Pojok #UNYuUNYpedia

Mengenal Fasilitas Exercise Therapy HSC UNY

Hi, Sobat UNYu!

Tidak terasa sudah hampir setahun kita melaksanakan kuliah daring di bulan April ini. Tentu kawan-kawan rindu dengan kampus tercinta UNY dengan berbagai fasilitas penunjang kuliah kawan-kawan nanti jika kuliah tatap muka telah dimulai.

Salah satu fasilitas yang dapat kawan UNY gunakan adalah layanan Exercise Therapy yang berlokasi di Lantai 2, Gedung Health and Sport Center FIK UNY (HSC UNY). Layanan Exercise ini berbeda halnya dengan physical therapy atau adaptive therapy yang juga terdapat di HSC UNY. Layanan ini berfokus pada pemberian program olahraga rehabilitasi pasca cedera, diabetes, asma, stroke, dan lain-lain yang ditangani oleh personal trainer yang ahli.

Exercise Therapy sendiri merupakan bentuk terapi dengan berbagai macam bentuk latihan fisik yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi gerak tubuh setelah mengalami cedera dan mengoptimalkan fungsi tubuh. Terapi ini membantu untuk pemulihan cedera seperti kontraksi otot, keseleo, pergeseran sendi, putus tendon, dan patah tulang, supaya dapat beraktivitas kembali tanpa mengalami kesakitan dan kekakuan otot.

Dalam pelayanan Exercise Therapy di HSC FIK UNY terbagi dua jenis terapi, seperti Terapi Olahraga Pasca Cedera dan Terapi Olahraga Penyakit Degenaratif.

Layanan Terapi Pasca Cedera terdiri atas beberapa terapi, yakni:

  1. Terapi Pasca Cedera Jari Kaki/Tangan
  2. Terapi Pasca Cedera Pergelangan Kaki
  3. Terapi Pasca Cedera Lutut
  4. Terapi Pasca Cedera Pinggul
  5. Terapi Pasca Cedera Punggung
  6. Terapi Pasca Cedera Pergelangan Kaki
  7. Terapi Cedera Siku
  8. Terapi Cedera Bahu
  9. Terapi Cedera Leher
Baca Juga  Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Sahur

Masing-masing layanan terapi pasca cedera memilki tarif sebesar Rp80.000,- /per-terapi atau Rp200.000,- untuk paket 3x terapi. Layanan Exercise Therapy HSC UNY juga membuka layanan terapi olahraga bagi yang baru saja sembuh atau rehabilitasi dari penyakit degenaratif seperti diabetes, gangguan jantung, hipertensi, pasca stroke, dan asma. Tarif layanan Exercise Therapy di HSC UNY sebesar Rp80.000,- /per-terapi atau Rp200.000,- untuk paket 3x terapi.

Terdapat beberapa fasilitas dalam pelayanan Exercise Therapy di HSC FIK UNY, antara lain:

  1. Personal Trainer yang Ahli

Pelayanan Exercise Therapy UNY menggunakan jasa personal trainer yang ahli yang mana merupakan trainer profesional di bidang fisioterapi dan rehabilitasi medis. Telah berpengalaman melatih para atlet-atlet yang cedera maupun pasca cedera setelah latihan maupun saat ada event turnamen olahraga di UNY.

  1. Parkir Luas

Layanan Exercise Therapy UNY berlokasi di lantai 2, Gedung Health and Sport Center UNY. Tempat ini merupakan gedung baru yang berlokasi di sebelah barat gerbang utama kampus UNY. Lokasi ini memiliki tempat parkir yang cukup luas dan mampu menampung kendaraan roda empat serta roda dua. Dalam beberapa kesempatan, gerbang depan gedung ini juga dibuka untuk akses langsung ke dalam Gedung HSC dari Jalan Colombo.

  1. Layanan Front Office

Dalam melaksanakan pelayanan yang maksimal bagi pengunjung dan pasien di Gedung HSC terdapat layanan front office sebagai tempat registrasi, pembayaran, dan lain-lain.

  1. Toilet Bersih

Selain tempat parkir yang luas Gedung HSC juga memiliki fasilitas toilet yang bersih, nyaman, serta terawat dengan baik. Toilet berada disetiap lantai gedung dari lantai 1, 2, dan 3.

  1. Ruang Tunggu Nyaman

Untuk menunjang pelayanan Exercise Theraphy dan pelayanan lainnya di Gedung HSC juga dilengkapi ruang tunggu yang nyaman serta bersih. Selain fasilitas-fasilitas di atas, pelayanan Exercise Therapy juga melayani konsultasi dokter.

Baca Juga  Perbedaan Antara Mahasiswa Baru dengan Mahasiswa Tua

Nah, itulah semua fasilitas yang terdapat pada pelayanan Exercise Therapy HSC UNY. Trainer yang profesional dan berbagai layanan terapi sangat lengkap tersedia di sini. Bagi yang ingin melihat dan mencoba fasilitas dan pelayanannya secara langsung, bisa mengunjungi lantai 2 Gedung HSC UNY. Layanan ini tidak hanya untuk kalangan UNY saja, tetapi layanan ini juga berlaku untuk masyarakat umum.

Naufal Shidqi Laras

Mahasiswa S1 Ilmu Sejarah UNY 2018 mnaufalshidqi.wordpress.com

Related Articles

Back to top button
Close
X