Kabar KampusKulinerPKM

Mahasiswa UNY Ciptakan Brownies dari Tanaman Krokot

Krokot adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil tanaman produksi. Namun tanaman gulma jenis Krokot yang banyak dijumpai di daerah tropis ternyata mempunyai banyak manfaat. Kelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meracik krokot menjadi kue Brownies. Rasanya lezat dan juga menyehatkan karena bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

“Krokot bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti radang akut, usus buntu, disentri, diare akut, dan sesak napas,” ungkap salah satu anggota kelompok, Irmawati, mahasiswa program studi (prodi) Kebijakan Pendidikan UNY di Kampus Karangmalang, Rabu (5/4/2017).

 

Kreativitas membuat brownies dari bahan krokot ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan tahun 2017.

Irmawati mengolah krokot atau portulaca oleracea menjadi Brownies bersama tiga orang teman lainnya yakni Hindun Nur Aisyah dan Aniis Noviana Rahmat Yahi Wahidah dari Prodi PG PAUD FIP serta Astuti Lestari dari Prodi Kimia Fakultas MIPA UNY.

Baca Juga  Temu Kangen Alumni UNY

Menurut Irmawati ada kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan manusia. Omega 3 berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh, meningkatkan kecerdasan dan sebagai antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker

“Krokot bahkan telah diidentifikasi sebagai sumber yang sangat baik dari asam alfa linolenat yang dapat mencegah penyakit,” imbuhnya.


Banyaknya khasiat dari tumbuhan yang selama ini dikenal untuk makanan jankrik, Irmawati dan teman-temannya kemudian mengolahnya menjadi tepung sebagai bahan dasar pembuatan kue.

Aisyah menambahkan cara pembuatan brownies ini, bahan yang diperlukan yaitu tumbuhan krokot, tepung terigu, mentega, gula pasir, garam, telur, dark cooking chocolate, keju, susu kental manis dan pengembang kue.

“Pertama kali krokot dijemur hingga kering lalu ditumbuk hingga halus seperti tepung. Tepung ini kemudian menjadi bahan dasar pembuatan kue Brownies,” katanya.

Baca Juga  Daya Tampung dan Peminat SBMPTN Universitas Negeri Yogyakarta 2018

Untuk mengolahnya lanjut dia, pertama, aduk telur, gula pasir, pengembang kue dan sedikit garam menggunakan mixer hingga mengembang. Kemudian tambahkan ayakan tepung krokot, tepun terigu dan coklat bubuk dan dicampurkan ke adonan yang telah dimixer.

“Tunggu beberapa saat, lalu tambahkan mentega dan dark chocolate yang telah dilelehkan. Adonan dicampur lagi hingga rata kemudian dibagi menjadi 3 bagian,” tuturnya.

Adonan pertama dimasukkan ke dalam loyang dan dikukus selama 10 menit dalam api sedang. Panci kukus harus dipastikan benar-benar panas saat adonan dimasukkan. Adonan kedua dicampur dengan susu kental manis lalu diaduk rata. Adonan ini ditambahkan di atas adonan pertama dan dikukus selama 10 menit.

“Setelah itu, adonan ketiga ditambahkan ke atas kedua adonan sebelumnya dan dikukus selama 20 menit. Brownies krokot siap diangkat dan disajikan,” tutur Aisyah.

sumber : detik.com

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X