas yaitu Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu pemilihan oleh Menteri dan dan Senat UNY untuk menjadi Rektor.

Sebelum diantara mereka ada yang menjadi Rektor kita nantinya, yuk kita berkenalan dengan 3 sosok tersebut. Langsung saja kita simak profilnya.

  1. Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes

Dari segi umur, beliau lebih senior dari 2 kandidat lainnya. Lahir di Sleman, 1 Maret 1965. Suami dari Sulastri, A.Md memiliki dua orang anak yaitu Awanis Akalili, S.IP, M.A dan Abiyyu Amajida. Keseharian berprofesi sebagai dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Selain itu, juga membimbing Skripsi, Tesis dan Disertasi. Pendidikan Sarjana diperoleh dari IKIP Yogyakarta (sekarang menjadi UNY), kemudian memperoleh gelar Magister Ilmu Kesehatan Olahraga dari Universitas Airlangga. Gelar Doktor diraih pada tahun 2012 di Universitas Gadjah Mada dengan di Bidang Filsafat.

 

Saat mencalonkan diri sebagai Calon Rektor, beliau masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Selain itu, beberapa tugas tambahan yang masih di emban saat ini yaitu sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) DIY, juga sebagai Penanggung Jawab Umum/Khusus Coronavirus disease (Covid-19) Crisis Center UNY. Tercatat juga, organisasi yang pernah beliau geluti yaitu Pengurus DPP IKA UNY (2012-sekarang), Gerakan Peduli Anak Panti (GPAP) tahun 2020 hingga sekarang, sebagai Anggota Komisaris di PT IKA Usaha Ngesti Yogatama (2020 – Sekarang).

Baca Juga  3 Mahasiswa UNY Dapat Penghargaan Dari Kemenpora

2. Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes

Kandidat ke dua ini berasal dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, saat mencalonkan diri sebagai Calon Rektor UNY beliau masih menjabat sebagai Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNY. Siswantoyo lahir di Bantul, pada 10 Maret 1972. ayah dari 2 orang anak ini (Hanin Dhita Galih Siswantoyo dan Rangga Harimurti Siswantoyo) ternyata pernah menempuh pendidikan jurusan bahasa inggris sebelum masuk ke bidang ilmu Kepelatihan Olahraga, tepatnya pada tahun 1991 di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Namun hal tersebut tidak sampai selesai, kemudian ,melanjutkan pendidikan sarjana di IKIP Negeri Yogyakarta pada tahun 1992 bidang Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Gelar Magister dan Doktoral di peroleh dari Universitas Airlangga Surabaya.

Tahun 2020, melakukan penelitian dan publikasi gabungan 2 universitas Malaysia (University of Malaysia Terenggamu dan University of Putera Malaysia). Karya penelitian lainnya dilakukan semasa pandemi berjudul Sitting time; Pemanfaatan waktu pada masa Covid19 kerjasama FIK UNY-UPM Malaysia. Beberapa karya lainnya baik di Jurnal Nasional maupun Internasional Bereputasi telah beliau torehkan. Selain itu juga, aktif menulis dan memiliki beberapa hak cipta baik dalam bentuk buku, panduan serta karya rekaman.

Selain Ketua LPPM UNY, tugas tambahan dari UNY yang di pegang saat ini yaitu sebagai Ketua Pusat Unggulan Ipteks Sport Technology sejak tahun 2019. Siswantoyo juga aktif di beberapa organisasi Keolahragaan dan Kemasyarakatan seperti Lembaga Pelatihan Olahraga Pernafasan Indonesia (OPSI), Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB.IPSI), Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga Propinsi D.I.Yogyakarta.

  1. Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, S.T, M.Pd.

Kandidat termuda dari 3 pesaing lainnya, lahir di Magetan, 25 April 1974. Saat ini menjabat sebagai Ketua LPPMP, juga Sekretaris Prodi Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNY. Menjalani S1 di Teknik Elektro UGM, kemudian bergeser ke Manajemen Pendidikan untuk Magister dan Doktoral. Gelar Magister diperoleh dari UNY di tahun 2005, sedangkan pendidikan Doktoral Manajemen Pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada tahun 2009.

Baca Juga  Kak Seto Mulyadi Mendalang Wayang Kulit di UNY

Pengalaman publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional bereputasi telah beliau lakukan. Publikasi terakhir yang beliau lakukan pada bulan Oktober 2020 (Scopus Q2) dengan judul Domains of Technological Pedagogical and Content Knowledge: Factor Analysis of Indonesian In-Service EFL Teachers di International Journal of Instruction. Lantip juga bertindak sebagai reviewer pada berbagai jurnal internasional bereputasi seperti Internasional Journal of Instruction (Q2) dan Cakrawala Pendidikan (Q3) Selain artikel ilmiah, beliau juga menulis buku terutama pada bidang Manajemen Pendidikan. Pada tahun 2019, beliau menerbitkan buku dengan judul Manajemen SDM dalam Pendidikan.

Tahun 2012, Lantip meraih Dosen Berprestasi FIP UNY. Tahun berikutnya beliau meraih Penghargaan yang beliau peroleh yaitu Satya Lencana Karya Satya 10 tahun dari Presiden Republik Indonesia tahun 2013. Bagi mahasiswa LPDP, mungkin kenal dengan beliau karena tahun 2015-2018 menjadi interviewer LPDP. Beberapa organisasi profesi/ilmiah yang diikuti yaitu Indo MS, ISMAPI dan APMAPI.

Mohamad Riyandi Badu

Let's inspire the world

Related Articles

Back to top button
Close
X