Kerupuk Ampas Tahu Karya Mahasiswa UNY | UNY COMMUNITY
Sunday , 18 November 2018
Home / Kabar Kampus / Kerupuk Ampas Tahu Karya Mahasiswa UNY

Kerupuk Ampas Tahu Karya Mahasiswa UNY

Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memanfaatkan limbah tahu menjadi kerupuk. Nirmalasari, Intan Muara, Atanasia Harliani, Riadlatul Aeni serta Maelani Indaswari membuat kerupuk tersebut dalam berbagai varian rasa seperti rasa balado, seledri dan taburan ikan teri.

anggota-kelompok

Menurut ketua kelompok, Nirmalasari mereka membuat kerupuk dari ampas tahu karena ampas tahu sendiri masih kaya akan nilai gizi yang tinggi, namun masih kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Dalam ampas tahu itu sendiri banyak mengandung asupan gizi yang masih tersisa dari pembuatan tahu sebelumnya. “Kami buat ampas tahu menjadi kerupuk karena makanan ini sangat familiar di kalangan masyarakat,” kata Nirmalasari.

whatsapp-image-2016-11-10-at-7-06-21-pm

Intan menambahkan, dalam 100gr ampas tahu masih banyak terkandung protein, vitamin dan karbohidrat serta beberapa kandungan gizi lainnya. “Dari banyaknya kandungan vitamin ini jelas bahwa kerupuk ampas tahu baik untuk dikonsumsi,” kata Intan.

Baca Juga  UNY Wisuda 1.905 Lulusan, 919 Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude

whatsapp-image-2016-11-10-at-7-06-30-pm

Proses pembuatan kerupuk ampas tahu tersebut dimulai dengan proses pemerasan untuk mengurangi kadar air. Setelah itu ampas dikukus selama 30 menit, lalu dicampur tepung tapioka dan bumbu kemudian diaduk sampai rata dan dikukus kembali selama 2 jam sampai bagian tengah adonan menjadi matang. Adonan matang ini diangkat dan diangin-anginkan selama 3-5 hari hingga mengeras agar mudah dipotong dan dicetak sesuai motif yang diinginkan.

Kata Melani, kerupuk basah lalu dijemur atau dikeringkan dengan alat pengering. Kerupuk lalu digoreng dalam minyak panas hingga matang dan mekar. “Langkah terakhir yaitu pengemasan, kerupuk ampas tahu yang telah digoreng dibungkus menggunakan alat pengemas agar sirkulasi udara terjaga sehingga membuat kerupuk ini bertahan lama,” katanya.

Baca Juga  Jadwal PMB Pascasarjana UNY 2016

Riadlatul Aeni mengklaim selain menggunakan ampas tahu yang harganya murah, kerupuk buatan mereka unggul dari segi rasa dan bentuk yang menarik dan beda dari yang lain. “Produk ini pun dapat bersaing dengan makanan atau cemilan lain yang rata-rata adalah makanan ringan modern” katanya.

sumber : tempo.co

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

SOCIOPHORIA #3

✨Dengan bahagia, Hima Pendidikan Sosiologi mempersembahkan✨ 🎷 SOCIOPHORIA #3 🎷 Dengan mengusung tema Story in …