Eksplorasi, Menggali Imajinasi Menemukan Inspirasi | UNY COMMUNITY
Wednesday , 14 November 2018
Home / Kabar Kampus / Eksplorasi, Menggali Imajinasi Menemukan Inspirasi

Eksplorasi, Menggali Imajinasi Menemukan Inspirasi

Sabtu, 13 Oktober 2018 UKMF Penelitian Reality FIP UNY mengadakan kegiatan Eksplorasi di Pantai Goa Cemara. Eksplorasi merupakan gabungan dua kegiatan, yakni berwisata sembari mencari ide untuk menyusun karya tulis ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh 40 mahasiswa baru FIP UNY. Dengan mengusung tema “Gali Imajinasi, Temukan Inspirasi” diharapkan mahasiswa baru FIP UNY tidak takut untuk berimajinasi, menemukan inspirasi untuk terus berkarya bagi dirinya sendiri dan bermanfaat bagi orang lain.

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi, sesi pertama yakni pemaparan materi oleh Koordinator Pengelola Pantai Goa Cemara. Beliau memaparkan sejarah dibukanya Pantai Goa Cemara untuk wisatawan umum. Nama Goa Cemara sendiri berasal dari pohon cemara udang yang sengaja ditanam di kawasan pantai dengan tujuan sebagai penahan angin laut yang mengandung garam. Di kawasan Pantai Goa Cemara ini, sinyal seluler sulit didapatkan karena terhalang pohon cemara udang yang tumbuh cukup lebat. Pepohonan cemara udang yang cukup lebat ini hampir menyerupai goa, sehingga pantai ini diberi nama Goa Cemara.

Baca Juga  Abad Samudera Hindia

Sesi kedua dilanjutkan materi kepenulisan ilmiah oleh Kakak Tema, yakni pengurus UKMF Penelitian Reality FIP UNY yang telah memiliki cukuo pengalaman dalam dunia karya tulis ilmiah. Dalam sesi ini peserta yang telah dibagi menjadi delapan kelompok, dimasukkan ke dalam tiga kelompok besar untuk berdiskusi dengan Kakak-Kakak Tema mengenai garis besar permasalahan-permasalahan yang ada di Pantai Goa Cemara. Selanjutnya peserta dilepas bersama dengan Kakak Pemandu untuk mengeksplorasi seluruh kawasan Pantai Goa Cemara untuk menemukan permasalahan, ide, dan solusi sebagai dasar untuk karya tulisnya.

Sebelum menuju sesi ketiga, peserta dipersilahkan untuk ishoma. Sesi ketiga dimulai dengan pengenalan juri yang berasal dari alumni UKMF Penelitian Reality FIP UNY. Sesi ini merupakan sesi mempresentasikan hasil dari eksplorasi yang telah mereka dapatkan pada sesi kedua. Ide-ide mereka sangat kreatif dan unik, sehingga para juri menyarankan untuk menjadikannya PKM atau dikirim ke Lomba Karya Tulis Ilmiah. Para peserta ini nantinya akan didampingi oleh pengurus UKMF Penelitian Reality FIP UNY dalam mengembangkan idenya, sehingga nantinya kegiatan Eksplorasi ini benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat. (Saf)

Baca Juga  Jadwal Registrasi Semester Genap 2015/2016 UNY

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Lomba memperingati Pekan HAM

Dalam rangka memperingati Pekan HAM pada 10 Desember 2018 ✨MAHASISWA PKNH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DENGAN …