Kuliner : Lumpia Daun Pepaya Rendah Kolesterol | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Kuliner : Lumpia Daun Pepaya Rendah Kolesterol

Kuliner : Lumpia Daun Pepaya Rendah Kolesterol

Dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan tahun 2016, mahasiswa UNY Lastri Purwanti, Dwi Utami dan Ulfa Khoirotul Rosidah dari prodi PGSD FIP serta Ulfa Umrhotul Fitriah prodi Fisika FMIPA menciptakan lumpia rendah kolesterol yang berisi daun pepaya, daging ayam dan jamur.

lumpia-daun-pepaya-rendah-kolesterol

Menurut ketua kelompok Lastri Purwanti, dipilihnya daun pepaya sebagai pengganti rebung dalam lumpia tesebut karena daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung gizi yang tinggi dan kalsium. Kandungan vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kardiovaskular, mencegah terjadinya kanker, dan sebagai antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas. “Sebenarnya daun pepaya mengandung banyak khasiat, namun pemanfaatannya dalam dunia kuliner masih sangat rendah” kata Lastri.

Baca Juga  Warung naskuTER (Kuliner Pusaka Ternate)

Apabila daun pepaya diolah dengan benar maka rasa pahit yang terkandung dalam daun tersebut dapat diminimalisasi. “Untuk menambah variasi rasa, tumisan daun pepaya juga dicampur dengan bahan yang rendah kolestrol yaitu daging ayam dan jamur” kata Ulfa “Lumpia ini  digoreng dengan menggunakan minyak kelapa yang cenderung lebih aman”.“Pembuatan lumpia ini hampir sama dengan pembuatan lumpia pada umumnya” kata Dwi Utami “Perbedaannya terletak pada isi lumpia karena menggunakan daun pepaya.” Penjualan lumpia rendah kolesterol ini dilakukan di beberapa tempat diantaranya kantin kampus dan pasar tradisional dengan harga Rp. 2000,- per buah. Salah seorang konsumen, Rahayu Condro berpendapat bahwa rasa lumpia ini cukup enak, manis dan tidak pahit.

Baca Juga  Timnas U-19 Unggul 3-0 Atas UNY

sumber : uny.ac.id

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

Menikmati Sunset Di Ratu Boko

Sebuah gapura batu nan megah tampak menawan ketika sinar matahari sore memantul di sela-sela bangunannya. …