Artikel

Cara Benar Membuat Paspor Di Kantor Imigrasi

Pastinya semua orang akan membutuhkan paspor, terlebih bagi mereka yang sering berpergian. Pasalnya paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang wajib kamu bawa saat akan berpergian ke luar negeri. Warga negara biasa akan memiliki paspor hijau, sedangkan para diplomat atau pejabat negara akan memiliki paspor biru. Masa berlaku paspor ini adalah 5 tahun sejak masa diterbitkan dan kamu wajib untuk memperjangnya 6 bulan sebelum masa berlaku paspor tersebut habis, atau kamu akan dikenakan denda saat melebihi 6 bulan sebelum habis masa berlakunya. Supaya terhindar dari menggunakan calo, kamu harus mengetahui dengan benar cara membuat paspor.

Berikut dibawah ini cara benar membuat paspor langsung di Kantor Imigrasi diantaranya yaitu :

  1. Datang Ke Kantor Imigrasi

Pertama tama datang terlebih dahulu ke kantor imigrasi. Kamu bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kamu atau bisa juga dengan datang langsung ke kantor imigrasi terdekat.

  1. Beli Formulir Permohonan

Setelah itu kamu tinggal membeli formulir permohonan. Kamu bisa mendapatkan formulir permohonan ini di loket yang sudah menyediakannya. Kemudian isi formulir permohonan tersebut dengan lengkap sesuai dengan dokumen yang kamu miliki dan jangan lupa membawa dokumen yang asli.

  1. Menyerahkan Formulir
Baca Juga  Contoh Soal UTUL UGM

Setelah formulir permohonannya diisi lengkap, kamu tinggal menyerahkannya ke lokasi pendaftaran.

  1. Mengambil Tanda Terima, Jadwal Foto, Pengambilan Sidik Jari

Jika kamu sudah foto dan mengambil sidik jari, maka setelah itu kamu akan masuk ke tahap wawancra dengan menunjukkan dokumen asli.

  1. Membayar Buku Paspor

Setelah kamu menyelesaikan tahapan wawancara, langkah berikutnya adalah tinggal membayar buku paspor lalu menandatangani buku paspor. Kemudian minta juga informasi tentang kapan jadwal selesainya pembuatan paspor dan mengambilnya.

  1. Datang Kembali Ke Kantor Imigrasi

Pada saat tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya, kamu bisa datang kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor yang sudah jadi dibuat. Biasanya paspor baru tersebut dalam waktu hanya satu minggu saja sudah selesai dan bisa diambil.

Tetapi sekarang sebenarnya pembuatan paspor ini sudah jauh lebih mudah dan praktis berkat adanya layanan pembuatan paspor online melalui aplikasi Layanan Paspor Online. Pengurusan paspor secara online ini pada dasarnya tetap mengharuskan kamu untuk pergi ke Kantor Imigrasi terdekat untuk mengurus kelengkapan datanya.

Baca Juga  Berikut Ini Nama Bayi Laki-Laki Secara Islami

Tetapi adanya layanan mengurus paspor secara online ini dapat memangkas kebiasaan lama, dimana kamu tidak perlu lagi mengantri lama ataupun pulang pergi ke kantor imigrasi. Dengan hanya melakukan daftar online di aplikasi Layanan Paspor Online, kamu sudah bisa mendapatkan nomor antrian beserta dengan tanggal dan jam pengurusan paspor di Kantor Imigrasi. Dengan cara online ini, kamu tidak harus mengantri lama lagi.

Untuk mengurus paspor secara online ini juga sangat mudah melakukannya. Asalkan data yang kamu lampirkan itu sudah benar dan jelas, maka dijamin proses tersebut tidak membutuhkan waktu berjam jam. Yang perlu diingat adalah bahwa layanan paspor online tersebut memiliki kuota per hari dan hanya dibuka pada hari Jumat pukul 14.00 WIB, dan hari Minggu pada pukul 16.00 WIB.

Jika kamu sudah menyiapkan KTP untuk melakukan proses pengurusan paspor, maka kamu tinggal mengikuti beberapa langkah pembuatan paspor online melalui aplikasi Layanan Paspor Online. Menurutmu cara mana yang paling mudah dan praktis, mendatangi langsung Kantor Imigrasi atau secara online?

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X