Mahasiswa BangetPojok #UNYuTips

Mulai Bosan dengan Kuliah Online? Ikuti Tips Berikut Agar Kuliahmu Tidak Membosankan!

Hampir 9 bulan sudah kita hidup berdampingan dengan Covid-19. Banyak aspek dari kehidupan kita yang mau tidak mau harus berubah dengan adanya pandemi ini. Salah satu aspek yang paling terasa adalah dalam dunia pendidikan. Mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi harus menerima imbas transisi dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Online pun menjadi satu-satunya pilihan untuk masa sulit ini. Semua elemen dipaksa untuk adaptasi penuh dengan jenis pembelajaran ini. Namun, saat ini sudah banyak yang mulai terbiasa dalam menjalaninya. Meskipun demikian, kita tak bisa memungkiri bahwa pembelajaran Online ini membawa sedikit dampak psikis bagi pelajar, tak terkecuali bagi mahasiswa. Banyak yang akhirnya mengeluhkan bosan dan capai. Apapun keadaanya, kita harus terus semangat menjalani semuanya kan teman-teman? Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa menyelamatkanmu dari kebosanan selama sekolah/kuliah online :

  1. Buatlah Jadwal yang Terstruktur
foto : grahambehaviorservices dot com

Nah, tips yang pertama yaitu kita harus mulai membuat jadwal yang terstruktur atau tertata dengan baik ya. Terkadang, mengapa alasan kita bosan adalah kita selalu mengulang-ulang kegiatan yang sama. Nah, jika kemudian kita sudah membuat jadwal yang sudah terstruktur, maka bosan itu kemungkinan kecil tidak akan kita alamai. Karena apa yang kita lakukan sudah terjadwal dengan baik. Contoh, kita membuat jadwal tugas atau jadwal kegiatan kita sehari hari. Kalau semua sudah dijadwalkan dengan baik maka semuanya akan terasa lebih mudah dan enjoy menjalaninya. Ga percaya? Dicoba yuk !

  1. Buatlah Tempat Belajarmu Senyaman Mungkin
foto : decoor dot net

Hal yang berikutnya adalah mengenai tempat atau ruang belajar. Ini merupakan salah satu aspek yang sangat mempengaruhi jalannya proses pembelajaran yang kita laksanakan setiap harinya. Lalu, tempat belajar seperti apa yang harus kita ciptakan agar bisa menunjang belajar? Yaps! Tentu tempat belajar yang nyaman dong. Nyaman disini bisa karena ruangan yang bersih, tertata rapi, ruangan yang cerah, dll. Nah, disini teman-teman bisa nih mengecat ruang belajar atau mendekorasi sesuai selera teman-teman. Dan jangan lupa sering bersih-bersih ruang belajar agar selalu rapi ya. Kebersihan itu pangkal kenyamanan. Benar bukan? Coba teman-teman buktikan dengan menciptakan ruang belajar yang bersih sehat dan segar pasti akan meningkatkan kualitas belajar kita. Semangat berbenah !

  1. Pilih Gaya Belajar yang Kalian Sukai
Baca Juga  11 Alasan Kenapa Mereka Memilih Bekerja dan Mencari Uang dari Rumah
foto : hestatesman dot com

Gaya belajar itu ada bermacam macam. Ada yang suka suasana sunyi, ada yang belajar sambil mendengarkan musik, ada yang belajar sambil berjalan, bersenandung dan masih banyak lainnya. Nah, disini teman-teman harus mulai menentukan kira-kira gaya belajar apa ya yang cocok untuk diri kalian. Ketika kalian sudah menemukan gaya belajar apa yang cocok untuk kalian, nah kembangkan gaya belajar itu dan buat se-enjoy mungkin.

  1. Siapkan Nutrisi Teman Belajar
foto : kaskus co.id

Setelah teman-teman sudah membuat jadwal yang terstruktur, ruang belajar yang nyaman dan menentukan gaya belajar yang teman-teman sukai, sekarang saatnya mulai belajar dan menikmati itu semua. Saat kalian belajar, boleh sambil menyediakan kue, snack, minuman dll. Buat senyaman mungkin yang penting membuat kalian semangat belajar. Dijamin tambah betah belajarnya !!

  1. Bentuklah Lingkungan Belajar yang Baik
foto : thoughtco dot com

Tips berikutnya yang bisa teman-teman coba adalah membentuk sebuah kelompok belajar yang baik. Kelompok ini bisa teman-teman sendiri yang memilih. Pilihlah orang-orang yang memang kalian suka, tentu yang bisa menunjang kegiatan belajar kalian ya. Kelompok belajar ini secara tidak langsung akan membuat kalian terbiasa dengan pembahasan materi sehingga minat belajar kalian akan terus bisa ditingkatkan. Sudah ada kelompok belajar belum teman-teman?

  1. Selingi dengan Kegiatan yang Berhubungan dengan Hobby Kalian
Baca Juga  Persiapan Menjelang Ramadhan Versi Anak Kost
foto bkd cilacapkab go.id

Selalu bergelut dengan topik pembelajaran pasti akan membuat lelah. Nah, teman-teman bisa melakukan kegiatan lain nih. Misalnya kegiatan yang teman-teman memang sukai. Contohnya menulis, public speaking, Fotografi, dll. Di masa pandemi ini banyak sekali webinar yang dibuat. Nah tak jarang webinar tersebut membahas tentang kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan tersebut. Teman-teman bisa mencoba mengikuti kegiatan itu lho. Selain karena itu adalah kegiatan kesukaan kalian, nah itung-itung pasti akan menambah pengetahuan teman-teman.

  1. Jangan Lupa Me Time
foto : mentalfloss dot com

Belajar sudah, kerja keras sudah, berfikir keras juga sudah. Selanjutnya, jangan lupa untuk beristirahat ya teman-teman. Sediakan waktu untuk kalian merefresh semua pikiran dan hati. Teman-teman bisa nih buat reward untuk diri kalian, bisa dengan membaca novel, nonton film atau bahkan liburan nih. Tapi jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan ya! setelah me time nya selesai, jangan lupa kembali lagi melaksanakan kewajiban kalian ya.

  1. Hidup Sehat
foto : goodhousekeeping dot com

Inilah sumber dari segala sumber. Ketika kesehatan memburuk, maka segala aktifitas apapun pasti tidak akan bisa dilaksanakan dengan maksimal. Nah jangan mentang-mentang saat ini sedang berkuliah dirumah jadi teman-teman makan sembarangan, jarang olahraga atau bahkan selalu begadang. Siapa nih yang hobby begadang? Atau hobby minum kopi? Yuk mulai sekarang jalani hidup yang lebih sehat ya teman-teman. Yakinlah bahwa ketika hidup kita sehat pasti apapun aktifitas kita pasti akan lebih bersemangat.

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X