Pojok #UNYuTips

Kegiatan untuk Mahasiswa yang Bisa Menghasilkan Uang Tambahan

Hallo sobat #UNYu kalian sering ga sih merasa bosan dan gabut banget di rumah atau kost, udah gitu kalian lagi bokek hahah pasti semua orang pernah merasakan ya hehe. Nah, mungkin aku bisa membatu memberikan sedikit informasi yang bermanfaat yaaaa, yuk kita simak berikut ini!

Kita sebagai mahasiswa harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan dan juga waktu agar tetap produktif dan bermanfaat. Untuk mengisi waktu luang saat kita tidak ada kuliah atau kelas kita bisa lho mengikuti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan bisa menambah uang jajan sehari-hari.

Kegiatan pertama, menjadi pegawai paruh waktu atau partime, kerja partime merupakan pekerjaan yang waktu kerjanya sebentar biasanya dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan hanya beberapa jam sekitar 4-6 jam kerja saja, masuk kerjanya juga tertentu tidak full satu minggu. Jadi kita bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliah, tapi partime ini jangan sampai mengganggu kuliah kita ya. Kerja partime khususnya daerah Jogja banyak ditawarkan melalui sosial media seperti instagram dan facebook, di sama kita biaa menemukan berbagai lowongan kerja partime. Contohnya seperti menjadi barista, SPG, waiters, penjaga stand/bazzar dan lain-lain untuk gaji dan waktunya sangat bervariasi.

Baca Juga  JOGJA: Kota dengan Aneka Ragam Keramah-Tamahannya

Kegiatan selanjutnya bisa mencari informasi tentang magang, kegiatan ini biasanya dicari oleh mahasiswa semester 3 ke atas. Magang merupakan kegiatan belajar dan juga berlatih untuk bekerja di suatu perusahaan dalam waktu tertentu. Biasanya magang harus terkait kontrak beberapa minggu atau bulan tergantung perusahaan membutuhkan berapa lamanya. Oh iya kalau magang itu tidak semua perusahaan mau menggaji kita loh, tapi ada juga yang mendapatkan uang walaupun tidak sebanyak gaji pegawai. Tetapi benefit yang didapatkan saat magang banyak sekali seperti halnya mendapatkan pengalaman kerja yang nyata, menambah relasi, menambah soft & hard skill, lebih mudah masuk kerja disuatu perusahaan, dan jika beruntung bisa mendapat uang saku.

Baca Juga  7 Tipe Unik Mahasiswa Dalam Kelas

Ada lagi nih kegiatan lain untuk menambah uang saku kalian yaitu dengan menjadi pekerja freelance. Apa si freelance itu? Freelance atau pekerja lepas merupakan suatu pekerjaan yang tidak terkait kontrak, jam kerjanya tidak menentu dan pekerjaannya bisa diatur secara mandiri. Biasanya seorang freelance memiliki keahlian dalam bidang-bidang tertentu contohnya seperti desainer, content creator, fotografi, digital marketing, copy writer, model, dan lain-lain. Sebagai freelance gaji yang didapat juga berdasarkan skill atau keahlian yang kita miliki lebih bagus keahlian kita kesempatan mendapatkan gaji lebih tinggi. Sehingga kita sebagai mahasiswa sebaiknya mengasah skill lebih dalam lagi yang sesuai dengan minat dan bakat.

Nah, mungkin itu saja informasi dari aku, semoga bisa bermanfaat untuk mengisi hari-harimuuuuuu!

Silvia Adisty

Mahasiswi PLS UNY 2020

Related Articles

Back to top button
X