Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi | UNY COMMUNITY
Sunday , 24 March 2019
Home / Pojok #UNYu / Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi

Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Potensi

Dunia pendidikan perguruan tinggi memang berbeda dengan pendidikan pada jenjang sebelumnya karena sebelum masuk kuliah maka kamu memang harus memilih jurusan terlebih dahulu. Oleh karena itu, ketahuilah cara memilih jurusan kuliah sesuai potensi agar dapat menjadi bekal untuk bekerja di masa depan nanti.

Sekarang ini sebagian besar mahasiswa memilih jurusan kuliah ikut-ikutan teman, padahal seharusnya memilih jurusan sesuai dengan potensi. Mengapa demikian? hal tersebut tentunya disebabkan karena jurusan kuliah tidak hanya tentang belajar, tetapi dalam dunia kuliah kamu akan mendapatkan bekal untuk dunia kerja di masa mendatang nantinya.

pic : kampoengilmu.com

Memilih jurusan kuliah sebenarnya hal yang mudah tetapi sulit karena kini banyak sekali jurusan kuliah tetapi sebenarnya apapun jurusan yang dipilih asalkan dijalankan dengan serius pastinya akan memberikan hasil kuliah yang bagus sehingga dapat menjadi ilmu bekerja di masa mendatang.

Ketahuilah cara memilih jurusan kuliah sesuai potensi agar tidak menghambat proses belajar kamu, mari simak informasi lebih detailnya dalam list yang terdapat di bawah ini.

1.Cari Kekurangan dan Kelebihan Jurusan

Sebelum kamu menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai kekurangan dan kelebihan dari jurusan tersebut. Nah, dengan mengetahuinya maka kamu bisa memperhitungkan antara kekuragan dan kelebihannya lebih besar yang mana jika dibandingkan dengan potensi yang kamu miliki.

Baca Juga  [Mungkin] Ini Alasan Orangtuamu Belum Mau Kenal dengan Orangtua Calon Pasanganmu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam memilih jurusan memang harus sesuai potensi karena kuliah tidak hanya sedang belajar tetapi juga menyiapkan kematangan di masa depan dalam dunia pekerjaaan. Apabila kamu memilih jurusan sesuai dengan potensi maka akan lebih mudah mengaplikasikannya dalam dunia pekerjaan.

2. Pilih Sesuai Minat

Minat merupakan suatu keinginan yang disertai dengan adanya keseriusan sehingga dalam memilih jurusan kuliah memang harus didasarkan dengan minat agar perjalanan belajar kamu menjadi lebih mudah. Apabila memilih jurusan tidak sesuai dengan jurusan tentunya hal tersebut dapat menjadi suatu masalah ataupun penghambat saat belajar.

Oleh karena itu, dalam memilih jurusan memang dilarang asal-asalan ataupun hanya ikut-ikutan teman karena hal tersebut dapat membahayakan diri sendiri. Jika sudah merasa tidak cocok saat ditengah perjalanan kuliah maka hal tersebut akan sangat merugikan sehingga kamu harus berhenti kuliah karena merasa tidak cocok dengan jurusan yang dipilih.

3. Komitmen

Salah satu cara memilih jurusan kuliah sesuai potensi yaitu disesuaikan dengan komitmen. Apa itu komitmen? Jadi setelah kamu menentukan jurusan yang akan dipilih maka harus membuat kesepakatan dengan diri sendiri bahwa hal tersebut telah menjadi pilihan yang harus dijalankan sehingga harus dijalankan secara sungguh-sunguh.

Baca Juga  Coba Bikin Cemilan Berikut, Dijamin Bisa Nemenin Hari Kencanmu dengan si Doi

Apapun yang dilakukan dengan sungguh-sungguh maka hal tersebut akan menjadi salah satu prinsip keberhasilan yang akan dapatkan. Dengan demikian maka sebaiknya setelah kamu memilih jurusan harus dijalankan secara sungguh-sungguh.

4. Serius

Serius sebenernya salah satu cara yang hampir sama dengan berkomitmen untuk mencapai keberhasilan. Apabila kamu sudah memilih jurusan kuliah maka seriuslah dalam menjalankannya sehingga akan mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Semakin serius kamu menjalankan kuliah dengan jurusan yang telah dipilih maka hal tersebut juga menjadi faktor yang dapat membuat bisnis kamu menjadi berhasil.

5. Peluang Masa Depan

Dalam memilih jurusan kuliah sebaiknya kamu juga mempertimbangkan dengan peluang kerja di masa depan. Apabila peluang ataupun prospek kerjanya banyak maka kamu bisa memilih jurusan tersebut sesuai dengan potensi yang kamu miliki agar di masa depan dapat bekerja sesuai kemampuan yang kamu kuasai dan sesuai keinginan.

About awan

Pegawai kantoran dengan skill menulis pas-pasan. Pernah kuliah di jurusan teknik Mesin.

Check Also

Menikmati Wisata Kuliner Pecel dan Wedang Uwuh di Makam Imogiri

Jika kamu adalah orang Yogyakarta maka sudah tidak asing lagi dengan makam imogiri. Dimana disana …

X