AFOMA, Mesin Pelipat Baju | UNY COMMUNITY
Monday , 22 April 2019
Home / Kabar Kampus / AFOMA, Mesin Pelipat Baju

AFOMA, Mesin Pelipat Baju

Industri garmen adalah sebuah sektor yang terus berkembang dari waktu ke waktu karena kebutuhannya yang sangat krusial untuk memenuhi kebutuhan pakaian bagi masyarakat. Namun, dalam industri garmen, masalah yang sering muncul adalah pada produktivitasnya karena sering kali pakaian produksi menumpuk sebagai dampak dari lambatnya proses pelipatan baju atau folding sebelum di pasarkan.

AFOMA,

Melihat fakta di atas, Sekelompok Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari Mardianto Eko Nugroho, Syaiful Bahri, Nur Azmil Khoiroh, Wahyu Putra dan Fajar Yuli Nugroho berinovasi dengan menciptakan suatu mesin yang dapat membantu proses pelipatan pakaian agar lebih rapi dan cepat, mesin tersebut diberi nama AFOMA (Automatic Folding Machine).

Baca Juga  Jadwal Registrasi Semester Genap 2015/2016 UNY

Eko, ketua kelompok, menjelaskan bahwa AFOMA ini ditujukan untuk mempercepat proses pelipatan baju sehingga dapat meningkatkan produktivitas. “Selain itu, dengan menggunakan alat ini hasil lipatan akan lebih rapi dan konsisten daripada sebelum dengan tenaga manusia,” ungkap Eko.

Lebih jauh Eko menjelaskan bahwa AFOMA sendiri adalah suatu mesin yang terbuat dari tiga komponen utama yaitu Mekanik, Pneumatik dan Elektrik.

“Mekanik terdiri dari rangka besi serta akrilik pelipat sebagai komponen untuk melipat baju sedangkan pneumatic silinder bekerja sebagai actuator untuk menggerakkan akrilik pelipat, dan bagian elektriknya bekerja sebagai sistem pengendali dari pneumatic untuk menggerakan akrilik pelipat sehingga baju dapat terlipat secara otomatis,” beber Eko.

Baca Juga  Kembali dari Jerman, Vida Mengabdi di Bumi Pertiwi

“Cara kerja AFOMA adalah dengan cara pakaian yang akan dilipat cukup diletakkan di atas mesin tepat di atas akrilik pelipat, lalu mesin dinyalakan dan secara otomatis pakaian akan terlipat dengan sendirinya dan bisa langsung dimasukkan ke bag plastik untuk di kemas,” cerita Eko.

Eko dan kelompoknya berharap bahwa AFOMA dapat membantu para pengusaha garment baik industri besar maupun menengah terutama proses pelipatan baju sehingga proses produksi lebih efektif dan efisien.

sumber : uny.ac.id

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

GERAKAN MENULIS (GELIS)

👥 HIMA PGSD Kampus II FIP UNY 👥 mempersembahkan ✒✏ GERAKAN MENULIS (GELIS) ✏✒ Gelis …

X