Pengen Kuliah Di UNY? Program D3 Berikut Ini Bisa Menjadi Pilihanmu! | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / Pengen Kuliah Di UNY? Program D3 Berikut Ini Bisa Menjadi Pilihanmu!

Pengen Kuliah Di UNY? Program D3 Berikut Ini Bisa Menjadi Pilihanmu!

Hallo UNY-u ! Apa Kabar ? Semoga baik ya ..

Tidak terasa ya langkah-langkah penuh perjuangan menggapai almamater Kampus Biru hampir mencapi garis finish. Tentu kamu masih ingat kan betapa bahagianya ketika kamu dinyatakan lolos SNMPTN. Dan kamu tentu masih ingat deru kendaraan yang macet di daerah Karangmalang kemarin akibat pelaksanaan SBMPTN.

SBMPTN sebagai pintu kedua perjuangan telah berlalu. Lalu bagaimana cara bijak untuk menyiapkan “kado pengumumannya ?”.

Meminjam sebuah pepatah Belanda yang berbunyi , ‘ Eeen krom hout brandt zowel als een recht, suatu keadaan jangan dijadikan sebagai penghalang tetapi temukan pemecahannya.

Mari mantapkan langkah dan bulatkan tekad untuk kembali bertempur, melalui jalur seleksi berupa Seleksi Mandiri(SM). Seleksi jalur Mandiri di UNY ini akan mematik kembali semangat dan daya juangmu melalui SM SBMPTN, SM Prestasi dan juga SM Ujian Tulis .

Lalu apa saja program pendidikan yang dapat kamu pilih di SM UNY nanti? Salah satunya adalah program-program studi unggulan Diploma 3 (D3) UNY.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia menyediakan program pendidikan setara Strata 1 (S1) dan juga program Diploma. Program Diploma biasanya dikenal sebagai program vokasi, bahkan di beberapa kampus ada yang mengelompokannya menjadi sebuah kesatuan khusus bernama Sekolah Vokasi.

Sebagai rujukan Kampus Kependidikan terbaik di Kota Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta juga tidak mau ketinggalan untuk mengadakan pengajaran di bawah naungan Program Diploma . Diploma  sendiri berarti sebuah sertifikat atau akta yang dikeluarga lembaga pendidikan yang menerangkan hasil bahwa seseorang  telah menyelesaikan suatu program studi dengan masa kuliah tiga tahun beserta  gelar akademik Ahli Madya (A.Md)  yang disandangnya .

Baca Juga  Untuk Guru Baru, Begini Caranya Agar Muridmu Nggak Bandel Lagi

Kampus ‘eks- IKIP  yang berada di Karangmalang, Sleman ini memfokuskan pengajaran  D3 pada program-program ilmu murni (Read:Non-Kependidikan). Program tersebut juga diadakan hanya pada dua Fakultasnya, yaitu sebagian dari prodi di Fakultas Teknik dan tiga prodi pada Fakultas Ekonomi.

Yuk simak ulasannya ….

Fakultas Teknik

Fakultas yang lekat dengan julukan “ Rajawali Utara “ ini selain menyediakan pendidikan pada jenjang S1, terdapat juga prodi-prodi D3.

Program studi tersebut meliputi :

1.Teknik Elektro

Secara umum teknik elektro mempelajari mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tenaga listrik misalnya jaringan listrik, pembangkit tenaga listrik dan juga motor-motor industri yang menggunakan listrik. Singkatnya teknik elektro mempelajari listrik pada jenis arus kuat.

2. Teknik Elektronika

Sebagai salah satu cabang ilmu teknik, elektronika menjadi disiplin ilmu yang masih berhubungan dengan listrik khususnya listrik pada jenis arus lemah. Biasanya anak elektronika akan bergulat dengan berbagai rangkaian listrik atau transistor.

3. Teknik Mesin

Masih dari Kampus dengan bendera orange, salah satu prodi D3 nya adalah teknik mesin. Secara umum teknik mesin berhubungan dengan orang-orang yang membuat segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh sebuah mesin. Anak-anak dari prodi ini tentu tidak akan asing dengan baut, obeng dan mur. Kalau mahasiswi banyak menyebutnya sebagai “ Teknika Jawara”

4. Teknik Otomotif

Baca Juga  7 Alasan kenapa Kuliah di FT UNY itu Keren!

