Pojok #UNYuTipsUKM

Bingung Memilih UKM? Simak Beberapa Tips Berikut

Memasuki dunia perkuliahan tentunya banyak kegiatan-kegiatan baru yang masih terasa asing di telinga mahasiswa baru. Tak hanya berkutat di kampus untuk kuliah namun juga melakukan kegiatan di berbagai bidang. Wadah untuk berkegiatan di kampus biasanya disebut UKM.

UKM Expo UNY 2019 via twitter.com/SC_UNY/

Apa itu UKM?

UKM adalah singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa. Sampai di sini sudah ada bayangan? bahasa  gampangnya, ekstrakurikuler versi mahasiswa. Suatu organisasi atau wadah untuk mengembangkan minat dan bakatmu di bidang-bidang tertentu.

Apakah ada jenis- jenis UKM?

Ada UKM Universitas, ada juga UKM Fakultas. Jadi temen-temen akan punya banyak pilihan UKM nih. UKM Universitas terbuka untuk seluruh mahasiswa di kampus tersebut, biasanya ada beberapa jenis UKM berdasarkan bidangnya.

Selain UKM Universitas, terdapat juga UKM Fakultas. Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas biasanya disingkat dengan UKMF. UKMF mewadahi minat dan bakat dalam lingkup fakultas. Di fakultas tak hanya terdapat UKMF namun juga terdapat Himpunan Mahasiswa (tiap jurusan/ prodi) dan badan eksekutif (BEM) serta legislatif (DPM).

foto : serufo.com

Bagaimana sih tipsnya?

            Agar kamu lebih tercerahkan dalam memilih UKM, yuk simak tips-tips berikut.

  1. Ketahui Minatmu Dulu

Kamu pasti akan bingung dengan banyaknya pilihan UKM jika kamu belum menentukan minat atau kecenderunganmu di bidang apa. Untuk memilih UKM, kamu harus menentukan dulu bidang apa yang sesuai dengan minatmu, karena nantinya akan berpengaruh dengan kegiatan yang akan kamu jalani. Semua akan terasa ringan dan mudah jika kamu menjalani apa yang kamu sukai dan kamu minati. Begitu juga dengan UKM, jika suatu saat nanti ada sesuatu hal yang sulit, kamu akan menjalaninya dengan ikhlas.

  1. Cari Tahu Profil UKM

Cari tahu profil UKM yang ingin kamu bidik, cek web dan media sosial UKM tersebut. Di sana kamu akan menemukan hal-hal yang berkaitan dengan UKM yang kamu bidik dan informasi tersebut bisa menjadi bekal kamu untuk memantapkan diri bergabung di UKM.

  1. Ketahui Apa Saja Kegiatan UKM

Mencari tahu kegiatan apa saja yang dilakukan di UKM juga tak kalah penting. Kamu bisa mendapatkan informasi kegiatan di pamflet rekruitmen, di media sosial UKM atau bertanya ke kakak tingkat yang sudah bergabung di UKM. Tanyakan pengalaman-pengalaman yang didapat setelah bergabung di UKM tersebut. Kalau kamu belum kenal dengan kakak tingkat yang telah bergabung di UKM, perkenalkan dirimu, jangan takut dikira SKSD (Sok Kenal Sok Deket). Perkenalkan dirimu dengan baik dan sampaikan maksudmu, tapi jangan berlebihan ya, apalagi modus, hehe.

  1. Perhatikan Syarat dan Ketentuan Bergabung di UKM

Setiap UKM tentunya memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda dalam seleksi penerimaan anggota baru. Perhatikan baik-baik syarat dan ketentuan tersebut karena akan berpengaruh pada keputusan diterima atau tidaknya kamu di UKM tersebut. Biasanya UKM akan menyeleksi para calon anggota dengan tahap seleksi berkas/ formulir, seleksi tes tulis dan seleksi wawancara. Perlu diingat, tidak semua UKM memberlakukan syarat, ketentuan dan tes yang sama. Jadi, kamu perlu mencari tahu dan memahami syarat ketentuan dan tahapan seleksi.

  1. Sesuaikan dengan Skala Prioritasmu

Kenapa poin ini penting? Yap, komitmen berkaitan dengan prioritas biasanya akan ditanyakan pada saat tes wawancara, bukan hanya itu, prioritas akan berpengaruh jika kamu diterima nantinya. Pembagian waktu itu penting, jadi sebelum kamu mendaftar, ada baiknya kamu cek kegiatan apa yang sudah kamu ikuti, apakah akan mengganggu satu sama lain. Tak masalah jika kamu ikut lebih dari satu UKM, hal itu sah-sah saja namun semua kembali ke kamu dalam mengatur waktu.

Baca Juga  Keasyikan Menjelajah Pulau Jawa Dengan Road Trip

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi kamu dalam memilih UKM ya! Tetap semangat dan sukses selalu!

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
Close
X