KulinerPojok #UNYu

5 Menu Sahur Anti Ribet dan Kostable Banget, Rantauers Wajib Coba!

Alhamdulilah, bulan suci Ramadhan 1442 H sudah menghampiri kita. Bulan penuh berkah dan ampunan ini menyapa kita dalam tempo periodik satu tahun sekali. Tentunya ,sebagai umat yang menjalankan ibadah wajib ini ada banyak sekali momentum yang harus dilakukan salah satunya adalah makan sahur sebagai salah satu syarat wajib berpuasa.

 Bulan ramadhan juga akan menjadi “ titik balik”  banyak sobat rantauers  dan anak kost yang biasanya ketika makan sahur bisa langsung menyantapnya karena bersama orang tua. Selain harus belajar telaten menyiapkan makan sahur sendiri, para anak kost juga wajib memanage pengeluaran agar tetap bisa survive satu bulan kedepan.

Planning yang tepat dan cermat menjadi “kuntji” agar tetap sehat dan aktif selama puasa. Untuk mensiasati kegiatan makan sahur berikut ini tim redaksi kumpulkan referensi resep makanan simple, murah, hemat namun tetap bergizi untuk menemani perjalanan puasamu.

  1. Opsi Kesiji ada Indomie ; Bahan Dasar untuk Omelet Dadar Mie
foto : food.detik.com

Brand mie instan satu ini sudah menjadi legenda umum yang dikenal sebagai sahabat anak kost bahkan ada juga lho Mars Anak Kost yang sengaja diciptakan untuk “menghormati” Indomie. Nah , maka dari itu Indomie menjadi salah satu rekomendasi bahan baku utama untuk menemani makan sahurmu. Agar lebih sehat dan bergizi maka tidak ada salahnya kita mengkolaborasikan indomie dengan bahan baku protein yaitu telur untuk membuat omelet dadar mie. Caranya mudah, cukup rebus mie hingga setengah matang lalu masukan kedalam kocokan telur beri seasoning secukupnya kemudian goreng dengan wajan anti lengket hingga matang. Untuk menambah nilai gizi kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan minuman sehat seperti susu bearbrand yang bisa ditemukan di toko retail langgananmu.

  1. Setengah Ikat Kangkung untuk Cah Kangkung Saus Saori
foto : cookpad.com

Kangkung menjadi salah satu sayuran yang gampang ditemukan di warung-warung atau toserba seperti Superindo. Kangkung juga menjadi salah satu sayuran yang mudah untuk dimasak dan dikreasikan ,salah satunya menjadi cah kangkung. Perpaduan pedas gurih dari cabai dan bawang-bawangan serta kuah asam manis bisa membantumu semangat makan sahur. Bumbu instan seperti saori juga bisa menjadi opsi praktis jika kamu tidak sempat membuat paduan sausnya . Selamat mencoba !

  1. Sup Hangat Isi Sosis dan Wortel dengan Kuah Gurih nan Kental

Dinihari yang biasanya diselimuti cuaca dingin bisa kamu atasi dengan makan sahur berupa menu sup hangat berisi sosis, wortel, kentang dan kubis. Perpaduan kuah yang gurih dari bumbu kaldu akan sangat pas dipadukan dengan nasi hangat dan gorengan mendoan apalagi jika ditambah minuman jahe hangat sebagai dopamine puasa.

Baca Juga  Hanya Mahasiswa Asal LAMPUNG yang Merasakan Hal Ini

Cara membuatnya mudah dimulai dengan merebus isian sesuai selera kemudian ditutup bumbu kaldu. Hmm, yummy guys !

Sup Hangat via masa kapa hari ini

  1. Nasi Goreng Kencur varian lain yang simple dan sehat

Sebagai anak kost dan rantauers nasi adalah “harta berharga”,karenanya harus digunakan sebijak mungkin hihihi. Nasi goreng adalah salah satu alternatif mengolah nasi yang masif dilakukan orang. Agar berbeda kamu bisa menambahkan “kencur” sebagai penambah rasa agar ada sensasi pedas segar berpadu gurih dan nasin.  Selain simple,nasimu tidak akan mubazir alias terbuang sia-sia. Jangan lupa dibarengi minum yang cukup setelah menyantap nasi goreng ya !

Nasgor Kencur via Yummy App

  1. Andalan kita semua Sarden duet dengan Nasi Hangat
foto : resep-mamaku.web.app

Selain mengenal indomie sebagai keluarga akrab di tanah rantau ,ada juga “keluarga lain”yang bisa kamu ajak sebagai teman makan sahur . Siapa lagi kalau bukan Sarden Kaleng. Makanan lezat dan tetap mengandung nilai gizi ini menjadi opsi yang bisa kamu pilih. Untuk menambah kandungan gizinya kamu bisa menambahkan tomat atau isian lain . Jangan lupa siapkan nasi hangat !

Baca Juga  Ingin Hidup Bahagia? Berbuat Baiklah!

Mudah-mudahan referensinya bermanfaat ya , jangan lupa tetap minum air putih 8 gelas sehari ,makan buah ,dan vitamin serta yang tidak kalah penting mematuhi protokol kesehatan selama beribadah di luar rumah .

Selamat berpuasa !

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
Close
X