Artikel

5 Tips Bijak Mengatur THR

Tunjangan Hari Raya biasanya diberikan perusahaan kepada pekerja, maksimal tujuh hari sebelum Lebaran. Namun kadang-kadang, baru saja THR diterima, sudah habis dibelanjakan sebelum Lebaran tiba. Jika sudah demikian kamu bisa mencoba opsi pinjaman uang online daripada harus meminjam kepada rentenir yang bunganya sangat besar.

Untuk itu, perlu strategi agar kamu bisa mengatur THR dengan bijak. Jangan sampai THR dihabiskan hanya untuk kebutuhan Lebaran saja. Karena, momen seperti inilah bisa kamu manfaatkan untuk investasi atau untuk kebutuhan masa depan lainnya. Berikut ini adalah tips mengatur THR dengan bijak:

Rencanakan Pengeluaran Selama Lebaran

Sebelum menerima THR ada baiknya justru saat ini kamu sudah mencatat rencana pengeluaran selama Lebaran dengan menggunakan THR.

Misalnya dengan mengalokasikan 40 persen untuk kebutuhan Lebaran seperti ongkos mudik atau menyiapkan angpao, 20 persen untuk zakat, 20 persen untuk tabungan atau investasi, 10 persen untuk menambah uang darurat dan sisanya bisa kamu gunakan untuk hal yang kamu inginkan.

Siapkan untuk Zakat dan Sedekah

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh setiap muslim. Itulah sebabnya poin penting yang harus disegerakan setelah menerima THR adalah menyisihkan untuk membayar zakat. Jika kamu sudah berkeluarga, tentu kamu harus membayar zakat fitrah masing-masing anggota keluarga yang ada di rumah atau yang kamu tanggung.

Baca Juga  Contoh Soal UTUL UGM

Sisihkan untuk Tabungan atau Investasi

Bagi sebagian orang, mendapatkan THR dan bonus adalah momen yang paling tepat untuk merencanakan keuangan masa depan. Kamu bisa mengalokasikan sebagian dana THR untuk tabungan maupun investasi. Manfaatkan sebaik mungkin karena keperluan sehari-hari sudah ada alokasi dananya tersendiri dari pendapatan bulanan rutin.

Gunakan untuk Menambah Uang Darurat

Selain untuk tabungan dan investasi, kamu juga bisa mengalokasikan dana THR untuk menambah uang darurat. Idealnya kamu sudah menyisihkan uang darurat sekitar 10 persen dari pendapatan bulanan. Nah, jika mendapatkan bonus termasuk THR, kamu juga bisa mengambil dengan persentase yang sama. Dengan begitu saldo uang darurat kamu akan bertambah dan bermanfaat saat sewaktu-waktu dibutuhkan.

Gunakan untuk Hal yang kamu Inginkan

Setelah uang THR habis dibagi ke dalam pos-posnya masing-masing, barulah kamu bisa menggunakannya untuk hal yang kamu inginkan seperti makan di restoran favorit atau liburan.

Baca Juga  Kalender Akademik UNY 2019/2020

Rencana tetaplah sebuah rencana. Kadang-kadang tetap saja masih ada yang keluar dari yang sudah direncanakan. Untuk itulah dalam kondisi tertentu, kamu bisa mengandalkan pinjaman uang online dari fintech tepercaya seperti Kredivo.

Kredivo sudah terdaftar di OJK dan menawarkan bunga rendah per bulan hanya 2,95%. Tidak hanya untuk pinjaman uang online saja, Kredivo juga bisa digunakan untuk belanja online guna memenuhi kebutuhan Lebaran.

Untuk menikmati fitur pinjaman uang online ini, kamu harus terdaftar dulu sebagai member premium reguler atau pengguna cicilan Kredivo. Barulah kemudian bisa memanfaatkan dua fitur pinjaman uang online yaitu pinjaman jumbo dan pinjaman mini dengan kelebihannya masing-masing.

Proses pendaftarannya pun mudah, karena bisa dilakukan secara online dan tetap aman lewat aplikasi Kredivo. Unduh saja aplikasi resminya di Google Play Store atau App Store. Kemudian ikut langkah-langkah pendaftarannya dengan mudah kurang dari tiga menit saja.

Jika memenuhi persyaratan, Anda bisa mendapatkan kredit limit hingga Rp30 juta. Cukup untuk pesan tiket pesawat sekeluarga lewat Aplikasi Kredivo secara praktis.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X