Kabar KampusPojok #UNYu

Office 365: Fasilitas Pendidikan Gratis Bagi Mahasiswa UNY

Menjadi kampus kelas internasional atau world class university harus dapat memenuhi berbagai aspek dan tututan kualitas mutu pada perguruan tinggi tersebut. Hal itu dapat terwujud melalui kerja sama antara staff akademik serta mahasiswa. Dalam mencapai hal itu, Universitas Negeri Yogyakarta memberikan fasilitas berupa lisensi Microsoft Office 365 yang mampu memberikan fitur tambahan yang memiliki kualitas dan keamanan terjamin untuk membantu mahasiswa dalam menuntut ilmu.

Adapun langkah-langkah untuk dapat menggunakan layanan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pastikan masih berstatus sebagai mahasiswa aktif Universitas Negeri Yogyakarta (yang berarti mahasiswa dalam masa cuti tidak dapat menggunakannya).

2. Pastikan Personal Computer (PC) atau Laptop dalam kondisi baik dan tidak terinstal aplikasi Microsoft Office versi yang lain.

3. Buka browser lalu pergi ke laman http://lisensi365.uny.ac.id kemudian pilih log in SSO

Baca Juga  Sedikit Intip Jurusan Manajemen Pendidikan UNY, Untukmu Calon Mahasiswa Baru!

4. Log in menggunakan akun SSO (E-Mail UNY)

5. Kemudian akan muncul syarat dan ketentuan. Baca dengan cermat kemudian klik centang pada kolom “Saya menyetujui“. Sesuaikan alamat email untuk notifikasi apabila lupa password. Klik proses.

6. Setelah itu, akan muncul detail akun untuk aktivasi Office 365. Catat dan simpan dengan baik username dan password Lalu pilih cek lisensi.

7. Pilih klaim lisensi. Dengan begitu lisensi Office 365 anda telah berhasil diaktifkan.

8. Langkah berikutnya: pergi ke portal http://portal.office.com.

9. Anda akan diminta untuk masuk menggunakan akun microsoft berupa username dan password yang sudah didapatkan sebelumnya.

10. Halaman utama Microsoft Office 365 akan terbuka. Silahkan untuk software Office 365 versi dekstop.

Baca Juga  Mahasiswa UNY Raih Dua Gelar Taekwondoin Terbaik Kejurda TI DIY

11. Instalasi Office 365 memerlukan waktu yang cukup lama tergantung dengan spesifikasi dan kinerja Computer atau Laptop masing-masing. Pastikan pada saat instalasi Computer atau Laptop memiliki koneksi internet yang baik.

12. Anda juga dapat mengunduh software Office 365 melalui menu “Installer Office”.

13. Pilih sesuai dengan Operating System (OS).

14. Pilih sesuai arsitektur OS anda, misal “Office365-x64-offline-16.0.9029.2167.rar”. Extract file hasil downloadnya, kemudian masuk folder “ODT” dan klik 2 kali file “bat”, tunggu sampai proses selesai. Apabila dengan file installer tersebut gagal/ error, silahkan coba dengan installer lainnya, mungkin tidak sesuai dengan artsitektur OS anda.

15. Setelah itu anda dapat memulai kembali Computer atau Laptop anda. Selamat menikmati.

Dika Andri Pradana

Mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Related Articles

Back to top button
Close
X