Artikel

Ini Dia Alternatif Terbaik Untuk Kemasan Produk yang Ramah Lingkungan

Belakangan ini kesadaran masyarakat akan permasalahan lingkungan sudah mulai meningkat. Hal itu pun terbukti, dimana ada banyak kampanye pembatasan penggunaan plastik, entah itu di dunia maya maupun di dunia nyata. 

Alhasil, permintaan produk ramah lingkungan seperti sedotan stainless steel pun semakin meningkat. Selain sola produk, ide packaging ramah lingkungan juga bisa menghadirkan daya tarik tersendiri bagi konsumen lho. 

Perlu kalian ketahui, kemasan ramah lingkungan ini merupakan jenis packaging yang bahannya mudah diurai, dapat di daur ulang, dan tidak berbahaya untuk lingkungan maupun bagi manusia. Lantas, seperti apakah bahan kemasan produk yang ramah lingkungan?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai kemasan produk yang ramah lingkungan, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

  1. Kemasan Kardus

Jenis kemasan pertama yang sudah terbukti ramah lingkungan, yakni berupa kardus. Itu sebabnya, mengapa kardus selalu menjadi pilihan utama untuk mengemas berbagai jenis produk, seperti barang elektronik, material kayu, dan masih banyak lagi.

Tentu saja kamu juga bisa menggunakan kardus tersebut untuk mengemas barang-barang jualanmu. Dengan menggunakan kardus, kamu pun sudah termasuk salah satu orang yang berkontribusi terhadap lingkungan hidup. 

Tak hanya ramah untuk lingkungan, bahkan harga kardus juga sangat ramah dengan isi dompet kita lho. Adapun mengenai kapasitas ukurannya yang beragam, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Dengan begitu, kamu bisa memilih ukuran kardus yang sesuai dengan ukuran produknya. 

  1. Carton Box

Sekilas memang tidak ada yang berbeda antara tampilan kardus dengan carton box. Hanya saja, perbedaan diantara keduanya terdapat pada bagian tekstur. Ya, carton box memiliki tekstur yang lebih kuat dibanding kardus. 

Tak hanya unggul dari segi tekstur, bahkan tampilan carton box juga tampak sangat modis dan kekinian banget. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika carton box sering digunakan untuk kemasan produk makanan berwadah kaca, minuman botol kaca, dan produk-produk yang mudah pecah lainnya. 

Namun dari segi ukuran, tentu saja kardus menawarkan ukuran yang lebih bervariasi dari carton box.

  1. Kemasan Dari Tas Anyaman

Jenis kemasan ramah lingkungan ini berupa tas anyaman yang materialnya terbuat dari berbagai jenis bahan, seperti bahan daun pandan, daun eceng gongok, bambu rotan, hingga plastik.

Selain praktis dan ramah lingkungan, tas anyaman tersebut juga mengusung tampilan desain yang begitu modis dan natural. Tentu saja tas anyaman ini sangat cocok untuk kegiatan industri apa saja dalam mengemas berbagai produk danganmu. 

  1. Kemasan Tas Kain

Tas kain bisa terbuat dari berbaga jenis bahan seperti blacu, kanvas, dan tas plastik yang berbahan dasar polypropylene. Biasanya kemasan dari tas kain kerap digunakan oleh para pelaku industry seperti supermarket, minimarket, hingga restoran cepat saji.

Disamping itu, ia juga bisa dicuci sehingga dapat digunakan berulang kali. Pastinya kemasan dari tas kain ini merupakan piliha tepat untuk mengemas produk daganganmu. 

  1. Kemasan Dari Anyaman Bambu

Kemasan Anyaman Bambu pada umumnya digunakan untuk mengemas produk-produk makanan. Meksi daya tahannya termasuk cukup kuat, namun Kemasan Anyaman Bambu kurang cocok apabila digunakan untuk pengiriman reguler.

Dengan kata lain, Kemasan Anyaman Bambu ini hanya cocok digunakan untuk kebutuhn industri seperti parcel dan hampers saja. 

Baca Juga  Jadikan Ruangan Lebih Indah dengan Perpaduan Warna yang Menarik

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X