Kabar KampusKarya Mahasiswa

Pak Abu, Pakan Ayam Anti Bau Karya Mahasiswa UNY

Kunyit, jahe, lengkuas, lempuyang, termasuk rempah-rempah yang banyak ditemui di sekitar kita. Selain digunakan untuk memasak, rempah-rempah tersebut juga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan obat herbal dari berbagai macam penyakit. Sedangkan bahan seperti bekatul, jagung, ampas kelapa, banyak dimanfaatkan orang untuk pakan ternak.

Tapi ditangan para mahasiswa FMIPA UNY, bahan-bahan tersebut dibuat sesuatu yang lain, yaitu dibuat menjadi Pakan Ayam Anti Bau (Pak Anti Bau), Pakan Rempah-Rempah Alami Solusi Mengatasi Bau Kotoran Ayam Broiler. Para mahasiswa tersebut yaitu Pony Salimah Nurkhaffah, Listia Palupi Wisnu Aji (Pend. Matematika), Akmala Fauziyah (Pend. Teknil Sipil & Perencanaan), Amaliyah Rahayu (Pend. Biologi), Elsa Aviventi (Pend. Kimia) dengan pembimbing Dr. Heri Retnawati.

Baca Juga  UNY JOB FAIR 2017

Ketua tim, Pony menjelaskan, produk Pak Abu merupakan pakan ayam broiler berbahan dasar rempah-rempah yaitu kunyit, jahe, lengkuas, dan lempuyang. Bahan-bahan tersebut dipilih karena mudah didapatkan dan telah teruji mampu menghilangkan bau kotoran ayam. dan meningkatkan bobot ayam. Target pemasaran produk Pak Abu adalah peternak ayam broiler.

Pembuatan Pak Abu yaitu mengupas kunyit, jahe, lengkuas, dan lempuyang kemudian mengiris

tipis-tipis. Kemudian dijemur selama 1-2 hari hingga kering. Setelah itu diblender secara terpisah. Selanjutnya  menggiling jagung dalam bentuk kasar. Ampas kelapa disangrai sampai kering dan berwarna kecoklatan. Kemudian  mencampur semua bahan dengan komposisi tertentu. Setelah itu memberikan air pada campuran semua bahan. Kemudian aduk hingga

Baca Juga  Peringkat Universitas di Indonesia Versi Webometrics Januari 2015

merata. Dilanjutkan menggiling adonan pakan menggunakan mesin penggiling pakan lalu mengeringkan pakan dengan menggunakan oven kompor.

Proses Pemasaran Pak Abu, lanjut Pony,  dipasarkan melalui beberapa cara, di antaranya promosi pada peternak ayam broiler di berbagai daerah, situs web/internet, penyebaran brosur dan banner, kerjasama dengan toko-toko pakan ternak, dan door to door.

sumber : uny.ac.id

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X