Mahasiswa BangetPojok #UNYuUNY Banget

Mengenal Lebih Deket Dengan E-Sport Community UNY

Hai sobat UNYu! Apa kabar nih? Udah kelar UASnya? Udah siap menghadapi semester baru? Kalian harus tetap semangat ya! Oh ya kali ini kita mau bahas tentang komunitas e-sport di UNY, udah pada kenal belum dengan komunitas satu ini? Kalau belum, kita kasih informasinya nih.

Dekade yang lalu e-sport merupakan hal yang belum terlalu populer di Indonesia, tapi beberpa tahun belakangan ini e-sport menjadi cukup populer dan banyak diperbincangkan diberbagai ranah. Jadi e-sport ini apa sih? Dilansir dari esportsnesia dot com, e-sport merupakan olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetisi utama yang dimainkan oleh professional. Buat kalian-kalian yang hobi banget nge-game, biasanya nih perlu disalurkan lewat komunitas-komunitas gitu gak sih? Biar mainnya makin seru. Nah kampus kita ternyata punya komunitas e-sport gini, namanya E-Sport Community UNY atau biasa disebut ESCO UNY. ESCO UNY pengen mewadahi minat dan bakat mahasiswa UNY di bidang e-sport, maka itulah dibuat sebuah komunitas e-sport ini. Tujuan komunitas ini dibentuk selain karena mewadahi minat dan bakat, karena industri e-sport ternyata makin tahun meningkat pesat sehingga mampu menciptakan peluang kerja baru, yakni sebagai seorang gamer.

Pada awalnya, komunitas ini didirikan oleh lima mahasiswa UNY pada Februari 2020. ESCO UNY ini memiliki lima divisi, yakni Mobile Legend, PUBG Mobile, Valorant, Call of Duty Mobile, dan DOTA 2. Saat ini divisi Mobile Legend yang terbilang cukup aktif, karena komunitas ini diberi dukungan oleh Moonton selaku developer game Mobile Legend. Sedangkan divisi lainnya masih kurang aktif karena pandemi dan minimnya dana. Meski komunitas ini terbilang masih baru, mereka sudah banyak mengikuti kompetisi nasional lho, ada Liga Mahasiswa cabang Mobile Legend dan Program NEXT yakni kompetisi untuk komunitas Mobile Legend di Indonesia (8 Besar). Saat ini ESCO UNY sedang mengikuti IEL University Super Series cabang DOTA 2 dan PUBG Mobile, kemudian yang akan datang ESCO UNY mengikuti Omen Bootcamp cabang Valorant. Selain berpartisipasi mengikuti kompetisi, ESCO UNY juga membuat kompetisi internal maupun regional. Kompetisi yang dibuat ini nggak cuma oleh ESCO UNY, tapi berkolaborasi dengan BEM dan HIMA di lingkup UNY serta kampus dan komunitas lain di lingkup DIY. Pada Juli 2020 kemarin, ESCO UNY bekerja sama dengan kampus dan komunitas lain untuk mengadakan kompetisi regional khusus mahasiswa se DIY.

Baca Juga  Spot Menarik di UNY bagi Pencinta Foto

Farhan, mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Elektro 2018 salah satu dari lima pendiri ESCO UNY, menjelaskan bahwa kedepannya komunitas ini dapat menciptakan pemain yang mampu bersaing di industri e-sport dan berharap semakin berkembangnya komunitas e-sport di kampus UNY ini, ESCO UNY bisa dijadikan UKM E-Sport. Sejak berdiri sampai sekarang ESCO UNY sudah dua kali melakukan open recruitment pada bulan Februari dan Oktober 2020. Nah buat kalian yang tertarik untuk gabung ESCO UNY pantengin aja mereka di @esco.uny di instagram. Benefitnya gabung ESCO UNY apa? Tentu saja teman mabar (main bareng) dan berbagai informasi event tingkat nasional dan internasional. Jadi, begitulah perkenalan dengan ESCO UNY. Kalian tertarik menjadi bagian dari komunitas e-sport kampus kita?

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Dengan Perpustakaan Pascasarjana UNY

Related Articles

Back to top button
Close
X