Kabar Kampus

Mahasiswa KKN UNY Adakan Sosialisasi Penyuluhan UMKM Bagi Warga Desa Cawan

Cawan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah (14/8/2022) – UMKM merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian di Indonesia dimana perkembangan UMKM saat ini terus meningkat di setiap tahunnya, salah satunya adalah di desa Cawan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. Dalam rangka untuk mengatasi permasalahan yang ada di Desa Cawan yaitu terkait dengan pengentasan kemiskinan, KKN UNY Cawan Berkawan 2022 membuat program kerja dengan tema “Penguatan kapasitas masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan” dimana melalui program kerja tersebut dapat memberikan dorongan dan gambaran masyarakat yang ada di Desa Cawan untuk memulai usaha dan juga mengembangkan UMKM masyarakat Desa Cawan agar lebih berkembang lagi kedepannya sehingga dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga  Robot UNY Juarai KRI 2017

 

Penyuluhan UMKM bagi warga desa Cawan yang diinisiasi oleh Tim KKN UNY Cawan Berkawan 2022 ini dihadiri oleh sekitar 80 orang dengan mayoritas pemilik UMKM yang ada di Desa Cawan dan juga warga usia produktif yang ada di Desa Cawan.

Tidak hanya melalui penyuluhan UMKM kepada masyarakat yang ada di Desa Cawan saja, namun Tim KKN UNY Cawan Berkawan 2022 juga membagikan brosur serta booklet informatif yang berisi tentang bagaimana cara menjadi seorang entrepreneur dan penjelasan mengenai UMKM serta pemasarannya yang cukup rinci sehingga masyarakat dapat mengikuti arahan sesuai dengan petunjuk yang ada di booklet maupun brosur yang ada.

Baca Juga  UNY Memilih Rektor Baru, Berikut Jadwal Kegiatannya

Diharapkan dengan adanya penyuluhan UMKM yang diadakan oleh Tim KKN UNy Cawan Berkawan 2022, dapat menjadi solusi atas permasalahan yang ada di Desa Cawan yaitu pengentasan kemiskinan serta dapat membantu masyarakat Desa Cawan untuk memulai usaha serta mengembangkan UMKM atau usaha yang sudah dirintis agar dapat membantu menambah penghasilan serta menaikkan perekonomian masyarakat di Desa Cawan. (Cecep Wahyu Cahyana)

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X