Artikel

Ingin Transaksi Praktis? Daftar QRIS Gratis di SootanPay!

Siapa yang tak asing dengan istilah QRIS? Sudah cukup banyak supermarket, rumah makan, dan toko yang menyediakan layanan pembayaran QRIS. Bahkan, warung makan sederhana hingga konter pulsa juga tak ketinggalan memberikan fasilitas pembayaran QRIS.

 Apa itu QRIS?

Biar makin paham, kamu perlu banget nih tahu konsep QRIS. Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. Industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia mengembangkan QRIS supaya proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan aman. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran juga wajib menerapkan QRIS.

Siapa yang Menggunakan QRIS?

QRIS dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang menginginkan proses pembayaran menjadi lebih praktis. Dengan metode QRIS, transaksi antara pembeli dengan penjual dapat dilakukan secara cashless. Hal tersebut tentu sangat membawa manfaat ketika situasi pandemi Covid-19 kemarin yang mengharuskan untuk meminimalisir aktivitas kontak langsung. Kini, metode transaksi dengan QRIS dianggap lebih mudah, cepat, dan aman. Pihak penjual (merchant) hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari Bank Indonesia​. Kemudian, penjual sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Kenapa Harus Pakai QRIS?

Perkembangan di bidang teknologi memang membawa manfaat positif bagi para pemakainya. Kehadiran QRIS mampu memudahkan semua orang yang ingin bertransaksi secara cashless. Para merchant (penjual) juga dapat memanfaatkan QRIS untuk menerima pembayaran dari pembeli dengan cepat, praktis, dan tetap aman.

Apa Keuntungan Pakai QRIS?

Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan QRIS. Berikut ini adalah keuntungan pembayaran QRIS bagi penjual (merchant) dan pembeli.

  1. Lebih mudah dan cepat

Pembeli tinggal pindai/scan barcode QR Code yang disediakan oleh merchant. Pemindaian bisa menggunakan fitur yang ada di mobile banking atau pun e-wallet. Asalkan smartphone  memiliki koneksi internet yang stabil, proses pembayaran tidak akan memakan waktu lebih dari 1 menit. Praktis sekali, bukan?

  1. Tidak perlu repot mengurusi uang kembalian

Saat melakukan pembayaran dengan QRIS, pembeli dapat membayar sesuai nominal yang tertera. Dengan begitu, penjual dapat langsung menerima uang sesuai nominal tanpa perlu repot mengurusi uang kembalian.

  1. Lebih aman dan mengurangi peredaran uang palsu
Baca Juga  Inspirasi Nama Kucing Betina sesuai Karakter si Kucing

Saat membayar, pembeli akan menggunakan saldo yang ada di mobile banking atau e-wallet. Jadi, dapat dipastikan bahwa uang yang dipakai adalah uang asli. Lalu, saat melakukan pembayaran, pembeli juga bisa mengoreksi kembali nama tujuan pembayarannya apakah sesuai dengan nama merchant/tidak. Tak lupa, setiap transaksi dengan QRIS pasti melibatkan PIN atau kode untuk persetujuan. Oleh sebab itu, pembayaran QRIS bisa terjamin keamanannya.

Cara Mudah Membuat QRIS Gratis di SooltanPay

Setelah tahu keuntungannya, pasti kamu jadi makin paham mengapa saat ini banyak penjual (merchant) yang menyediakan fasilitas pembayaran QRIS. Nah, kalau kamu adalah penjual (merchant) yang ingin menambah kemudahan pembayaran bagi pembeli, kamu bisa segera buat QRIS di sooltanPay. SooltanPay ialah aplikasi usaha yang punya banyak fitur seperti pembayaran QRIS gratis yang sudah terintegrasi dengan Bank Indonesia, top-up & tagihan untuk tambahan penghasilan dan produk toko aplikasi kasir untuk pencatatan transaksi penjualan tokomu. Dengan sooltanPay, para pelaku UMKM bisa lebih praktis dalam menyediakan alternatif pembayaran, mendapatan tambahan penghasilan & efisiensi operasional bisnis sehari-hari.

Lalu, gimana cara membuat QRIS di sooltanPay? Simak tutorial berikut ini, ya.

