ArtikelreviewTips

Hal-hal yang Dapat Menghanguskan Garansi Sepeda Motor Anda

Setiap pembelian unit sepeda motor baru dapat dipastikan konsumen akan memperoleh fasilitas garansi dari pabrikan. Sebagai contoh, Yamaha selalu memberikan buku servis kepada setiap pembelian unit sepeda motornya.  Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi konsumen Yamaha demi keamanan dan kenyamanan mengendarai sepeda motornya dalam jangka panjang.

Garansi ini bisa berbagai macam. Ada yang penggantian spare part yang rusak pada masa tertentu ataupun perawatan secara berkala. Penggantian komponen spare part ini merupakan bentuk tanggung jawab dealer kepada konsumen.

Dengan adanya garansi, konsumen merasa tenang membeli suatu produk. Tidak takut mendapatkan unit sepeda motor yang cacat ketika produksi. Dengan kata lain, antara pabrikan dan konsumen terjalin hubungan saling menguntungkan dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hak klaim garansi yang akan Anda lakukan dapat berjalan baik. Hal ini tidak lepas dari tanggung jawab seorang konsumen pada barang yang mereka gunakan apakah sesuai buku manual atau tidak. Beberapa hal tersebut antara lain:

  • Buku Servis Hilang

Klaim garansi tentu tidak dapat ditindaklanjuti apabila buku servis kendaraan tidak ada. Dari buku servis dealer dapat mengetahui data tentang prosedur apa saja yang telah dilalui suatu kendaraan hingga dapat terjadi sebuah kerusakan. Maka dari itu, disarankan untuk menyimpan buku servis di tempat yang aman dan sebaik mungkin. Walaupun terbilang sepele, namun kejadian kehilangan buku servis sering terjadi.

  • Pemakaian Unit Sepeda Motor yang Tidak Sesuai Buku Manual
Baca Juga  Dari Manfaat Sampai Rekomendasi Perlengkapan Joging Yang Perlu Kita Ketahui

Pemakaian sepeda motor yang tidak sesuai peruntukannya adalah penyebab dealer menolak klaim garansi. Sebagai contoh, motor Yamaha Mio Fino yang seharusnya difungsikan untuk kegiatan sehari-hari malah dipakai untuk balapan. Besarnya resiko yang timbul akibat pemakaian tersebut tidak akan bisa ditanggung dalam ketentuan beban garansi. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan kendaraan bermotor sesuai dengan fungsinya. Selain lebih aman saat berkendara, Anda juga akan bisa merasakan fasilitas garansi pabrikan di dealer resmi.

  • Modifikasi

Sebagian orang mungkin gemar mengutak-atik kendaraannya sesuai dengan gaya kesukaannya. Tidak dapat dipungkiri hal ini juga berpotensi menyebabkan beberapa masalah pada kendaraan. Pemakaian spare part yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan tentu akan berpengaruh pada umur kendaraan. Sebagai contoh penggantian ban, ring velg dan komponen kelistrikan. Penggantian lampu yang tidak sesuai pabrikan atau spare part asli tentu mempengaruhi mekanisme kelistrikan kendaraan. Maka dari itu, pakailah spare part resmi yang sudah berstandar keamanan dan kualitasnya.

  • Servis di Bengkel Tidak Resmi
Baca Juga  Menapaki Jalan Menuju Kampus Impian : Tips Memilih Jurusan Kuliah

Kondisi yang tidak terduga di tengah perjalanan seperti mogok tentu tidak kita harapkan. Namun, hal ini tentu tidak menutup kemungkinan pernah kita alami. Meskipun begitu, usahakan selalu mencari dealer resmi saat sepeda motor Yamaha anda membutuhkan perawatan atau saat sedang terjadi kerusakan.

Melakukan perbaikan kendaraan pada bengkel yang yang tidak resmi ternyata salah satu penyebab ditolaknya klaim garansi. Dealer resmi tentu tidak mau bertanggung jawab dengan kesalahan penanganan yang dilakukan oleh pihak di luar mereka. Kita pun tidak tahu standar yang digunakan bengkel tidak resmi, apakah sama seperti di dealer resmi atau malah sebaliknya. Mulailah berpikir jauh karena salah mengambil langkah akan merusak masa garansi sepeda motor Anda.

Demikian beberapa hal yang harus Anda cermati pada saat menggunakan kendaraan bermotor agar klaim garansi tidak ditolak. Tetaplah menjadi pengendara yang taat aturan tidak hanya di jalan, tetapi juga dalam merawat sepeda motor kesayangan anda.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X