Detektor Formalin ; Meningkatkan Kewaspadaan Untuk Pola Hidup Sehat | UNY COMMUNITY
Tuesday , 16 October 2018
Home / Kabar Kampus / Detektor Formalin ; Meningkatkan Kewaspadaan Untuk Pola Hidup Sehat

Detektor Formalin ; Meningkatkan Kewaspadaan Untuk Pola Hidup Sehat

Lima orang mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat alat detector formalin. Mereka adalah Eko Lukito Saputro, Hernawan Prabowo, Singgih Bekti W, Linda Noviasari dan Bayu Andiko. Alat detector formalin ini diberi nama D-Form. Karya ini merupakan hasil riset mahasiswa yang meraih pendanaan riset pada Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta tahun 2017.

Ketua tim  yaitu Eko yang merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik ELektronika menjelaskan bahwa alat ini dapat digunakan untuk mendeteksi kandungan formalin yang terdapat pada makanan. “Pada ujung device ini terdapat sensor gas yang digunakan untuk mendeteksi kandungan formalin pada suatu makanan. Melalui alat ini diharapkan dapat menjadi inovasi bagi upaya  meningkatkan kesehatan masyarakat dengan menghindari makanan berkandungan formalin.” Jelas Eko.

Baca Juga  Ini Prodi yang Paling Banyak Pendaftarnya Pada SBMPTN 2018

Hernawan Prabowo sebagai anggota tim menambahkan bahwa alat ini sangat simple dan mudah digunakan. Bentuk alat ini seperti pipa dengan memiliki ujung berupa bahan detector, yang kemudian diolah dengan berbasis jaringan saraf tiruan.

“Ujung alat ini adalah sensor, sedangkan didalam mekaniknya terdapat chip mikrokontroler yang telah di program. Dengan alat ini kita dapat mengetahui apakah suatu makanan mengandung formalin atau tidak.” Ujar Hernawan.

Tidak hanya itu, alat ini juga merekam histori penggunaan alat secara real time. D-Form dilengkapi dengan GPS dan modul transmisi data. Data penggunaan alat berupa kordinat lokasi, dan kandungan formalin direkam dan disimpan. Lokasi dapat dilihat melalui smartphone Android. Diharapkan alat sejenis ini dapat lebih dikembangkan dan digunakan, khususnya untuk penyuluhan makanan.

Baca Juga  Ribuan Mahasiswa Baru UNY Ikuti Stadium General oleh Kemenristekdikti

“Diharapkan alat seperti D-Form dapat menjadi inovasi yang bermanfaat demi menjaga dan meningkatkan kewaspadaan terhadap apa yang kita konsumsi.” Ujar Linda. (Singgih Bekti W)

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Islamic Journalist Festival 2018

🚨🚨 KABAR MEDIA🚨🚨 ✨Assalamu’alaikum wr. wb✨ SKI-UKKI UNY proudly present 🎉🎉🎉Islamic Journalist Festival 2018🎉🎉🎉 “Revolusi …