Kabar KampusUNY Banget

Kampus Pendidikan Terbaik di Indonesia Versi Kemdikbud, UNY di Posisi Pertama

Kampus keguruan atau pendidikan yang dulunya dikenal sebagai IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) tentunya erat dengan jurusan yang berkaitan tentang pendidikan. Kualitas prodi dan sumber daya manusianya juga perlu didukung serta ditingkatkan dengan adanya pemeringkatan. Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi mengumumkan pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Berdasarkan indikator evaluasi yang digunakan, evaluasi ini terbagi dalam beberapa kategori. Evaluasi yang dilakukan Kemendikbud ini melibatkan 2.136 kampus di Indonesia.

Berikut daftar kampus pendidikan terbaik di Indonesia versi Kemendikbud.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta

Di posisi pertama ialah Universitas Negeri Yogyakarta atau biasa dikenal dengan UNY. Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tujuh fakultas yakni: Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Pascasarjana. Kampus yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki beberapa kampus yang tersebar di daerah Sleman, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo dan yang terbaru di Kabupaten Gunungkidul.

  1. Universitas Negeri Malang

Universitas ini berada di Kota Malang tepatnya di Jl. Semarang No.5, Malang, Jawa Timur. Didirikan pada 18 Oktober 1954 menjadikannya sebagai universitas pendidikan tertua di Indonesia. Fakultasnya terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Pendidikan Psikologi, dan Pascasarjana.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia
Baca Juga  Jelang Seleksi Mandiri, 1.220 Calon Mahasiswa Sudah Mendaftar Ujian di UNY

Di posisi ketiga ada Universitas Pendidikan Indonesia atau biasa dikenal dengan UPI Bandung. Terdapat 8 fakultas dna an program pascasarjadi universitas ini yakni Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pendidikan Seni dan Desain, dan Pascasarjana. Berminat kuliah di sana?

  1. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang atau yang disingkat dengan UNNES ini terletak di Kota Semarang tepatnya di Gunungpati. UNNES juga memiliki kampus di Ngaliyan, Kelud, dan Kemandingan, Tegal, Jawa Tengah. Terdiri dari 8 fakultas antara lain Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan IPA, dan Program Pascasarjana.

  1. Universitas Negeri Surabaya
Baca Juga  Peringkat Universitas di Indonesia Versi 4ICU Juli 2016

Pada awalnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya dan kemudian berubah menjadi Universitas Negeri Surabaya pada 1999. Terletak di darah Ketintang dan Lidah Wetan.

Universitas ini memiliki fakultas antara lain Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Program Pascasarjana.

  1. Universitas Negeri Jakarta

Universitas yang satu ini berada di Ibukota Jakarta, dulunya juga dikenal sebagai IKIP Jakarta. Terdapat 8 fakultas yakni Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Olahraga, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Teknik, Fakultas Pendidikan Psikologi, dan Program Pascasarjana.

  1. Universitas Negeri Makassar

Kampus keguruan terbaik versi Kemendikbud di urutan ke tujuh diduduki oleh Universitas Negeri Makassar. Universitas ini terdiri dari Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Psikologi, Fakultas Seni dan Desain, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Olahraga.

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
Close
X