Artikel

4 Tips Memilih dan Manfaat Software Akuntansi UKM

Memilih software akuntansi UKM tidak boleh sembarangan. Hal itu dikarenakan apa yang dibutuhkan oleh UKM ini berbeda dengan bisnis lainnya. UKM sendiri merupakan Usaha Kecil Menengah yang biasanya skala produksinya masih terbatas. Selain bermasalah dalam hal pemasaran, UKM ini juga memiliki masalah internal seperti pencatatan keuangan yang belum rapi, belum terstruktur, sehingga kondisi keuangan UKM tersebut sulit diketahui secara pasti. Arah pengeluaran yang tidak jelas juga membuat UKM sulit dalam memanage keuangannya dengan baik.

Di era digital seperti saat ini, pelaku UKM bisa memanfaatkan software akuntansi yang memang dikhususkan untuk usahanya. Dengan menggunakan software yang tepat, pelaku UKM bisa memperhatikan pembukuan mereka lebih baik, semua transaksi yang berhubungan dengan uang masuk keluar, omzet, biaya bahan baku, dan lain sebagainya akan terpantau dengan baik.  Agar tidak salah dalam memilih, berikut ini adalah tips memilih software akuntansi UKM yang penting untuk Anda perhatikan:

 

Harga

Hal pertama yang penting diperhatikan adalah harganya. Harga bagi UKM ini penting karena jangan sampai memilih software yang harganya di luar kemampuan.  UKM belum memiliki penghasilan yang besar sehingga biaya pengeluaran harus terpantau dengan baik, jangan sampai pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pendapatan. Meski begitu jangan terlalu fokus dalam harga perhatikan pula kualitasnya. Harga akan selalu berbanding lurus dengan kualitas, sehingga bersikap teliti terlebih dahulu sebelum memilih software untuk UKM.

Baca Juga  Peran Penting Venture Capital

Vendor yang Pro dengan UKM

Tips memilih software akuntansi UKM selanjutnya adalah dengan memilih vendor yang pro dengan UKM. Sebelum memilih sebuah software akan lebih baik jika Anda melihat portfolio mereka terlebih dahulu. Apakah software yang mereka buat juga dikhususkan untuk UKM atau untuk pebisnis dengan skala tertentu. Jika memang software tersebut ada yang khusus UKM maka Anda bisa menggunakan jasa mereka untuk membuat proses keuangan Anda menjadi lebih otomatis dan maksimal. Vendor software yang pro UKM akan memberikan layanan after sales yang baik dengan memberikan full support kepada UKM Anda sehingga usaha Anda akan bisa lebih maju dibandingkan sebelumnya.

Fitur

Anda yang ingin menggunakan software akuntansi UKM perhatikan fitur yang ditawarkan. Fitur software khusus UKM ini lebih simpel dan lebih sedikit dibandingkan dengan bisnis yang lainnya sehingga penyesuaian fitur ini sangat penting untuk diperhatikan.

Trial Gratis

Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk mendapatkan software akuntansi terbaik untuk UKM adalah pemberian trial gratis. Dengan adanya trial tersebut Anda jadi tahu apakah software tersebut benar-benar cocok dan bisa digunakan di usaha Anda. Akan sangat disayangkan jika Anda sudah menggunakan software akuntansi namun ternyata sistemnya tidak cocok untuk UKM Anda, selain merugikan dalam hal finansial hal tersebut juga akan membuat Anda merugi waktu.

Baca Juga  Aplikasi Saham Mandiri Sekuritas sebagai mitra berinvestasi

Manfaat

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan dan menggunakan software akuntansi terbaik di UKM Anda.  Manfaat yang pertama adalah lebih menghemat waktu. Jika selama ini semua pencatatan keuangan dan transaksi secara manual semua pencatatan berubah menggunakan sistem. Manfaat selanjutnya yang paling terasa adalah laporan keuangan dan laporan usaha secara otomatis seperti neraca laba rugi, arus, kas, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang membutuhkan software akuntansi bisa menghubungi JURNAL by Mekari. JURNAL by Mekari menawarkan software akuntansi dengan fitur pro UKM dan bisa dikustomisasi menyesuaikan usaha Anda. Software yang ditawarkan biayanya sangat terjangkau yaitu mulai dari ratusan ribu rupiah saja per bulan, selain itu kami menyediakan free trial sehingga Anda bisa menguji cobanya apakah cocok dengan UKM Anda. Jangan ragu menghubungi JURNAL by Mekari untuk mendapatkan software akuntansi UKM terbaik untuk usaha Anda.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X