JogjakuWisata

7 Tempat Rekomendasi Menikmati Senja di Yogyakarta

Senja dan Yogyakarta adalah perpaduan sempurna yang sayang dilewatkan begitu saja. Perpaduan sempurna ini harus dinikmati oleh siapapun yang datang, singgah, atau tinggal di Yogyakarta. Nah kali ini kami rekomendasikan 7 tempat ciamik untuk menikmati senja di Yogyakarta.

1. Bukit Paralayang Watugupit Gunung Kidul

foto : instagram/@arif_josselalu

Tempat pertama yang paling ciamik dan harus banget dikunjungi untuk menikmati syahdunya senja di Yogyakarta adalah Bukit Paralayang Watugupit. Bukit dengan pemandangan laut selatan ini terletak di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Akses menuju Bukit Paralayang Watugupit ini melewati Pantai Parangtritis ke arah Panggang, Gunung Kidul.


2. Bukit Bintang Gunung Kidul

foto : instagram/@albetgunawan_

Tempat kedua ini merupakan tempat yang cukup nyaman untuk sekedar ngopi dan bercengkrama sembari menikmati sang surya tenggelam dengan semburat jingganya. Bukit Bintang ini terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Ikuti saja Jalan Yogya – Wonosari, sebelum gapura selamat datang Gunung Kidul, di sebelah kanan jalan banyak sekali warung-warung yang menyediakan tempat makan dan minum dengan pemandangan gemerlap Kota Yogyakarta.

3. Puncak Sosok Bantul

foto : instagram/@objek_wisata_jogja

Tempat yang ketiga tidak hanya memberikan pengalaman menikmati senja saja, ada live music juga. Puncak Sosok terletak di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Disana disuguhkan pemandangan Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Sleman dari kejauhan. Menjelang malam kita dapat menikmati live music sembari mengunyah makanan yang dijual oleh pedagang stand makanan disana. Satu lagi, kita bisa request lagu juga di live music nya!

Baca Juga  Menikmati Pesona Pantai Depok Sembari Mengecap Kuliner Sea Food


4. Candi Ijo Sleman

foto : instagram/ @masranasama

Tempat yang keempat ini merupakan candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta. Candi Ijo terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Menikmati senja dengan suasana tenang dan syahdu di Candi Ijo memang tidak salah, sembari merilekskan diri di bawah terpaan angina dan cahaya matahari sore.


5. Candi Ratu Boko Sleman

foto : instagram/@badrikaaa

Tempat yang kelima ini biasanya direkomendasikan untuk menikmati sunrise, tapi tidak ada salahnya menikmati sunset di tempat ini juga, sama-sama ciamik! Candi Ratu Boko merupakan komplek istana yang dibangun pada abad ke 8. Candi Ratu Boko terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.


6. Puncak Suroloyo Kulonprogo

foto : instagram/@nanda_putra

Tempat yang keenam merupakan salah satu puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh, Yogyakarta. Puncak Suroloyo menjadi salah satu rekomendasi tempat menikmati senja yang syahdu di Kulon Progo. Musim kemarau merupakan waktu yang sangat tepat untuk menikmati senja di tempat ini. Puncak Suroloyo terletak di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Dari puncak ini pemandangan deretan gunung di Yogyakarta dan Jawa Tengah Nampak terlihat jelas dan sangat sayang jika dilewatkan.

Baca Juga  Menikmati Sunset Di Ratu Boko


7. Deretan Pantai Selatan Gunung Kidul, Bantul, dan Kulon Progo

foto : instagram/@arif.ikhwani

Tempat yang terakhir adalah pantai selatan. Pantai selatan adalah tempat yang tidak pernah salah untuk menikmati matahari terbenam dengan cantiknya. Deretan pantai di sepanjang selatan Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Kulon Progo selalu menyajikan keindahan senja dengan beragam ciri khasnya. Tanjung Kesirat di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul merupakan tempat yang banyak di rekomendasikan utuk menikmati senja di pantai.


Itulah 7 tempat rekomendasi menikmati senja di Yogyakarta yang harus banget dikunjungi. Meskipun setiap senja di sudut Yogyakarta selalu memberikan kesan tersendiri, nggak ada salahnya untuk mencoba menikmati senja di berbagai kawasan di Yogyakarta, gas kuy!

Related Articles

Back to top button
Close
X