intip JurusanPojok #UNYu

Kenalan dengan Salah Satu Prodi Terfavorit UNY, Akuntansi !

Siapa yang tak kenal dengan Program Studi Akuntansi? Ya! Salah satu jurusan yang favorit bagi kalangan kaum Sosial Humaniora. Hampir di semua Universitas, Program Studi Akuntansi menjadi prodi terfavorit. Tak terkecuali bagi Universitas Negeri Yogyakarta. Program Studi Akuntansi merupakan Program Studi murni yang didalamnya mencakup keseluruhan mengenai seluk beluk perakuntansian baik dalam instansi maupun perusahaan. Berikut fakta yang harus kalian ketahui tentang Prodi Akuntansi di Universitas Negeri Yogyakarta !

  1. Prodi dengan Banyak Peminat

Ya, Prodi Akuntansi di UNY selalu menjadi langganan dengan banyaknya peminat. Prodi yang menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi ini memiliki sejuta daya tarik yang mampu membuat banyak mata tertuju pada prodi ini. Bukan hanya di UNY saja, Prodi Akuntansi UNY juga menjadi bagian dari deretan prodi terfavorit di Indonesia. Berdasarkan data dari pmb,  Tahun 2019 kemarin, Akuntansi memiliki animo sebesar 4.974 pendaftar, sementara jumlah mahasiswa yang diterima hanya 120 mahasiswa. Dengan pembagian melalui jalur SNMPTN 36 mahasiswa, SBMPTN 48, serta jalur Seleksi Mandiri 36. Nah, bisa dikira-kira sendiri ya betapa ketatnya peluang masuk prodi ini !

  1. Berakreditasi A
Baca Juga  Bingung, Transportasi Menuju UNY Wates? Berikut Tipsnya !

Secara institusi kampus, Universitas Negeri Yogyakarta sendiri telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A berdasarkan surat keputusan nomor 3127/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 dari BAN PT. Namun, tak kalah dengan akreditasi kampus, Prodi Akuntansi di UNY pun telah berakreditasi A lho !

  1. Ada Kelas Unggulannya !

Pada Prodi Akuntansi-S1 di UNY, kelas dibagi menjadi kelas unggulan dan kelas biasa. Tidak terlalu ada perbedaan yang signifikan antara kelas unggulan dengan kelas biasa, hanya berbeda terhadap perlakuan pembelajarannya saja. Jika dikelas unggulan, prospeknya memang menjadi wadah untuk menyiapkan mahasiswa untuk siap diikutsertakan dalam penyelenggaraan internasional, baik beasiswa maupun komepetisi internasional. Dalam pembelajaran kelas unggulan ini, perkuliahannya 80% menggunakan bahasa inggris, skripsi memakai bahasa inggris, maupun dalam ujian di setiap semesternya.

Baca Juga  Ketika Pertanyaan ‘KAPAN NIKAH?’ Mencuat Ke Permukaan Saat Lebaran, Siapkan Jawaban Berikut Ini
foto : Alya
  1. Memiliki Prospek Kerja yang Luas

Lulusan dari Prodi Akuntansi memang memiliki prospek kerja yang begitu luas. Hampir disemua instansi pun seorang akuntan pasti dibutuhkan. Nah, prospek kerja ketika lulus dari prodi akuntansi ini antara lain, menjadi wirausahawan, akuntan publik, Internal Auditor, Perencana Keuangan, Credit Analyst, Konsultan Pajak, Financial analyst, Ahli Keuangan Pemerintah, Akuntan Pendidik, dan masih banyak lagi prosepek kerja lainnya. Oleh sebab itu, maka tak heran prodi akuntansi banyak diminati dikalangan masyarakat Indonesia mengingat banyaknya prospek kerja yang tersedia. So, jangan ragu lagi menjadi bagian keluarga Akuntansi UNY Ya !

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X