Cara Membeli Rumah di Usia 20-an | UNY COMMUNITY
Thursday , 20 June 2019
Home / Artikel / Cara Membeli Rumah di Usia 20-an

Cara Membeli Rumah di Usia 20-an

Jangan pernah menunda untuk membeli rumah, semakin ditunda maka semakin sulit untuk mendapatkannya. Termasuk bagi Anda yang berusia muda, sekitar umur 20-an, membeli rumah sebenarnya bukanlah hal yang silit.

Tentu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda yang berusia 20-an bisa memiliki rumah, apa lagi

Untuk itu sebaiknya tanamkan pada diri Anda bahwa memiliki rumah merupakan kebutuhan utama, bukan gadget baru ataupun mobil baru.

Nah, bagi Anda yang saat ini berusia 20-an berikut ini adalah tips membeli rumah dijual yang bisa digunakan.

Menabung

Untuk membeli rumah langkah pertama yang harus dilakukan tentu menabung. Sisihkan pemasukan minimal 30 persen dari penghasilan. Agar tidak tercampur, sebaiknya Anda membuat rekening khusus untuk menampung dana membeli rumah. Uang tabungan ini tentunya tidak bisa digunakan untuk membeli rumah secara penuh, namun minimal bisa digunakan untuk membayar uang down payment.

Rumah kebutuhan primer

Godaan untuk membeli barang sekunder di usia muda memang cukup tinggi. Untuk itu sebaiknya yakinkan pada diri Anda bahwa membeli rumah dijual merupakan hal yang sangat penting, bukan mobil baru atau gadget baru. Bijaklah untuk menggunakan uang utamakan untuk membeli barang-barang yang penting.

Baca Juga  Tips Memilih Jasa Servis Laptop

Jangan gunakan kartu kredit

Sebisa mungkin untuk tidak menggunakan kartu kredit, karena kartu ini justru akan membuat Anda untuk membeli barang tanpa memperhitungkan resiko yang dibuatnya. Jika terlanjur mempunya sebaiknya segera dilunasi dan jangan digunakan.

Jangan ngekos

Hal ini sangat penting, karena ngekos justru akan membuat Anda menjadi boros, karena berkewajiban untuk membayar sewanya. Jika hal tersebut terpaksa dilakukan sebaiknya Anda mencari partner yang dapat mensharing biaya sewa rumahnya.

Cari cicilan down payment murah

Saat ini sudah banyak pengembang yang menawarkan promo pembayaran down payment yang murah. Bahkan saat ini pemprov Jakarta sedang mengadakan program down payment 0 rupiah

Untuk itu carilah developer yang menawarkan promo down payment yang murah. Semakin murah maka semakin mudah juga untuk membayarkannya. Rajin-rajin lah untuk membuka portal properti untuk mendapatkan informasi tentang promo dari pengembang atau Anda juga bisa datang ke acara pameran properti, karena di sana para pencari properti bisa mendapatkan informasi yang menarik.

Baca Juga  Try Out Online Gratis, Bantu Persiapan Ujian Nasional Anak Tersayang

KPR Subsidi

Tahukah Anda saat ini pemerintah sedang mengadakan program KPR subsidi untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), program ini memang ditujukkan untuk mereka yang memiliki penghasilan yang tidak terlalu besar untuk bisa membeli rumah dijual. Jenis KPR ini sangat menguntungkan, seperti cicilan flat hingga masa tenor berakhir dan besaran cicilan hanya Rp 1 juta per bulan. Rata-rata rumah subsidi dijual mulai dari Rp 148 juta untuk kawasan Jabodetebek.

Namun untuk membeli rumah subsidi harus memenuhi beberapa syarat seperti, belum memiliki rumah, gaji maksimal di bawah Rp 4 juta. Berstatus sebagai karyawan tetap. Hanya boleh membeli rumah dijual sesuai dengan domisili.

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Pendaftar SBMPTN 2019 UNY Capai 11.121: Prodi Manajemen Favorit

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Margana mengatakan memasuki hari keempat pendaftaran …

X