OpiniPojok #UNYu

Ingin Hidup Bahagia? Berbuat Baiklah!

Membahas tentang kebahagiaan pasti tidak ada habisnya, semua orang yang hidup di muka bumi ini pasti ingin merasakan dan berusaha mengejar kebahagiaan. Sebagian orang berpikir bahwa kebahagian hanya bisa didapatkan dengan uang, namun ada satu hal sederhana dan murah yang bisa dilakukan manusia untuk mendapatkan kebahagiaaan, yaitu melakukan kebaikan dengan sesama.

happy

Menurut Psikologi terkemuka, Abraham Harold Maslow (1908-1970) salah satu kebutuhan dasar manusia adalah aktualisasi diri, pada tingkatan ini, seseorang akan berusaha “melupakan” dirinya, dengan semata-mata ingin memberi manfaat sebesar-besarnya pada orang lain. Pada tahap ini seseorang berusaha melakukan kebaikan dengan ikhlas pada orang lain.

Melakukan kebaikan juga memberikan perasaan tertentu yang akan memberi perasaan lebih nyaman dan lebih baik. Mengambilkan barang jatuh, membantu orang lain menyeberang, hal-hal kecil yang mampu membuat kita merasa lebih baik. Kebaikan juga akan selalu menularkan kebaikan, begitu juga sebaliknya. Setiap seseorang melakukan kebaikan akan memberikan perasaan yang positif baginya. Selain itu juga akan “menularkan” keinginan untuk melakukan kebaikan meniru kebaikan yang diterima atau dilihatnya.

Baca Juga  Habis Terbakar Terbitlah Sawit

Berbanding lurus dengan kebaikan yang dilakukan, maka hubungan akan terjalian lebih erat antara orang yang memberi kebaikan dan penerima kebaikan tersebut.  Luar biasa bukan manfaat dari berbuat baik, yuk mulai sekarang kita sama-sama berbuat baik!

Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Related Articles

Back to top button
Close
X