Ingin Aktif Berkontribusi Melestarikan Tradisi ? Bergabunglah Menjadi 'Warga Baru' KAMASETRA UNY | UNY COMMUNITY
Thursday , 18 October 2018
Home / Pojok #UNYu / Ingin Aktif Berkontribusi Melestarikan Tradisi ? Bergabunglah Menjadi ‘Warga Baru’ KAMASETRA UNY

Ingin Aktif Berkontribusi Melestarikan Tradisi ? Bergabunglah Menjadi ‘Warga Baru’ KAMASETRA UNY

Salam Rahayu !

Dalam beragam sudut pandang khususnya pada abad 21 seperti sekarang ini, dimensi budaya menjadi sama pentingnya dengan khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi .Suatu bangsa yang ingin bertahan dalam kompetisi secara global, tidak cukup hanya mengandalkan kekuatan data dan informasi melainkan juga harus ‘bertahan’ dalam mengembangkan dan melestarikan seni tradisi.

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai ,rumah intelektual juga memberikan pandangannya kepada bagaimana inovasi dan kreativitas ‘nyeni’  tetap dapat terolah, tersampaikan, dan  dapat diekspresikan. Melalui  aktivitas-aktivitas semacam ‘ekskul kampus’, UNY memantapkan langkah menjadi salah satu pionir perguruan tinggi yang memberikan wadah sekaligus kesempatan yang luas kepada para mahasiswanya untuk mengembangkan bakat dan minat khususnya dalam bidang kesenian dan tradisi.

pic : instagram.com/kamasetrauny/

Salah satunya ,melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat universitas KAMASETRA .KAMASETRA  dipilih untuk menjadi akronim dari ‘Keluarga Mahasiswa Seni Tradisi’, sebuah keluarga mahasiswa yang bergerak dalam seni tari ,karawitan ,teater tradisional ,hingga pedhalangan.

Baca Juga  4 Aksi Anak Kost Yang Egois

Lalu bagaimana seluk beluk mengenai  UKM KAMASETRA ? Mari , sama-sama kita berkenalan

  1. Selayang Pandang : Sejarah Singkat UKM KAMASETRA

Sebagai organisasi yang bergerak di bawah panji-panji kelembagaan UNY , Induk UKM Kamasetra telah lama terbentuk dalam hiruk – pikuk aktivitas kemahasiswaan .Ialah UST-KRW sebagai unit seni tari dan karawitan yang menjadi cikal bakal UKM KAMASETRA.

Secara resmi,UKM KAMASETRA lahir pada 21 Maret 1982 . Sudah lebih dari 30 tahun ,UKM KAMASETRA menempa warganya tidak hanya menjadi seorang ‘pengerti ‘ seni tetapi juga pelaku dan pelestari seni  dan tradisi.

  1. Rumah Warga KAMASETRA Ada Dimana ?

Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat universitas, UKM KAMASETRA bermarkas di Student Center Lantai Satu, Sayap Barat. Student Center ada di sebelah Garden Cafe dan Masjid Kampus, Masjid Mujahidin.

Jadi jangan bingung lagi ya ketika nanti ada pembukaan warga baru !

 See You !

  1. Divisi-Divisi UKM KAMASETRA Sebagai ‘Wakil’ Rumah Budaya dan Seni Indonesia

“Sayek Saekapraya Keluarga Mahasiswa, Ingkang Nami KAMASETRA ,Universitas Negeri Yogyakarta. Pancen nyata wus kawentar, paramudha ngudi ngelmu anyengkuyung budhayane Indonesia “

Baca Juga  Cara Jitu Mempersiapkan Diri di Tahun Baru 2016

Petikan kalimat diatas adalah bukti semangat berkesenian warga UKM KAMASETRA. UKM KAMASETRA telah bertekad menjadi wadah bagi para civitas akademika UNY dan tidak terbatas hanya untuk mahasiswa-mahasiswa yang berkecimpung dalam Fakultas Bahasa dan Seni. UKM Kamasetra juga banyak diisi oleh mahasiswa-mahasiswa dari FIP dan FMIPA sekaligus tentunya dari mahasiswa fakultas lain.

Hingga berdiri saat ini, UKM KAMASETRA secara teknis memiliki divisi-divisi di bidang seni maupun bidang non-kesenian.

Dalam bidang seni, divisi-divisi dibagi kembali menjadi ‘rukun warga ‘ atau unit yang lebih kecil lagi. Divisi tersebut meliputi empat bidang yaitu bidang seni tari, bidang karawitan, bidang teater tradisional ,dan bidang pedalangan.

Baca Juga  Hai Mahasiswa, 12 Part Time Berikut Wajib Kamu Coba Untuk Memantik Potensi Mandirimu

Beralih pada bidang non kesenian, UKM KAMASETRA membawahi unit-unit kecil yaitu dalam bidang penelitian dan pengembangan (LITBANG), bidang sarana dan prasarana (SAPRAS) serta bidang Kesejahteraan Warga (KESRA).

  1. For Your Information GUYS ! Ada Apa Dengan UKM KAMASETRA ?

UKM KAMASETRA akan segera membuka penerimaan warga baru . Dan beruntungnya penulis mendapat ‘bocoran’ jika akan ada event Pentas Uji Warga.

Sebuah  pementasan dan kolaborasi apik dari para ‘warga ’ UKM KAMASETRA. Pasti akan menjadi agenda yang menarik dan seru !

Untuk informasi lebih lanjut ,bisa dilihat melalui portal resmi UKM KAMASETRA di instagram @Kamasetrauny .

*****

UKM KAMASETRA akan tetap maju dalam mengibarkan panji-panji seni dan tradisi. Di berbagai tempat dan di berbagai kesempatan baik dalam kampus maupun langsung di masyarakat luas sebagai bukti dan wujud bakti organisasi.

**

UKM KAMASETRA!

Jaya Raya Sentosa !

About Tentrem Restu Werdhani

(Pribadi yang kebetulan suka nulis ). Belajar dan berproses di jurusan Pendidikan Luar Sekolah 2017. Bisa diikuti kegiatannya di instagram @Pramudhiyawardhani

Check Also

Kamu Mahasiswa Semester Lima ? Ini Dia Kiat Sukses Menghadapi Microteaching

Hallo, apa kabar rekan-rekan mahasiswa UNY? Bagaimana kesan minggu pertama kuliahmu semester ini ? Semoga …