Kabar Kampus

Kongres Indonesianis Sedunia Pertama Digelar di UNY

Kongres Indonesianis Sedunia pertama digelar di Yogyakarta pada 14-16 Oktober 2019. Sebanyak 400 perserta ikut serta dalam pertemuan tersebut.

Indonesianis merupakan para peneliti Indonesia berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Gambia, Jerman, Rusia, China, Timor Leste, dan Yordania.

Kongres Indonesianis Sedunia dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir. Pada 2019 ini, Kongres Indonesianis Sedunia mengambil tema Building a Better Future of Indonesia: Toward a Tolerant, Vibrant and Creative Society.

Dalam pidato pembukaannya, Fachir menyebut Indonesianis memiliki makna yang lebih luas, yaitu mencakup orang asing yang memiliki kecintaan khusus terhadap Indonesia. Fachir menjelaskan, ada tiga bidang Indonesianis dapat berkontribusi terhadap Indonesia.

Baca Juga  Mahsiswa UNY Raih Juara Harapan 1 Dalam Mechamotion 2017

“Pertama, dalam memperkuat identitas Indonesia sebagai bangsa multikultural. Kedua, dalam memperkuat human capital Indonesia. Ketiga, Indonesianis dapat berkontribusi terhadap transformasi ekonomi Indonesia,” kata Fachir dalam keterangan pers Kemlu, Senin (15/10).

Kongres Indonesianis merupakan inisiasi Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kemlu. Mereka menggandeng beberapa kementerian dan sejumlah universitas seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Kementerian Pariwisata; Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Universitas Gadjah Mada, Institut Seni Indonesia-Yogyakarta, dan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta.

sumber : kumparan.com

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X