Artikel

Mempelajari Bahasa Jepang yang Unik dan Seru

Bagi para pecinta anime, belajar bahasa Jepang merupakan salah satu keinginan. Mungkin bagi beberapa yang telah mempelajari bahasa Jepang, kerap kali menemukan beberapa keanehan atau keunikan tersendiri yang dimiliki saat sedang mempelajari bahasa Jepang. Namun, bagi para pemula kerapkali dibingungkan dengan awal mempelajari atau seberapa sulitkah mempelajari bahasa Jepang.

Sebetulnya, mempelajari bahasa Jepang itu tergantung terhadap diri sendiri, seberapa keinginan kamu untuk mempelajarinya serta dalam menerima materi yang diberikan ataukah kamu hanya ingin belajar karena terpaksa. Tujuan dalam memulai belajar bahasa Jepang haruslah jelas.

Sebagai contoh, apabila kamu ingin mempelajari bahasa Jepang dengan tujuan untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat lokal, maka kamu harus banyak melatih kemampuan lisan. Namun, apabila tujuan mempelajari bahasa Jepang adalah untuk memperoleh sertifikat kemampuan bahasa Jepang, maka kamu perlu mempelajari huruf serta susunan kalimat yang baik lebih banyak dan lebih rutin.

Mungkin berikut adalah beberapa keunikan yang yang ada selama mempelajari bahasa Jepang.

Huruf Kanji: Satu Huruf, Beragam Cara Baca

Perlu diketahui bahwa bahasa Jepang memiliki 3 jenis huruf yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Huruf kanji memiliki ribuan huruf yang apabila ingin lulus tes kemampuan bahasa Jepang N1, maka setidaknya harus dapat menguasai 2000 kanji. Kanji ini dibawa dari huruf Cina yang digunakan oleh Jepang dan memiliki dua cara baca. Yaitu cara baca Cina atau onyomi dan cara bahasa Jepang atau kunjungi yang biasa digunakan untuk menyebutkan kosakata asli Jepang.

Baca Juga  Tips Memilih Jasa Servis Laptop

Bunyi Panjang Pendek Dalam Bahasa Jepang yang Mengubah Arti

Bunyi fonem yang dimiliki dalam pengucapan atau pelafalan bahasa Jepang memiliki hal yang sama dengan bahasa Indonesia. Terdapat banyak kata yang mirip dalam bahasa Jepang, yang mana kata-kata tersebut hanya dapat dibedakan melalui panjang, pendek atau konsonan double.

Pujian Wajib Dalam Bahasa Jepang: Nihongo Jouzu Desune!

orang Jepang memiliki sifat yang ramah dan sangat menghargai orang asing yang berusaha untuk dapat mengetahui serta mempelajari bahasa Jepang. sehingga apabila orang Jepang menemui orang asing yang hanya menyapa dengan ‘konnichiwa‘ atau ‘arigatou gozaimasu‘ maka kamu akan mendengar pujian ‘nihongo jouzu desune‘ atau yang berarti ‘kamu pandai bahasa Jepang ya!’

Selain beberapa hal diatas perlu diketahui bahwa terdapat beberapa keunikan lain seperti semakin panjang kalimat dalam bahasa Jepang maka maknanya akan semakin sopan. Selain itu semakin sopan bahasa yang digunakan maka akan secara alami membuat sebuah jarak diantara para penutur, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Alasan Bandung Menjadi Tempat Wisata Favorit

Untuk dapat mempelajari bahasa Jepang dengan seru, kamu dapat mempelajari bahasa Jepang tanpa repot membeli buku atau materi pelajaran ataupun daftar terlebih dahulu. Kamu dapat sekalian belajar bahasa Jepang dalam suatu acara Hiro sensei di GoPlay. Acara ini merupakan program yang tayang secara live setiap hari Selasa dan merupakan salah satu acara original di GoPlay life dan dibawakan oleh penyanyi serta entertainer asal Jepang bernama Hiroaki kato.

Pembelajarannya pun memiliki cara yang unik dan seru yaitu dengan menggunakan potongan adegan film atau serial Jepang. Kemudian Hero sensei akan mengajarkan arti kosakata yang akan muncul dalam dialog film atau serial sambil menceritakan fakta atau trivia unik mengenai budaya yang ditampilkan dalam suatu adegan.

Diakhir acara pun kamu dapat mendengarkan langsung Hero sensei menyanyikan lagu-lagu Indonesia yang disertai dengan aransemen lirik dalam bahasa Jepang. Kamu dapat menyaksikan keseruan ini melalui aplikasi go play dengan event Herosensei.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X