Garuda UNYKabar Kampus

Formula Garuda 16 Akan Berlaga Di Jepang

Mahasiswa UNY yang tergabung dalam Formula Garuda 16 (FG16) akan berlaga dalam 2016 Student Formula Japan yang diselenggarakan oleh Society Automotive  Engineering of Japan (JSAE) pada awal September mendatang. Kompetisi  ini merupakan salah satu seri Formula Student dari SAE Internasional. Kompetisi ini merupakan kompetisi bergengsi yang di ikuti oleh universitas maupun institut di dunia. Para tim berkompetisi untuk menciptakan mobil kelas formula khusus mahasiswa dari static event yang meliputicost report, design report, business logic plan,  hingga dynamic event yang meliputi akselerasi, autocross, skid pad, endurance, dan efisiensi. Pemenang dihitung berdasarkan point yang diperoleh dan dijumlahkan secara overall.

garuda 16

Garuda UNY Racing Team akan berlaga kembali di tahun ini dengan berbagai macam peningkatan melalui static eventmaupun dynamic event. Tim besutan Universitas Negeri Yogyakarta ini terdiri dari mahasiswa dengan latar belakang disiplin ilmu yang berbeda-beda. “Kami berusaha menciptakan tim yang solid yang berasal dari berbagai macam disiplin ilmu karena berdasarkan pada kebutuhan tim” ujar Dr. Zainal Arifin selaku Advisor Garuda UNY  Racing Team. Persiapan tim telah dilakukan sejak Oktober 2015 untuk menghadapi lomba di tahun 2016 ini.

Dalam persiapan lomba, latihan dilakukan 4 sampai 6 hari dalam seminggu guna memperoleh performa dan data yang akurat. Tim ini juga didukung dari berbagai macam perusahaan dan institusi untuk meningkatkan performa tim serta turut andil dalam membangun bangsa Indonesia di kanca Internasional. Pada 12/8 mendatang, Tim dijadwalkan mengikuti Roll Out Formula Garuda 16 (FG16). Mobil yang diberi nama Formula Garuda 16 (FG16) merupakan upgrade dari mobil tahun sebelumnya Garuda Formula 15 (F15).

Baca Juga  IDB Gelontorkan 279 Miliar untuk Pembangunan Gedung UNY

Penggunaan material ringan melalui part yang diperkecil serta spesifikasi yang berbeda menjadikan bobot kendaraan berkurang dari 245kg menjadi 220kg. “Mounting engine didesain untuk menahan getaran engine serta poros yang dibuat lebih ringan dengan diameter lebih kecil mampu menahan kekuatan 4 Newton Meter dan 46 House Power sehingga dapat meningkatkan performa kendaraan dalam mengikuti lomba September mendatang” tutur Widhihastu yang merupakan Automotive DesignerGaruda UNY Racing Team. Pengumpulan data dengan memperbaiki kekurangan semakin menjadikan tim yakin untuk mampu memperoleh peringkat yang lebih baik dari tahun lalu. Sampai saat ini, Garuda UNY Racing Team sangat terbuka dengan kerjasama dari berbagai macam perusahaan untuk bersinergi membangun Indonesia. Garuda UNY Racing Team juga dapat diakses secara lengkap di www.garudauny.com.”

Baca Juga  UNY Buka PMB Jalur SNMPTN 2018 Dengan Kuota 30% Dari Daya Tampung Kampus

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X