Artikel

Hindari Penyakit Retina Mata yang Bisa Memicu Kebutaan

Gak bisa dibantah bahwa mata adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, mata harus dijaga dengan baik agar terhindar dari segala gangguan atau penyakit yang biasa menyerang termasuk gangguan retina mata.

Retina sendiri adalah dinding mata yang terletak di sebelah dalam atau lapisan jaringan di bagian belakang mata bertugas menangkap cahaya yang dikirim ke otak untuk bisa melihat objek. Jika retina mata rusak, maka penglihatan manusia akan terganggu.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyakit retina mata yang harus dihindari. Jika retina mata sudah terganggu, maka akan berdampak besar terhadap penglihatan bahkan bisa menimbulkan kebutaan.

  1. Ablasi retina

Salah satu penyakit retina mata adalah ablasi atau terlepasnya retina dari bagian belakang. Ablasi juga terjadi karena adanya rembesan cairan masuk sehingga retina terangkat dari penyangganya.

Kondisi ini cukup serius karena ketika retina lepas, maka sel mata berpotensi kekurangan oksigen. Kondisi ini juga bisa sangat mengganggu penglihatan bahkan bisa memicu kebutaan.

Kondisi ablasi retina bisa disebut darurat medis. Dengan demikian jika Anda mengalami ablasi retina, maka segeralah pergi ke dokter.

  1. Retinopati Diabetik

Waspada bagi pengidap diabetes melitus. Pasalnya, penyakit ini berpotensi timbulnya gangguan pembuluh darah pada retina mata atau yang disebut retinopati diabetik. Kondisi ini juga memicu kebutaan bagi penderita retinopati diabetik.

Untuk menghindarinya, para pengidap diabetes melitus bisa memeriksa mata secara berkala dengan melakukan skrining. Selain itu, pengidap harus pandai menjaga kadar gula darah, kadar kolesterol, menjauhi minuman beralkohol hingga rutin mengonsumsi makanan bergizi.

  1. Degenerasi Makula
Baca Juga  Deretan Nama-nama Yang Memiliki Arti Bagus

Retina mata rusak juga bisa disebabkan oleh degenerasi makula atau gangguan pada pusat retina. Kondisi ini biasanya dialami orangtua di atas usia 60 tahun. Biasanya para orangtua akan merasa buram saat melakukan penglihatan sehingga bisa berdampak terhadap gangguan kemampuan saat membaca, menulis, hingga sedang menyetir.

ndisi degenerasi makula terjadi karena beberapa faktor mulai dari seringnya terpapar sinar matahari, turunan dari anggota keluarga, obesitas, hipertensi hingga kebiasaan merokok. Umumnya, kasus ini terjadi karena seseorang sudah memasuki usia tua.

  1. Retinitis Pigmentosa

Penyakit retina mata yang harus dihindari adalah retinitis pigmentosa. Penyakit ini menyerang sel batang pada retina sehingga berdampak pada hilangnya penglihatan seseorang dan juga bisa berdampak pada kebutaan.

Hingga kini, penyebab retinitis pigmentosa belum diketahui. Namun kalangan dokter menduga kondisi ini terjadi karena ada mutasi gen yang mengendalikan sel batang pada retina sehingga memicu gangguan.

  1. Lubang Makula

Waspada terhadap laser hijau yang sering dijadikan mainan. Jangan sengaja pernah menatapnya lama-lama. Pasalnya, benda tersebut bisa memicu kerusakan retina mata yakni lubang makula, di mana penglihatan seseorang kabur.

Lubang makula yaitu kondisi kelainan yang terjadi di tengah retina mata akibat cedera pada mata. Sebuah kasus terjadi pada seorang bocah laki-laki di Larissa, Yunani yang bermasalah pada penglihatannya akibat bermain laser sehingga berdampak terjadinya lubang makula.

Tips menjaga kesehatan retina mata

Di atas telah dijelaskan beberapa penyakit retina mata yang bisa memicu kebutaan. Untuk mencegah hal-hal di atas terjadi, berikut beberapa tips agar retina mata tetap sehat terjaga.

Baca Juga  7 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Pola makan

Asupan makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Untuk itu, pola makan harus diperhatikan. Sebaiknya penuhi nutrisi dan mineral yang dibutuhkan mata dan tubuh. Rajin-rajinlah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A,C dan E.

Berhenti merokok

Selain diyakini bisa merusak paru-paru, merokok juga membahayakan mata. Pasalnya, nikotin dalam rokok mampu menghambat sirkulasi darah ke retina juga bisa merusak pembuluh darah di area mata. Selain itu, ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga retina mata tetap sehat. Di antaranya adalah olahraga mata, kurangi stres, dan menjaga mata dari paparan sinar matahari langsung dengan kacamata pelindung.

Seperti dijelaskan di atas, jangan lupa untuk rutin memeriksa mata ke dokter. Salah satu klinik khusus mata terbaik di Indonesia adalah KMN EyeCare. Klinik memiliki berbagai layanan khusus untuk mata seperti katarak, glaukoma, strabismus atau mata juling, oftalmologi umum dan tentunya retina.

Tak hanya itu, pelayanan KMN EyeCare juga tak hanya mengobati, melainkan memberikan pelayanan perawatan kesehatan mata yang luas dan terpadu. Dan yang tak kalah penting, dokter-dokter mata di KMN EyeCare didukung oleh dokter yang berpengalaman, berkualitas dan terbaik di Indonesia. KMN EyeCare terdapat di beberapa wilayah Jakarta yakni Kemayoran, Kebon Jeruk, Pantai Indah Kapuk dan juga luar Jakarta yakni di Semarang.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X