Artikel

Gejala-Gejala Umum Kanker Pankreas yang Perlu Kalian Ketahui

Kanker pankreas merupakan penyakit kanker khusus yang sesuai namanya berawal dari pankreas. Pankreas itu sendiri merupakan kelenjar yang letaknya di bagian belakang perut serta tepat di depannya tulang belakang.

Ada pun tugas kelenjar pankreas yaitu membantu tubuh mencerna makanan, serta memproduksi berbagai hormon termasuk hormon insulin agar bisa mengontrol gula darah.

  • Kanker eksokrin

Ada pun kanker pankreas paling umum yaitu kanker eksokrin. Kanker ini terbagi menjadi adenokarsinoma yang biasanya mulai dari area saluran pankreas. Sedikit kasus kanker ini terjadi di sel yang membuat enzim pankreas itu sendiri. 

  • Kanker ampullary

Ada juga yang namanya kanker ampullary, kanker ini bermula dari ampula vater atau area pada saluran empedu serta saluran pankreas yang bergabung dan lalu bermuara di usus kecil. Kanker ini bisa menyebabkan penyumbatan saluran empedu. 

Perlu kita ketahui kalau penyakit seperti kanker pankreas ini merupakan penyakit yang tidak menular. Maka dari itu, aktivitas yang bersama penderita kanker pankreas ini, misal seperti makan atau kontak fisik tak akan membuat penyakit berpindah. 

Beberapa Gejala Kanker Pankreas

Lalu seberapa umumkah penyakit kanker pankreas ini? Kanker pankreas merupakan jenis kanker cukup biasa menyerang masyarakat di Indonesia. Gejala kanker pankreas ini sendiri sangat beragam. Maka dari itu sebabnya, tiap orang sangat bisa mengalami gejala kanker pankreas yang berbeda-beda. Misal saja ada orang-orang yang merasakan tanda-tanda dari kanker pankreas saat stadium awal. Bisa juga ada yang baru mengalami gejala kanker pankreas di stadium akhir. Agar lebih jelasnya, kalian bisa kenali tanda beserta gejala kanker satu ini yang umum terjadi di bawah ini:

Kuning di bagian mata dan kulit (jaundice)

Salah satu gejala terjadinya kanker pankreas ialah menguningnya kulit serta putih mata. Kondisi satu ini ialah gejala awal para penderita penyakit kanker pankreas. Adanya Jaundice ini sendiri terjadi karena bilirubin yang merupakan zat kuning cokelat yang diproduksi oleh hati menumpuk pada saluran empedu. 

Maka akibat terdapat jaringan sel yang abnormal dan tumbuh. Gejala tersebut kadang disertai juga dengan urine berwarna gelap, feses warna pucat atau berminyak, dan kulit gatal. Hal ini dapat menjadi penanda kalau kanker sudah mencapai hati.

Nyeri punggung atau sakit perut 

Umumnya kanker pankreas menyebabkan gejala seperti sakit perut dan nyeri punggung juga. Sel abnormal muncul pada ekor pankreas, bisa tumbuh hingga besar dan lalu mulai menekan saraf dan organ terdekat sehingga hasilnya bisa merasa nyeri.

Muntah dan mual

Jika tumor menekan bagian ujung perut, hal ini bisa membuat makanan akan susah masuk. Maka akibatnya, penderita kanker pankreas akan terus mengalami gejala berupa mual atau muntah. Pada jangka panjang, bisa menurunkan nafsu makanan dan berat penderita akan menurun drastis.

Hati dan kantung empedu membengkak

Adanya sel kanker sebagai sumber penyumbatan saluran empedu bisa menyebabkan cairan empedu akan menumpuk. Maka akibatnya, bisa saja ukuran empedu menjadi lebih besar. 

Kadang dokter dapat merasakan pembengkakan tersebut, yakni terdapat benjolan besar pada bagian sisi kanannya tulang rusuk. Di samping itu, gejala kanker pankreas yang turut akan dirasakan yaitu perbesaran hati. 

Adanya kondisi ini bisa menunjukkan gejala stadium akhir kanker pankreas karena kanker telah menyebar ke salah satu organ sehat. 

Pembekuan darah

Kondisi ini ditandai dengan rasa nyeri, kemerahan, bengkak, dan juga kaki yang terasa hangat. Jika gumpalan darah sudah pecah dan lalu mengalir ke organ paru-paru, penderita sulit bernapas serta nyeri dada.

 

Baca Juga  Contoh Soal UTUL UGM

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X