Pojok #UNYuTips

Langkah Bijak Mengelola Media Sosial

Zaman sekarang memang udah zamannya teknologi ya gaes. Nggak seperti dulu yang masih manual. Contoh sederhananya saja misalnya seperti bertukar pesan. Zaman dulu masih menggunakan surat, beda dengan zaman sekarang yang dengan mudahnya bertukar pesan dengan chatting. Berbicara soal chatting tidak lepas dari akun media sosial kan gaes? Pasti kalian juga punya akun media sosial yang begitu banyaknya kan? Mulai dari facebook, twitter, path, instagram, dan lain-lain. Kalau merunut berita-berita yang ada, banyak berita yang cukup miris akibat dari media sosial. Misalnya kasus penipuan karena baru kenalan di facebook. Lalu bagaimana sih tips mengelola akun media sosial kita? Bagaimana cara mengantisipasi agar akun media sosial kita tidak diganggu oleh orang yang tidak dikenal? Berikut tipsnya.

  1. Secukupnya saja memberikan informasi umum tentang data diri kita di akun media sosial kita

Kita ambil contohnya saja di facebook. Disitu banyak pertanyaan-pertanyaan tentang diri kita. Mulai dari tanggal lahir, nomor telepon, tempat tinggal, dan data pribadi lainnya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kita lebih baik mengisi data tersebut secukupnya saja. Apalagi yang paling rawan nomor telepon dan alamat. Usahakan jangan diisi. Atau jika memang ingin diisi, atur ke dalam bentuk privasi (hanya saya yang mengetahui), bukan secara publik.

  1. Upload foto yang sewajarnya saja ya
Baca Juga  Keistimewaan PGSD UNY Yang Tiada Dua-nya! Wajib Kamu Tau

Terutama buat yang cewek-cewek nih. Jangan mengumbar aurat di media sosial, bisa disalahgunakan lho oleh orang-orang yang nggak bertanggung jawab. Upload foto yang wajar-wajar aja, seperti foto liburan, foto main bareng temen-temen. Selfie boleh aja, tapi ya itu tadi gaes pinter-pinter kita menjaga diri di media sosial.

  1. Jangan asal menerima permintaan pertemanan

Berteman dengan siapa aja boleh gaes, nggak ada yang melarang. Tapi kalau misalnya kamu ditambahkan teman oleh orang yang nggak kamu kenal, ada baiknya kamu abaikan permintaan teman tersebut. Tapi kalau kamu penasaran banget dengan orang tersebut, coba lihat dulu ­profilnya gimana, kalau dirasa nggak jelas abaikan saja. Daripada tiba-tiba diajak kenalan terus terjadi kasus-kasus yang tidak diinginkan gimana gaes? Nggak mau kan?

  1. Jangan mudah percaya dengan kenalan di media sosial

Penting banget dan rawan banget buat cewek-cewek nih. Udah ada kasusnya lho baru-baru ini. Misalnya kamu ditawarin biar jadi model terkenal, terus syaratnya harus mengirim foto tanpa busana. Duh gaes, jangan sampai mau menerima tawaran tersebut. Coba kamu pikirkan deh, artis-artis di luar sana saja untuk jadi model harus mengikuti casting berkali-kali. Lah masa’ kamu cuman ngirim foto tanpa busana bisa jadi model? Camkan baik-baik ya gaes, apalagi kamu nggak kenal dengan orangnya siapa. Bisa jadi itu kasus penipuan lho.

  1. Update status dan berikan tulisan-tulisan yang baik di akun media sosialmu
Baca Juga  Tips Menyelesaikan Tugas Akhir Tepat Waktu

Ya boleh saja sih berkeluh kesah atau marah-marah di media sosial, cuman hati-hati. Ingat peribahasa “mulutmu harimaumu” kan? Nah kalau kita tidak bisa menjaga omongan di media sosial, bisa menjadi bumerang untuk kita sendiri lho. Udah banyak kan kasusnya? Kalau misal ada berita yang belum kita ketahui benar atau tidaknya, yaudah sih cukup dibaca aja, nggak perlu dikomentarin yang aneh-aneh.

Semakin berkembangnya zaman, kejahatan pun juga semakin berkembang. Kejahatan pun juga bisa melanda akun media sosial apabila kita tidak dapat menjaganya dengan baik. Jadi, kelola akun media sosialmu dengan bijak ya. Semoga tips di atas dapat membantu.

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X