Kabar KampusPrestasi

MAHASISWA FMIPA UNY JADI PEMAKALAH IPCSM DI MALAYSIA

Tim FMIPA UNY berhasil menjadi pemakalah internasional dalam acara 2nd International Postgraduate Conference on Science and Mathematics (IPCSM) di Universiti Pendidikan Sultan Idris di Tanjong Malim, Malaysia, baru-baru ini. Tim yang terdiri dari Rita Suryani (Pendidikan Matematika 2012), Mariana Ramelan (Pendidikan Matematika Inter 2013), dan Nurul Hidayah (Pendidikan Biologi 2011) mengusung paper dengan judul “Fermathwan (Fun Learning Mathematics With Punakawan): Innovation Learning Mathematics Based On Character And Culture In Indonesia”.


Presentasi di Malaysia
Mariana, dalam keterangannya menjelaskan, inti dari paper itu adalah Fermathwan sebagai metode pembelajaran matematika yang inovatif dan berkarakter. Fermathwan ini menggabungkan antara pendidikan dan budaya. Di sini pembelajaran matematika di kombinasikan dengan wayang (Punakawan) dengan tujuan agar siswa lebih tertarik untuk belajar matematika dan mudah memahami materi matematika yang sering dianggap sulit.

Langkah-langkah dalam mengimplementasikannya yaitu guru memberikan apresiasi dan motivasi, pembentukan kelompok, penyusunan sekenario, pembuatan Wayang Punakawan, presentasi dan diskusi, menyimak dan merefleksikan, serta guru mengevaluasi dan menguatkan konsep matematika siswa.
Keunggulan media pembelajaran Fermathwan ini, lanjut Mariana, antara lain menjadikan pelajaran matematika menarik, kreatif, berkarakter, dan menyenangkan, menumbuhkan rasa cinta kebudayaan, mengajarkan siswa untuk bermain peran dan bekerja sama, serta student oriented.

Konferensi internasional tersebut diikuti beberapa negara antara lain Malaysia, Indonesia, India, dan lain-lain. Konferensi tersebut berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 18 dan 19 Oktober 2014 lalu. Keynote speaker dalam acara tersebut yaitu Prof. Keiji Sasaki dari Universitas Hokkaido dari Jepang dengan judul materi Micro- and Nano- manipulation Using Optical and Plasmonic Forces dan Prof. Dr. Lilia Halim dari Universitas Negeri Malaysia dengan judul materi Science Education and Developmentof Scientific Literate Society.

Baca Juga  Rektor UNY Realisasikan Konser Dies Natalis Bayar Tiket dengan IPK

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X