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata otomotif ? Dilansir dari website resmi fakultas teknik UNY  mahasiswa dari prodi ini akan mendapat jatah praktek sekitar 60 % dari total SKS nya. Inilah salah satu ciri dari prodi-prodi Diploma yang lebih menguatkan dalam segi praktiknya. Teknik otomotif sendiri merujuk kepada bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan ala-alat transportasi darat yang menggunakan mesin. Terutama sepeda motor, bus dan truk.

5. Teknik Sipil

Di banyak Kampus jurusan satu ini biasanya menjadi ‘primadona’ para calon mahasiswa. Pada Kampus UNY sendiri Teknik Sipil juga menjadi salah satu prodi unggulan yang selalu diminati setiap tahunnya. Prodi yang sering kali di anekdotkan sebagai ‘pengukur jalan’ ini tugasnya tidak hanya merancang, membangun dan merenovasi sebuat gedung tetapi juga memikirnya bagaimana keberlanjutan lingkungan hidup manusianya. Keren kan ?

6. Teknik Tata Rias ,Teknik Tata Busana dan Teknik Boga

Jurusan yang satu ini memang kebanyakan diisi oleh kaum Hawa meski tidak menutup kemungkinan ada juga mahasiswa disanaTeknik Tata Rias dan Kecantikan sendiri mayoritas diisi oleh mahasiswi yang dibekali keahlian untuk memoles wajah. Tidak jauh berbeda dengan jurusan tata rias, teknik busana juga memiliki keahlian yang mumpuni dalam bidang menjahit,mengukur dan membuat pakaian tentunya. Selain itu, UNY juga menyediakan program studi Teknik Boga. Pernah mendengar label makanan ‘UNY Boga’ Ya kurang lebih seperti itu perkuliahan yang ada di prodi ini. Memasak sesuai prosedur yang benar dan tentunya memperhatikan nilai gizi yang seimbang.

Baca Juga  Butuh tempat menginap di Jogja? UNY Hotel Saja!

Hmm .. Insyallah calon istri idaman

Fakultas Ekonomi

Fakultas yang terkenal sebagai kawah candradimuka untuk melahirkan ekonom-ekonom muda ini menyedia prodi D3 yang berada di Kampus Wilayah di Wates, Kulonprogo,Yogyakarta . Prodi-prodi tersebut juga merujuk pada ilmu-ilmu murni yang meliputi Ilmu Akuntansi, Pemasaran dan Sekretari .

Lalu bagaimana seluk beluknya ? Berikut ini ringkasannya

1. Akuntansi

Program studi satu ini membekali mahasiswanya dengan kemampuan menyusun laporan keuangan dan anggaran perusahaan. Mereka juga bisa melakukan analisis kinerja perusahaan dan perbankan yang tentunya ditinjau dari segi keuangan.

2. Manajemen Pemasaran

Tidak kalah dengan prodi akuntansi, prodi manajemen pemasaran membekali mahasiswanya dengan semangat dan jiwa wirausaha  untuk mengemban dan mempraktikan profesionalisme di bidang pemasaran. Lulusan prodi ini bisa melebarkan sayapnya menjadi seorang supervisor, ahli analisis dan  seorang wirausaha.

3. Sekretari

Program studi yang juga dikenal sebagai Administrasi Perkantoran ini melaksanakan perkuliahan dalam konsep kegiatan teknis operasional di bidang kesekretariatan .Harapannya lulusan prodi ini mampu membantu kinerja pimpinan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen.

Nah masih semangat kan memperjuangan almamater Kampus UNY ?

Yuk cepat lulus dan bekerja  dengan bergabung melalui program Diploma Universitas Negeri Yogyakarta  !

Salam Perjuangan dari Kampus Biru , Unggul, Kreatif, inovatif

About Tentrem Restu Werdhani

(Pribadi yang kebetulan suka nulis ). Belajar dan berproses di jurusan Pendidikan Luar Sekolah 2017. Bisa diikuti kegiatannya di instagram @Pramudhiyawardhani

Check Also

Menggali Kembali ‘Spirit’ Bapak Pendidikan Nasional Melalui Museum Dewantara Kirti Griya

Berbicara tentang pendidikan di Indonesia maka kita akan mengenal tokoh masyhur, Ki Hajar Dewantara. Ki …