Galau Menghadapi UAS? 6 Tips Ini akan Memudahkan Langkahmu Meraih Hasil UAS Maksimal! | UNY COMMUNITY
Sunday , 24 March 2019
Home / Mahasiswa Banget / Galau Menghadapi UAS? 6 Tips Ini akan Memudahkan Langkahmu Meraih Hasil UAS Maksimal!

Galau Menghadapi UAS? 6 Tips Ini akan Memudahkan Langkahmu Meraih Hasil UAS Maksimal!

Semester ganjil sebentar lagi berakhir. Ujian telah menanti di depan mata. Tugas-tugas akhir semester pun sudah menunggu untuk segera dikumpulkan pada dosen. Banyak nyatanya yang memang harus dipersiapakan untuk bisa melewati ujian akhir semester dengan baik.

Jangan khawatir! 6 tips ini akan membantumu untuk bisa menghadapi ujian dan memperoleh hasil  yang memuaskan. Penasaran?  Ini dia!

  1. Rencanakan waktu belajarmu dengan baik! Jangan pakai sistem kebut semalam ya?

Ini nih yang kerap dilakukan mahasiswa. Belajar dengan sistem kebut semalam. Mimin nggak nyaranin kamu buat nglakuin hal  ini deh. Ada baiknya kamu telah mulai belajar sebelum waktu ujian. Kamu pun bisa belajar dengan lebih tenang dan maksimal. Belajar dengan sistem kebut semalam juga akan berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh kamu. Nggak mau kan paginya kamu malah jadi sakit atau telat ikut ujian karena kamu belajar nyaris semalaman! Nah, agar hal  itu tak terjadi ada baiknya kamu mulai cermat merencakan waktu belajarmu. Jangan tunda-tunda waktu untuk belajar ya!

  1. Materi yang akan kamu pelajari juga penting! Siapkan materi yang akan kamu pelajari juga ya!

Ini nih yang juga penting kamu lakukan demi keberhasilanmu menghadapi ujian! Materi ujian! Meskipun kegiatan belajarmu udah maksimal, tapi kalau nggak didukung materi ujian yang oke rasanya akan sulit untuk mendapatkan hasil ujian idaman. Kamu bisa bertanya pada teman sekelas yang menurutmu paling rajin di kelas dan jangan segan  meminjam materi ujian yang mereka miliki untuk diperbanyak! Dengan cara ini kamu bisa memiliki materi ujian lengkap. Oh iya, untuk kamu yang masih memiliki banyak waktu, jangan lupa untuk berkunjung ke perpustakaan ya. Di tempat itu kamu bisa membaca buku-buku referensi yang sesuai dengan materi ujianmu.

  1. Jangan banyak begadang dulu deh! Stamina tubuh yang bagus akan membuatmu lebih mudah menghadapi ujian!

Kondisi tubuh yang prima  akan membantumu melewati ujian dengan mudah. Jangan banyak begadang dulu deh! Jangan sampai kamu menghadapi ujian dalam kondisi sakit. Ada baiknya kamu menolak ajakan teman kamu untuk begadang atau berkunjung ke tempat-tempat indah yang menghabiskan banyak waktu. Lebih baik buat belajar deh! Jangan lupa juga untuk makan makanan yang bergizi. Kegiatan belajar dan mengerjakan ujian membutuhkan kalori yang banyak!

  1. Menjelang ujian berarti saatnya kamu menyingkirkan beban pikiran yang kurang penting! Bisa kan fokus dengan ujianmu dulu?

Buat kamu nih yang lagi ribut dengan pacar atau ada masalah dengan teman ada baiknya menepikan dulu masalah itu. Ini saatnya kamu fokus dengan ujianmu. Singkirkan masalah lainnya dari pikirannya. Nggak lama kok! Cuma sementara aja! Fokus ke ujianmu dulu deh. Ingat! Hasil ujianmu juga akan menentukan masa depan kamu dengan orang-orang tersayang.

  1. Pastikan kamu membaca jadwal ujianmu dengan benar ya!

Ini nih hal penting tapi ketika kamu salah membacanya bisa panjang urusannya. Boro-boro salah membaca hari,  salah membaca jam saja bisa membuatmu tidak bisa mengikuti ujian. Pastikan kamu membaca jadwal ujian dengan benar ya! Kalau kamu masih ragu kamu bisa bertanya pada teman sekelasmu.

  1. Berdoalah pada Tuhan! Dengan restu-Nya semua akan terasa lebih mudah

Semua di alam raya ini tak akan akan terjadi tanpa kehendak Tuhan. Ada baiknya sebelum  ujian kamu meningkatkan intensitas ibadahmu. Berdoalah pada Tuhan. Pada siapa lagi manusia bisa meminta kalau bukan pada Tuhan yang menguasai sesisi alam. Pastikan kamu telah meminta  dan berdoa dari hati ya!

Baca Juga  Petuah Sederhana untuk Calon Mahasiswa Baru

About Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Check Also

Lagi  Di Jogja? 6 Tempat ini akan Membuat Momen Pergantian Tahunmu Jadi Istimewa

Apa yang paling dinantikan di ujung Desember? Ada meriah kembang api, suara terompet dan topi …

X