Artikel

Ingin Sewa Rumah? Perhatikan Tips Berikut

Seringkali orang-orang mempersiapkan masa mendatang dengan cara menabung untuk membeli hunian permanen. Sementara menyiapkan hunian permanen, sewa rumah menjadi pilihan bagi yang ingin mendapatkan tempat tinggal yang nyaman. Rumah sewa juga cocok untuk Anda yang memiliki keluarga kecil dan menginginkan beberapa fasilitas tanpa harus memakan banyak waktu dan biaya. Selain hemat waktu dan biaya, sewa rumah juga lebih praktis dan efisien serta banyak keunggulan sewa rumah lainnya. Di masa modern ini, Anda bisa dengan mudah mencari rumah sewa.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin sewa rumah, antara lain sebagai berikut.

Buat Daftar Pilihan Tempat Sewa

Penting bagi Anda untuk mencari informasi beberapa tempat sewa rumah yang terpercaya. Anda bisa mencari informasi di internet atau surveir langsung. Jika Anda mencari informasi di internet pastikan Anda mengetahui spesifikasi lengkap rumah tersebut meliputi lokasi, fasilitas, harga dan kontak yang dapat dihubungi. Pertimbangkan baik-baik tempat sewa mana yang cocok, berdasarkan kualitas, lokasi dan harga, misalnya Anda ingin menyewa di kawasan Pondok Indah, Anda bisa menuliskan kata kunci di mesin pencari berkaitan tentang sewa rumah di pondok indah.  Jika ada yang kurang jelas, kamu bisa menghubungi kontak yang tertera dan meminta detail foto isi rumah. Jika lokasi dapat dijangkau saat survei, Anda bisa langsung survei tempat dan melihat detail, survei sangat membantu Anda untuk menemukan rumah sewa yang tepat.

Baca Juga  Deretan Nama-nama Yang Memiliki Arti Bagus

Daftar pilihan tempat sewa ini juga bisa Anda gunakan untuk membandingkan beberapa aspek di atas. Buat kriteria pilihan Anda, misalnya terdiri dari tiga kamar tidur, ada garasi, dan balkon. Anda bisa menyeleksi beberapa hasil temuan Anda berdasarkan kriteria yang Anda buat, coret tempat persewaan yang tidak memenuhi kriteria.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat ingin menyewa rumah, lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Biasanya kita tergiur dengan fasilitas rumah sewa namun dengan harga yang selangit. Sesuaikan pilihanmu dengan kebutuhanmu, sehingga kamu bisa lebih hemat dan anggarannya bisa ditabung untuk kebutuhan lain atau untuk membeli hunian permanen.

Pertimbangkan Biaya Sewa

Biaya sewa merupakan poin yang memerlukan pertimbangan yang serius. Cermati biaya sewa, apakah sesuai dengan fasilitas yang disediakan. Sah-sah saja jika Anda menanyakan kesesuaian biaya sewa dengan fasilitas yang diberikan. Tanyakan juga bagaimana sistem pembayarannya, bisa diangsur atau tidak dan idealnya diangsur berapa kali.

Baca Juga  Gambar Mobil Avanza Veloz Menampilkan Upgrade di Beberapa Sektor

Teliti Rumah Sebelum Menyewa

Setiap orang tentunya menginginkan tempat tinggal yang aman dan nyaman, begitu juga di rumah sewa. Agar mendapatkan rumah sewa yang aman dan nyaman, sebelum menyewa, perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Cek dan teliti kondisi fisik rumah tersebut, baik interior maupun eksterior. Pastikan kelayakan rumah yang akan disewa. Anda juga perlu memperjelas hak kepemilikan agar dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Perhatikan Ketentuan dan Perjanjian Sewa

Sebelum menyewa rumah, tentunya ada perjanjian sewa yang biasanya diajukan oleh penyedia jasa sewa dan disepakati bersama oleh penyewa. Baca dan pahami baik-baik ketentuan dan perjanjian sewa rumah sebelum menyetujui dan menandatangani perjanjian tersebut, agar transaksi sewa rumah dapat menguntungkan kedua belah pihak dan tidak merugikan salah satu pihak.

Kelima tips di atas bisa membantu Anda untuk lebih prima dalam memilih rumah yang akan Anda sewa. Ada baiknya jika Anda mempertimbangkan matang-matang segala aspek dalam menyewa rumah idaman Anda.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X