34 Dalang Cilik Beradu Kebolehan dan Kreativitas di Museum Pendidikan UNY | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / 34 Dalang Cilik Beradu Kebolehan dan Kreativitas di Museum Pendidikan UNY

34 Dalang Cilik Beradu Kebolehan dan Kreativitas di Museum Pendidikan UNY

Festival Dalang Cilik kembali digelar pada Kamis (04/5/2017). Festival yang telah memasuki gelaran ketujuh ini mempertandingkan sejumlah dalang cilik se-Indonesia.

Sebanyak 34 peserta yang terdiri dari 22 peserta dari SD dan 12 peserta dari SMP bertanding untuk menjadi yang terbaik dalam festival yang merupakan rangkaian acara Dies Natalies ke-53 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Setiap peserta diberikan waktu 30-50 menit untuk menampilkan kebolehannya dalam memainkan wayang kulit dengan lakon yang berbeda.

Adapun festival dalang cilik ini digelar dari tanggal 2-6 Mei 2017 yang bertempat di halaman Museum Pendidikan Indonesia.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, yang turut menyaksikan festival tersebut mengatakan, bahwa festival ini menjadi wujud komitmen UNY terhadap pelestarian seni budaya bangsa.

Baca Juga  Kisah Fitarahmawati, Putri Petani Peraih Bidikmisi Dengan IPK 3.92

Selain itu ia mengapresiasi performa para peserta yang sangat luar biasa, dalam segi penampilan dan juga suara yang sangat bagus.

“Karena lewat seni tidak hanya sekadar melestarikan budaya, tetapi juga untuk merealisasikan sosialisasi nilai-nilai budi pekerti dan nilai-nilai luhur,” ujarnya.

Hanafi Husni Mubaraq, selaku sekretaris Festival Dayang Cilik tahun ini mengatakan, festival dalang cilik ini sebagai salah satu tonggak pelestari kebudayaan, khususnya wayang kulit.

Melalui festival kali ini, diharapkan mampu mewadahi para dalang cilik dari berbagai daerah untuk terus berprestasi dan mencintai wayang kulit.

“Harapan kami, festival ini bisa menarik minat anak-anak untuk mencintai wayang kulit. Selain itu, lewat festival ini bisa semakin memacu anak-anak untuk terus mempelajari wayang kulit, yang tadinya tidak menyukai menjadi suka karena melihat teman-teman sebayanya lihai memainkan wayang,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Purwoko Haryadi Santoso dari aktivis, mapres, dan lulusan tercepat FMIPA UNY

sumber : tribunnews.com

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Lowongan Guru BUDI MULIA DUA

GURU DESAIN DAN TEKNOLOGI KOMPUTER UNTUK SD Kualifikasi: Pria Lulusan S1 Pendidikan Semua Jurusan (diutamakan …