Kabar KampusPKM

5 Mahasiswa UNY Ciptakan Losion Anti Nyamuk Ekstrak Daun Biduri

Nyamuk merupakan salah satu hewan yang dihindari oleh masyarakat karena dapat menyebarkan penyakit.  Salah satu penyakit yang dapat disebarkan oleh nyamuk adalah demam berdarah yang termasuk salah satu penyakit mematikan. Cara yang biasa dilakukan untuk mencegah gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan produk losion anti nyamuk. Akan tetapi, tidak semua produk losion anti nyamuk yang beredar dipasaran aman bagi kulit.

Dari permasalahan tersebut 5 mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Andi Kurnia (Pendidikan Matematika 2017), Qonitah (Pendidikan Kimia 2016), Khoirriah Widyasari (Pendidikan Kimia 2018), Khusnul Muthohharoh (Pendidikan Biologi 2018) dan David Suryo Negoro (Pendidikan Ekonomi 2018) dengan bimbingan Prof. Dr. Sri Atun, M.Si. membuat suatu terobosan baru dengan membuat produk losion alami anti nyamuk menggunakan ekstrak daun biduri (Calotropis gigantea).

Baca Juga  Mahasiswa Dengan IP Tertinggi, Lulus Tercepat Dan Usia Termuda Periode November 2016

Produk CALEATION atau Calotropis gigantea Lotion adalah losion alami anti nyamuk ekstrak daun biduri yang diharapkan mampu menjadi solusi dari kekhawatiran masyarakat terhadap gigitan nyamuk serta kulit kusam. Daun biduri sendiri merupakan tanaman liar yang mudah ditemukan pada daerah pesisir Pantai Selatan Yogyakarta, dengan ciri daunnya yang  yang tebal serta memiliki bunga berwarna ungu dengan gradasi putih. Ekstrak daun tanaman ini terbukti dapat mengusir nyamuk bahkan dapat mengusir serangga besar seperti tungau, kecoa, dan lain- lain.

Menurut Andi Kurnia, CALEATION berpotensi menjadi produk inovasi yang mampu bersaing di pasaran karena selain mengggunakan bahan baku alami yaitu daun tanaman biduri yang masih jarang termanfaatkan menjadi losion anti nyamuk yang juga dapat mengatasi kulit kusam sehinga bisa digunakan sehari-hari. Qonitah juga menambahkan bahwa dengan adanya produk CALEATION, dapat berpotensi menambah nilai jual tanaman biduri yang selama ini terabaikan dan jarang dimanfaatkan.

Baca Juga  3 Mahasiswa UNY Dapat Penghargaan Dari Kemenpora

Produk CALEATION dikemas dengan menarik dalam botol ukuran 60 ml yang tersedia dalam 3 (tiga) varian aroma yaitu original, lemon, dan vanilla untuk memenuhi selera konsumen. Produk ini merupakan salah satu proposalyang didanai oleh Kemenristekdikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa 5 bidang 2019 dalam bidang kewirausahaan. Jika tertarik dengan produk ini dapat menghubungi 081280556669 (Official) atau instagram (@caleation.uny).

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X