Pojok #UNYuTips

Jangan “Corona” Untuk Lawan Covid-19

Halo sobat UNYu! Bagaimana kabarnya? Semoga tetap baik-baik saja ya…

Sudah hampir satu minggu lebih Universitas Negeri Yogyakarta menerapkan sistem perkuliahan secara daring/online untuk melakukan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang semakin meningkat. Penerapan kuliah ini dimaksukan agar mahasiswa melakukan social distancing yang artinya menjauhi diri dari kerumunan. Bisa dengan tetap tinggal di rumah, mengerjakan tugas di rumah, dan kemudian menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu dengan kita meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa mencegah seseorang terpapar oleh Corona Virus Disease-19.

Belum lama ini baru saja ada video viral dibeberapa media salah satunya di whatsaap yaitu video seorang lelaki paruh baya yang berpakaian seperti dokter. Dimana dalam video ini laki-laki tersebut menjelaskan enam tips untuk melawan Covid-19 dengan cara jangan “CORONA”. Dokter itu berkata seperti ini “Virus corona bisa kita kalahkan dengan menaikan daya tahan tubuh, oleh karena itu saya bagikan enam yang harus kita lakukan”. Eits maksudnya gimana nih kok jangan corona ? Jadi lelaki tersebut memberikan enam hal larangan yang bisa menaikkan daya tahan tubuh dengan singkatan “CORONA”, langsung saja daripada bingung kita simak penjelasan berikut ini:

  1. C untuk jangan Cemas, yaitu rasa takut, khawatir, stres, galau dan panik dapat menaikkan adrenalin dan menurunkan daya tahan tubuh. Hal tersebut mengakibatkan tubuh gampang diserang oleh virus salah satunya yaitu gampang diserang oleh Covid-19.
  2. O untuk jangan Ogah-ogahan, Mari kita bergerak badan cukup olah raga ringan sampai sedang, kata dokter tersebut dalam videonya. Dengan berolahraga memang dapat menaikan daya tahan tubuh dan membuat kita lebih fit lho.
  3. R untuk jangan Rokok, Merokok itu merusak tubuh lalu menyebabkan gampang terjadi serangan serta infeksi saluran nafas. Dan virus akan mudah menyerang ketika saluran nafas terinfeksi.
  4. O untuk jangan Olahan, yaitu jangan mengkonsumsi makanan olahan contohnya: gorengan, santan, kalengan, kotakan, bungkusan, botolan dan jeroan. Itu menyebabkan terjadinya reaksi radang dan akan mengakibatkan terjadinya penyakit.
  5. N untuk jangan Nongkrong, yaitu jangan sampai kita kurang tidur paling tidak kita dalam satu hari harus tidur selama 6-8 jam. Cukup dengan tidur pemulihan akan terjadi daya tahan tubuh akan lebih baik lagi.
  6. A untuk jangan Asupan salah, kita harus memperhatikan asupan yang masuk ke tubuh kita meliputi karbo, lemak, protein dan serat. Jangan lupa sayur jangan lupa buah. Dengan demikian sayur dan buah akan mendatangkan serat, vitami, mineral dan antioksidan. Itu dapat menaikan daya tahan tubuh kita untuk bisa melawan virus corona.
Baca Juga  Kamu Yang Pernah Naksir Kakak Angkatan Pasti Merasakan 7 Hal Ini. Ayo Ngaku!

Sangat keren singkatan yang dibuat dokter tersebut memuahkan untuk diingat dan dipahami. Pada intinya dengan menjauhi enam hal tersebut akan meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga penyakit ataupun virus tidak akan masuk ke tubuh kita. Sebenarnya sampai tulisan ini dirilis, belum diketahui nama sekaligus asal dokter yang memberikan tips melawan corona dengan cara jangan “CORONA” tersebut. Tapi tips yang diberikan sang dokter itu sangatlah berguna. Sembari menikmati kuliah Online mari kita lakukan enam hal yang disarankan dokter tersebut khususnya untuk meminimalkan penyebaran covid-19.

Related Articles

Back to top button
Close
X