  1. Kunjungi laman resmi sooltanpay.id dan klik “Daftar Gratis”.
  2. Isi nama lengkap, nomor handphone, dan kode referral. Kabar gembiranya, kamu bisa menggunakan kode referral “PROMOQRIS” untuk mendapatkan saldo Rp15.000.
  3. Pilih metode pengiriman OTP (bisa melalui SMS atau WhatsApp). Pastikan penulisan nomor handphone kamu sudah benar.
  4. Setelah menerima kode OTP, silakan isi kode OTP dan klik “Selanjutnya”. Ingat! Jangan pernah sebarkan kode OTP pada siapa pun.
  5. Setelah kode OTP berhasil dimasukkan, kamu akan diarahkan untuk membuat PIN. Buatlah PIN dengan kombinasi yang unik. Jika selesai, silakan klik “Selanjutnya”.
  6. Kemudian, kamu akan diberikan informasi mengenai syarat dan ketentuan dari sooltanPay. Harap dibaca dan dipahami baik-baik, ya. Salah satu informasi yang perlu disimak adalah sooltanPay berhak memblokir akun pengguna apabila terbukti bahwa produk toko termasuk barang-barang seperti alat cetak pos, alkohol, artefak/ barang antik, bagian/ organ manusia, barang curian, barang dengan label salah, barang lain yang melanggar hukum Indonesia, barang mistis, barang yang berhubungan dengan kepolisian/militer, barang yang diembargo, barang yang mengandung unsur SARA, barang yang mudah meledak atau terbakar, binatang peliharaan/liar, buku/CD/DVD/software bajakan, dan sebagainya. Jika sudah membaca syarat dan ketentuan, silakan klik “Setuju”.
Baca Juga  Melihat Masa Depan NFT, Aset Kripto yang Mulai Populer

keuntungan memakai QRIS di sooltanPay

Selamat! Kamu sudah resmi memiliki akun sooltanPay. Agar mendapatkan banyak keuntungan saat memakai QRIS di sooltanPay, kamu perlu meng-upgrade akun menjadi premium. Dengan upgrade ke akun premium, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti di bawah ini.

  • Gratis Upgrade Akun ke Premium
  • Proses Upgrade Akun 1×24 Jam di Hari Kerja
  • Komisi per transaksi 0% Request cetak QRIS resmi dari sooltanPay Terima Pembayaran QRIS dari Dompet Digital manapun
  • Pembayaran QRIS untuk semua transaksi
  • Top up e-Wallet (LinkAja, Dana, ShopeePay, dll)

Tak perlu khawatir, proses ini sangat mudah dan tentunya gratisss. Tanpa menunggu lama, inilah langkah untuk upgrade ke akun premium.

  1. Masuk akun sooltanPay kamu dan pilih “Upgrade Akun”.
  2. Isi nama lengkap sesuai KTP dan nomor KTP kamu.
  3. Unggah foto KTP dan selfie kamu saat memegang KTP.
  4. Isi alamat rumah/domisili.
  5. Lengkapi data rekening yang kamu gunakan untuk menerima pembayaran. Ingat, informasi data bank tersebut tidak bisa diubah ya. Usahakan rekening kamu selalu aktif.
  6. Masukkan informasi toko dan foto diri dengan tempat usaha atau produk. Jika kamu memiliki online shop, kamu bisa screenshot katalog, website, atau media sosial bisnismu.
  7. Masukkan alamat toko. Jika alamat tokomu sama dengan alamat rumah tinggalmu, centang pilihan “gunakan alamat rumah”.
  8. Terakhir, klik “Simpan” dan tunggu proses verifikasi selama 1×24 jam (hari kerja Senin-Jumat)

Ketentuan yang ada di QRIS

Proses pendaftaran QRIS perlu memerhatikan syarat dan ketentuan yang ada. Misalnya, sebagai penjual (merchant), kamu tidak boleh menjual produk bajakan, alkohol, narkoba, dan barang yang dilarang oleh hukum Indonesia. Selain itu, saat ingin mendaftarkan QRIS, pastikan kamu memilih penyelenggara QRIS yang sudah berizin Bank Indonesia (BI). SootanPay menjadi salah satu penyelenggara QRIS yang sudah memiliki izin dari BI. Bahkan, kamu bisa manfaatkan kode referral “UNYCOM” agar dapat saldo Rp15.000. Jadi, tunggu apalagi, manfaatkan kesempatan ini untuk Daftar QRIS

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X