Pojok #UNYuTips

Ingin Kuliah Daring Kamu Nyaman dan Tidak Membosankan? Coba Tips ini

Hai, sobat #UNYu sepertinya semester ini kuliah masih dilaksanakan secara daring nih sedih rasanya belum bisa belajar bareng teman-teman langsung. Tapi gak papa ini demi kebaikan kita semua dan semoga pandemi cepat berakhir ya. Nah, aku ada tips & trik buat kalian biar kuliah daring di rumah gak ngebosenin. Yuk, simak baik-baik yaaa!

Pertama, siapkan alat tulis

Menurutku memiliki alat tulis yang lengkap dan jenis yang menarik membuat kita semakin semangat. Contohnya kita punya stabilo warna-warni nah itu bisa buat nge-highlight tulisan kita menjadi menarik saat membacanya tulisan menjadi bervariasi tidak membosankan. Bisa juga dengan membeli alat tulis dengan gambar dan warna kesukaan kalian, dengan ini kita akan lebih semangat dalam belajar.

Kedua, buat ruangan menjadi rapi

Ini nih yang penting karena kebersihan sebagian dari iman, maka dari itu ruangan yang bersih dan rapi bisa membuat kita nyaman untuk belajar di sana. Paling sering sih aku belajar di kamar karena lebih tenang dan nyaman, maka dari itu kamar selalu ditata rapi atau bisa didekor sesuai keinginan biar kita merasa nyaman dan betah belajar di kamar. Sebaiknya di ruangan belajar kita ada meja belajar agar tidak bingung kalau mau cari tempat belajar, oh iya kalau belajar di kamar jangan sambil tiduran nanti gak fokus ke belajar malah fokus ke rebahan hihihi.

Baca Juga  Kenali Program Studi Kebijakan Pendidikan, Prodi S1 Rasa S2

Ketiga, list kegiatan yang akan dilakukan

Untuk mempermudah mengingat kegiatan yang akan dilakukan sehari-hari sebaiknya kita menulis jadwal kuliah kita, tulisannya bisa dipajang ditembok atau meja belajar agar lebih terlihat jelas. Kita bisa juga membuat list jurnal dibuku catatan untuk kegiatan sehari-hari, mencentangi yang sudah terlaksana sehingga kegiatan kita tersusun teratur dan tidak ada yang terlewat. Buat list catatan dengan tulisan dan gambar semenarik mungkin agar dapat menimbulkan semangat belajarnya.

Keempat, on time

Sebelum pembelajaran di mulai kita bisa menyiapkan dulu apa yang dibutuhkan, misalnya menyiapkan laptop atau hp yang digunakan untuk pembelajaran daring, buku untuk mencatat materi yang penting, pakaian yang rapi, dan lain-lain yang sekiranya dibutuhkan. Nah, dengan demikian saat proses pembelajaran akan dimulai oleh dosen kita sudah siap dan tidak tergesa-gesa sehingga proses belajar menjadi lebih nyaman.

Baca Juga  Kata Siapa Sulit Merintis Usaha Saat Masih Menjadi Mahasiswa? Kamu Cukup Melakukan 6 Tips Ini!

Kelima, menyiapkan minum dan makanan ringan

Untuk yang terakhir agar lebih nikmat dalam belajarnya kita bisa menyiapkan camilan biar gak bosen, tapi ingat ya tau waktu kalau dosennya lagi jelasin ya jangan sampai kalian malah makan sama minum tetap fokus ke pelajarannya. Intinya cari wkatu yang pas, kalau bisa waktu istirahat di jam pergantian matkul itu lebih aman hehehe.

Nah, itu tadi cara-caraku agar kuliah daring lebih nyaman dan tidak membosankan. Okay teman-teman cukup sekian tips & triknya mohon maaf jika ada salah kata terimakasih.

Silvia Adisty

Mahasiswi PLS UNY 2020

Related Articles

Back to top button
X