Kabar KampusKarya Mahasiswa

Mahasiswa UNY Aransemen Musik dari Gelas Plastik

Musik bisa dihasilkan dari mana saja, termasuk dari gelas plastik. Hal tersebut yang dilakukan komunitas musik Cup Coustic, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Koordinator Cup Coustic, Risqi Nuruz Syifa mengatakan bahwa sejarah berdirinya Cup Coustic dimulai dari malam keakraban mahasiswa baru FIP UNY tahun 2014.

Cup Coustic

“Saat itu kami wajib menampilkan sesuatu dalam pentas seni. Lalu kakak pendamping menyarankan untuk membuat musik yang beda. Akhirnya tercetuslah ide membuat aransemen musik menggunakan gelas plastik dikombinasikan dengan gitar sebagai iringannya,” jelasnya belum lama ini.

Anggota Cup Coustic, Iman Abdul Al Azhari mengungkapkan bahwa gelas plastik yang mereka gunakan untuk bermain musik memiliki persyaratannya, yaitu satu paket yang terdiri dari 8 buah gelas.

Baca Juga  Pura-pura Jualan Kacamata, Pria Ini Gasak 6 Laptop di UNY Kampus Wates

“Gelas harus homogen agar tidak ada suara yang fals saat gelas tersebut digunakan. Oleh karena itu kami harus selalu membeli satu set gelas plastik,” ungkap Iman

Gelas yang digunakan untuk menyetarakan irama, imbuhnya, harus seragam agar semua irama terdengar sama.

Sementara itu, anggota Cup Coustic yang lain, Idwar Aziz Raf Sanjani menyebutkan bahwa kendala yang dihadapi Cup Coustic selain masalah gelas, adalah kemampuan berkonsentrasi.

Mirip dengan Tari Saman dari Aceh yang mengkombinasikan gerak dengan tepukan tangan, Cup Coustic atau bermain musik menggunakan gelas juga memerlukan konsentrasi antara memukulkan gelas ke meja, meletakkannya, bertepuk tangan, memukul gelas lagi dan menggeser posisi gelas.

Baca Juga  Revika Niza Artiyana, Mahasiswa PGSD UNY Sabet Juara III Duta Bahasa Yogyakarta

“Butuh konsentrasi yang tinggi dalam melakukan hal itu,” tutur Idwar.

Walau tergolong sebagai komunitas baru di UNY, namun Cup Coustic telah dipercaya untuk mengisi berbagai acara di kampus.

Mulai pelepasan mahasiswa FIP dalam rangka wisuda, open house BEM UNY, Festival Teknologi Pendidikan di Museum Pendidikan Indonesia dan Museum Beteng Vredeburg Yogyakarta (kur)

sumber : tribunnews.com

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X