Mahasiswa UNY Dikirim ke Daerah Perbatasan Indonesia-Malaysia | UNY COMMUNITY
Home / Kabar Kampus / Mahasiswa UNY Dikirim ke Daerah Perbatasan Indonesia-Malaysia

Mahasiswa UNY Dikirim ke Daerah Perbatasan Indonesia-Malaysia

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), tahun ini mengirim sarjana dan mahasiswa kuliah kerja nyata, ke wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Mereka ditempatkan di beberapa lokasi wilayah Provinsi Kalimantan Barat, meliputi Bengkayang, Mentawai, dan Landak.

pic : facebook.com/unyofficial/

Rektor UNY Profesor Sutrisno Wibowo mengatakan, dari total 80 sarjana dan mahasiswa yang dikirim, 60 diantaranya peserta program sarjana mengajar, sedangkan 20 orang lainnya, peserta Kuliah Kerja Nyata Praktek Pengalaman Lapangan (KKN PPL).

Lewat program ini Rektor UNY berharap, bisa berkontribusi menguatkan identitas kebangsaan masyarakat Indonesia, yang tinggal di wilayah perbatasan.

”Seperti wilayah Indonesia yang dekat Serawak Malaysia, perlu penguatan identitas kebangsaan, apalagi sekolah-sekolah disana banyak kekurangan guru, satu sekolah hanya 1 PNS kepala sekolah, yang lain guru kontrak dan TNI yang belum tentu,” ungkap Rektor di Kampus UNY Sleman, Jumat (15/9/2017).

Baca Juga  Abad Samudera Hindia

Profesor Sutrisno Wibowo menambahkan, program sarjana mengajar sudah dilaksanakan selama lima tahun, sedangkan untuk KKN PPL baru dilaksanakan pertama kali. Lewat dua program ini, UNY ingin agar wilayah perbatasan atau daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Terbelakang) bisa berkembang.

”Kita juga ingin mengembangkan daerah 3T, supaya disana bisa maju sama dengan daerah lainnya,” jelasnya.

sumber : rri.co.id

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

UKMF Sekrup FMIPA Pentas Raya Tahun 2017

🎊👺 ZETAN 👺🎊 Hai semua ✋ Selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan selamat malam …