11 Fakta Tentang Masjid Kampus Al-Mujahidin UNY | UNY COMMUNITY
Home / Pojok #UNYu / 11 Fakta Tentang Masjid Kampus Al-Mujahidin UNY

11 Fakta Tentang Masjid Kampus Al-Mujahidin UNY

Hampir di setiap kampus memiliki masjid, tak terkecuali Universitas Negeri Yogyakarta. Kampus pusat Universitas Negeri Yogyakarta terletak di Karangmalang, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. UNY Pusat memiliki masjid yang bernama Masjid Al-Mujahidin, letaknya cukup strategis dan berada di tengah kampus. Berikut beberapa fakta tentang Masjid Al-Mujahidin.

pic : youtube.com

 

  1. Mendapat sebutan ‘Masmuja’

Masjid Kampus Al-Mujahidin UNY terletak di tengah kampus, tepatnya di depan Fakultas MIPA. Kata ‘Masmuja’ tidak asing lagi bagi teman-teman yang berkuliah di UNY. Supaya mudah dalam penyebutannya, masjid ini disebut dengan ‘Masmuja’ yaitu kependekan dari Masjid Al-Mujahidin. Bagi yang belum tahu mungkin sedikit ambigu ya dengan ‘Masmuja’.

  1. Parkir motor dan mobil di belakang masjid

Sering bingung, kok di depan masjid tidak ada tempat parkirnya? Parkir masjid memang terletak di belakang masjid, sehingga harus berputar dari arah masjid lewat Student Center lalu belok kiri atau lewat perempatan FMIPA belok kanan kemudian belok kanan lagi.

  1. Tempat sholat perempuan di lantai dua
Baca Juga  Suka Duka KKN-PPL

Tempat sholat akhwat atau perempuan di lantai dua, sudah banyak petunjuk mengenai hal ini namun banyak pengunjung yang masih saja bingung sehingga di lantai satu disediakan tempat di sebelah utara untuk sholat akhwat.

  1. Mukena yang layak pakai

Mukena yang disediakan di Masjid ini cukup banyak, wangi dan bersih sehingga nyaman dipakai.

  1. Disediakan Al-Qur’an dan buku-buku Islam

Di masjid ini baik di lantai satu maupun lantai dua banyak disediakan Al-Qur’an dan buku-buku Islam.

  1. Disediakan air minum

Disediakan air minum beserta gelas baik di lantai satu maupun dua, insyaallah selalu tersedia airnya. Jika airnya habis, kamu bisa menghubungi kontak yang telah dicantumkan pada wadah galon.

  1. Kran wudhu dan kamar mandi yang layak dan mencukupi
Baca Juga  5 macam penyakit mahasiswa

Tempat wudhu dan kamar mandi layak dan mencukupi sehingga jika dalam keadaan ramai pun masih bisa terkondisikan.

  1. Ada jadwal kajian setiap minggunya.

Banyak kajian yang diselenggarakan di Masmuja, baik kajian yang diadakan oleh takmir maupun kajian dari lembaga lain. Kalam atau kepanjangan dari kajian lepas maghrib biasanya diadakan setiap hari Senin, Selasa dan Rabu. Kalau kamu ke Masjid Mujahidin dan kebetulan ada kajian, jangan lupa mampir ya. Biasanya untuk umum kok.

  1. Tempat berkumpul dan mengerjakan tugas

Selain sebagai tempat ibadah, Masmuja juga menjadi tempat untuk menjalin silaturahim. Masmuja menjadi tempat berkumpul seperti mentoring dan juga tempat mengerjakan tugas.

  1. Islamic Education Center
Baca Juga  Fakta Unik Anak FIK Dalam Menjaga Olah Tubuh Dan Sportivitas

Di sisi barat masjid terdapat tempat yang dinamakan Islamic Education Center atau yang disingkat dengan IEC. Di gedung ini terdapat sekretariat takmir Masjid Al-Mujahidin, terdapat perpustakaan serta ruang kelas yang biasa digunakan untuk pertemuan atau kelas tertentu.

  1. Unit Usaha Mujahidin

Di samping IEC terdapat gedung yang dinamakan Unit Usaha Mujahidin, ada beberapa usaha di sana, saat ini terdapat toko camilan dan obat herbal.

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

Jangan Ikut Organisasi Jika Ingin Melewatkan Hal-Hal Berikut Ini

Banyak organisasi-organisasi yang mewadahi minat dan bakat mahasiswa baik dari dalam maupun luar kampus. Saat …