Ilmu Komunikasi UNY Meliterasi Gunungkidul | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Ilmu Komunikasi UNY Meliterasi Gunungkidul

Ilmu Komunikasi UNY Meliterasi Gunungkidul

Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (HIMAKOM UNY) berhasil melaksanakan pembukaan Pengabdian Masyarakat bertemakan Literasi Media pada Selasa (24/4) di Alun-Alun Kabupaten Gunungkidul. Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh 110 Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Dyna Herlina Suwarto, M. Sc, delay perwakilan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, & Olahraga Bahron Rasyid, S.Pd., M.M. dan Ir. Drajad Ruswandono, M.T., selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul yang mewakili Bupati Gunungkidul. Acara diawali dengan sambutan dari Dyna Herlina Suwarto M.Sc., dan dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Daerah. Diakhir serangkaian sambutan, acara dibuka secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Bapak Drajad Ruswandono yang menandakan kegiatan pengabdian masyarakat sudah resmi dimulai. Hal ini menandakan bahwa Mahasiwa Ilmu Komunikasi UNY siap sedia untuk berbagi ilmu kepada masyarakat dalam kurun waktu satu minggu mendatang.

Baca Juga  Tim Putri UNY Raih Peringkat 3 LIMA Futsal Nasional 2015

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan sebuah program kerja yang dilaksanakan secara rutin oleh HIMAKOM UNY disetiap tahunnya. Hal ini tak lain merupakan realisasi mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam menerapkan tri dharma peguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Bagaimana mahasiswa dapat berkontribusi terhadap kehidupan bermasyarakat dan berbagi ilmu kepada masyarakat untuk menigkatkan kecerdasan bangsa. Pada pengabdian masyarakat kali ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY akan menyebar ke berbagai sudut di Kabupaten Gunungkidul dan memasuki beberapa sekolah untuk merealisasikan program yang mereka usung.

Tahun ini, program pengabdian masyarakat literasi media mengusung judul “Bijak Bermedia, Untuk Indonesia”. Dengan semangat literasi, program pengabdian masyarakat tahun ini direncanakan lebih progresif dan meluas dari tahun lalu agar dampak yang diberikan dapat lebih menyeluruh kepada masyarakat Gunungkidul khususnya pelajar. Program pengabdian masyarakat ini dilatar belakangi oleh keresahan mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY terhadap banyaknya disinformasi dan ujaran kebencian yang beredar di era keterbukaan informasi. Tak hanya itu, gerakan literasi media ini dilakukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat betapa pentingnya pengetahuan bermedia.

Baca Juga  Garuda UNY Naik Group A Kompetisi Internasional

Dari jumlah mahasiwa yang ada, mereka akan dibagi dalam 15 kelompok dengan mengusung satu tema dari 7 topik besar literasi media. Topik tersebut diantaranya adalah media cetak, media penyiaran, media digital, berita informasi dan hiburan, gender & multikultural, politik & kewarganegaraan, dan pornografi & kekerasan. Literasi media yang dilakukan mereka berbentuk sebuah workshop untuk meningkatkan kemampuan mengakses, menganalisa, mengevaluasi, dan memproduksi media bagi masyarakat yang menjadi sasaran literasi. Tim literasi media ini akan disebar ke 1 instansi pendidikan dasar, 8 instansi pendidikan menengah, 1 instansi pendidikan tinggi, dan 1 panti asuhan yang tersebar di Gunungkidul. Adapun lokasi yang disasar adalah sebagai berikut SDN Wonosari Baru, SMAN 2 Playen, SMAN 2 Pembangunan Karangmojo, SMA 2 Karangmojo, SMAN 1 Playen, SMAN 2 Wonosari, SMAN Dominikus Wonosari, MAN Wonosari, SMKN 1 Wonosari, Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta, dan Panti Asuhan Rumah Sejahtera.

Baca Juga  Lala, Mahasiswa Termuda UNY Berumur 15 Tahun 3 Bulan

Pihak Pemerintah Daerah Gunungkidul sangat mengapresiasi kegiatan yang mereka lakukan. “Sejak terbukanya kebebasan informasi dan teknologi media, pertumbuhan media massa dan media baru maju semakin cepat. Sehingga penetrasi media telah merambah ke berbagai sektor masyarakat. Sehingga hal ini dapat merubah gaya hidup banyarakat. Oleh karena itu, media sangat mempengaruhi budaya khalayak yang sekarang terjadi. Sehingga, dibutuhkan sebuah literasi media untuk melindungi konsumen dan masyarakat yang rentan akan konten media. Dengan begitu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pembelajaran  bermedia oleh masyarakat kami seiring dengan pesatnya arus informasi yang ada.  ” Ucap Sekretaris Daerah Gunungkidul.(harry P)

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

PRE ORDER UNY Merchandise

Buat dirimu MABA, Mahasiswa Ataupun Alumni Buat dirimu yang pengen punya UNY Merchandise. Buat dirimu …