Pendidikan Luar Biasa UNY Memang Bukan Jurusan Biasa, Berikut Ulasannya | UNY COMMUNITY
Saturday , 15 December 2018
Home / intip Jurusan / Pendidikan Luar Biasa UNY Memang Bukan Jurusan Biasa, Berikut Ulasannya

Pendidikan Luar Biasa UNY Memang Bukan Jurusan Biasa, Berikut Ulasannya

Kamu pernah menonton film Indonesia bertajuk Jingga? Film besutan sutradara Lola Amaria yang dirilis pada tahun 2016 yang lalu mengisahkan kisah persahabatan Jingga dengan tiga temannya di Sekolah Luar Biasa (SLB ) tempat mereka bersekolah. Atau mungkin kamu lebih akrab dengan akting aktris cantik Dinda Hauw dalam Film ‘Ayah mengapa aku berbeda’. Dinda berhasil memerankan seorang anak tunarungu dengan sangat apik.

pic : instagram.com/himaplbuny/

Ya film-film tadi membahas mengenai anak-anak berkebutuhan khusus atau biasa disebut dengan ABK. Di dalam ranah pendidikan sendiri ada lho tenaga pendidik yang memang khusus ‘disiapkan’ untuk mereka. Lalu apa program studi tersebut? Bagaimana tingkat persaingannya pada tahun akademik 2018 di Universitas Negeri Yogyakarta? Mari kita simak bersama, informasi yang berhasil dihimpun oleh Kami.

1. Pendidikan Luar biasa adalah prodi ‘Anti Mainstream’

Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Yogyakarta atau bisa disebut dalam Bahasa Inggris dengan nama ‘Special Education ‘ adalah program studi yang bernaung dibawah Fakultas Ilmu Pendidikan.

Prodi dengan akreditasi “A” ini, menembus angka animo sebanyak 1.909 pada tahun akademik 2017 yang lalu. Pada tahun akademik 2018 tersedia kursi bagi calon mahasiswa baru sebanyak 80 kursi yang siap diperebutkan dari segala penjuru Indonesia. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

  • Jalur SNMPTN : 28 Orang
  • Jalur SBMPTN : 28 Orang
  • Jalur Seleksi Mandiri : 24 orang

(Sumber : Brosur PMB UNY 2018 )

2. Pendidikan Luar Biasa UNY itu ‘Unik ‘

Dari namanya saja ‘luar biasa’, sehingga dapat dipastikan bahwa PLB UNY itu luar biasa unik dan spesial. Misalnya saja tenaga pengajar atau dosen di PLB yang telah mendapat gelar Guru Besar (Profesor ) yaitu :

  • Prof .Dr .Rochmat Wahab M.Pd.,MA yang pernah menjabat sebagai Rektor UNY dalam dua periode
  • Prof .Dr. Edi Purwanta,M.Pd yang pernah menjabat sebagai orang terpenting nomor dua di UNY
Baca Juga  5 Sesuatu yang Cukup Bikin Deg-degan bagi Mahasiswa

Adapun perlu diketahui tidak banyak universitas yang membuka program studi ini. Terhitung kurang lebih hanya ada 14 universitas yang membuka prodi ini.

Maka berbanggalah kamu yang telah berhasil masuk dan diterima serta semangatlah kamu CAMABA yang ingin memperjuangkannya !

3. Pendidikan Luar Biasa akan menempamu menjadi ‘Orang Yang Luar Biasa ‘

Sesuai dengan namanya, PLB akan membersamaimu selama empat tahun untuk mengkaji dan mempraktekan penanganan pada anak-anak berkebutuhan khusus. Dimana dalam menangani ABK itu sendiri diperlukan kesabaran luar biasa sehingga mampu mengantarkan kita mengenal keunikan setiap orang dan belajar menghargai ciptaan Tuhan serta mengasah rasa empati dan simpati serta menumbuhkan semangat peduli dan tolong menolong.

4. PLB juga belajar materi kedokteran ?!

Tenang, yang dipelajari tidak akan serumit anak-anak kedokteran di kampus sebelah. Tapi memang di PLB ini dipelajari beberapa mata kuliah berciri jurusan kedokteran seperti Anatomi Fisiologi dan Tumbuh Kembang anak. Intinya, PLB yang sebentar lagi akan berganti nama menjadi Pendidikan Khusus ini akan mendidik kamu menjadi seorang pendidik, pengelola, pemerhati, pendiri yayasan atau sekolah yang menangani anak-anak dengan kebutuhan khusus.

5. Suka Duka Pendidikan Luar Biasa

Yang namanya kuliah apapun jurusannya pasti tidak akan lepas dari suka dan duka. Tak terkecuali PLB. Sukanya PLB bisa menjadi ‘ladang’ kamu untuk mengimplementasikan ilmu sekaligus beribadah. Dukanya kamu harus siap mental dan porsi sabar yang lebih banyak untuk menghadapi anak-anak berkebutuhan khusus.

Baca Juga  Habis Putus Malah Merasa Lebih Bahagia? Ini 7 Alasannya!

6. PLB punya Program Kekhususan alias Penjurusan

Sudah bukan rahasia umum jika prodi-prodi tertentu mengkerucutkan minat dan keilmuan mahasiswanya di tingkat semester tertentu. Tak terkecuali PLB yang akan menjuruskan mahasiswa di semester empat pada bidang-bidang disiplin ilmu sbb :

  • Anak dengan hambatan intelektual
  • Anak dengan hambatan pendengaran
  • Anak dengan hambatan penglihatan
  • Pend anak dengan gangguan emosi dan perilaku
  • Anak dengan hambatan fisik
  • anak dengan hambatan majemuk
  • anak berkesulitan belajar spesifik
  • Anak berbakat
  • Anak autis

7. Prospek Kerja Lulusan PLB

Salah satu kriteria penting saat akan menentukan jurusan adalah masalah prospek kerja. PLB sendiri memiliki prospek kerja yang sangat banyak sekali. Misalnya

  • Guru kelas di SLB
  • Guru mata pelajaran di SMLB
  • Guru bidang keahlian khusus PLB
  • Administrator PLB dsb

8. Anak PLB pasti akrab dengan bahasa isyarat

Di Indonesia sendiri dikenal dua bahasa isyarat yang lazim digunakan .Yakni ,yang pertama Sistem Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) yang diciptakan oleh

Alm. Anton Widyatmoko dan yang kedua adalah Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO)

Mahasiswa PLB akan diberikan materi bahasa isyarat sebagai penompang komunikasi mereka dengan ABK .

Bahasa Isyarat itu keren !

Nah demikian ulasan dari kami tentang Pendidikan Luar Biasa ,Universitas Negeri Yogyakarta

Terimakasih telah membaca artikel kami !

Salam Pendidikan !

Salam Orthopedagog Muda Indonesia!

About Tentrem Restu Werdhani

(Pribadi yang kebetulan suka nulis ). Belajar dan berproses di jurusan Pendidikan Luar Sekolah 2017. Bisa diikuti kegiatannya di instagram @Pramudhiyawardhani

Check Also

Tertarik Di Bidang Tarik Suara ? UKM SWARA WADHANA Bisa Menjadi Pilihanmu!

“La bries est duoce ,et sur la mousse .La sources en pleurs verse unne eau …

X