9 Mahasiswa Berprestasi dari UNY Belajar di Filipina | UNY COMMUNITY
Thursday , 13 December 2018
Home / Kabar Kampus / 9 Mahasiswa Berprestasi dari UNY Belajar di Filipina

9 Mahasiswa Berprestasi dari UNY Belajar di Filipina

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengirimkan sembilan mahasiswa berprestasi ke luar negeri. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan visi dan misinya untuk menjadi universitas kependidikan kelas dunia. Belum lama ini UNY melalui Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) mengirimkan mahasiswa berprestasi untuk Short Term Internship (Sit-In) dengan Pangasinan State University Filipina.

Mahasiswa berprestasi (mapres) telah terseleksi sebanyak 9 mahasiswa yang terdiri dari 7 mahasiswa S1 dari 7 fakultas dan 2 mahasiswa D3. Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) UNY Satoto Endar Nayono mengatakan, secara umum kegiatan mapres dikelompokkan menjadi beberapa bagian, yaitu perkuliahan sekaligus kunjungan di Pangasinan State University, seminar dan observasi ke Laboratorium Sekolah Elementary.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman, pengetahuan, dan wawasan global kepada mapres sekaligus diharapkan akan mendorong mapres untuk melakukan kegiatan positif, inspiratif, motivatif, dan menjadi pendorong dan katalisator bagi peningkatan kualitas mahasiswa UNY secara umum,” jelasnya, Kamis (4/1/2018).

Baca Juga  Terobosan Baru Penyembuhan Luka pada Kulit: ABIS MACA

Dijelaskannya, kegiatan yang dilakukan selama sit in di masing-masing departemen adalah mengobservasi teaching process, mengikuti praktikum, mengikuti kegiatan di departemen seperti seminar, workshop, roleplay. Selain itu juga membandingkan sistem pendidikan, mata kuliah yang harus ditempuh, sistem penilaian, dan obsevasi ke laboratorium pendidikan (TK-SMP).

Seperti yang dialami oleh Sayidatul Maslahah, Mahasiswa prodi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan yang ditempatkan di jurusan Pre-Elementary Education in Bayambang Campus. Ia mengungkapkan, pada mata kuliah geografi, mahasiswa diajarkan untuk bekerjasama dalam kegiatan mempresentasikan yang disesuaikan dengan kelompok masing-masing.

“Cara-cara menjadi guru yang sesuai standar, termasuk di dalamnya bagaimana cara mengajar di kelas. Selain itu dalam workshop ini membahas suatu tema dan mempresentasikan serta demonstrasi mengenai tema secara bagus,” ujar Sayidatul. Pengalaman berbeda dialami oleh Yanuar Prihantoro mahasiswa prodi Ilmu Keolahragaan, yang ditempatkan pada Department of Music, Art, Physical Education and Health.

Baca Juga  Mahsiswa UNY Raih Juara Harapan 1 Dalam Mechamotion 2017

Diceritakannya, selama sit-in di Filipina banyak manfaat yang dipetik, diantaranya meningkatkan wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam hal keilmuan dan ketrampilan berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris baik secara akademik maupun non akademik. “Selain itu pengalaman yang didapat dalam hal tinggal di negara lain, terutama dalam hal kebiasaan dan budaya,” tukasnya.

sumber : jogja.tribunnews.com

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Berburu Diskon Tas Murah Saat Harbolnas 2018 Di Ilotte.com

Salah satu barang yang dapat menunjang penampilan seorang pria adalah tas. Penggunaan tas ini berfungsi …

X